Comscore Tracker

Menurut Islam, 6 Orang Ini yang Selalu Dikejar Rezeki dalam Hidupnya

Yang terpenting dijaga ibadahnya! #IDNTimesLife

Terkadang kita pernah melihat orang yang kerja keras agar bisa mendapatkan rezeki yang berlimpah. Tapi pada kenyataannya, masih banyak yang belum mampu untuk mendapatkan apa selayaknya yang diinginkan. Sementara itu di sisi lain ada sebagian orang yang selalu dikejar rezekinya dari mana pun.

Tentunya, sebagian orang tersebut karena memiliki amalan yang luar biasa sehingga rezekinya selalu mengejarnya. Jadi, amalan apa sajakah yang membuat orang selalu dikejar rezekinya? Simak faktanya berikut ini. 

1. Orang yang suka bersedekah

Menurut Islam, 6 Orang Ini yang Selalu Dikejar Rezeki dalam HidupnyaIlustrasi berbagi (Pexels.com/Alena Darmel)

Salah satu orang yang selalu dikejar rezeki ialah suka bersedekah. Kita tahu kalau sedekah itu merupakan suatu amalan yang terpuji. Sedekah dinilai punya pahala yang berlipat ganda walaupun hanya sedikit saja.

Maka Allah akan menggantikannya dan melipat gandakan rezeki bagi orang yang suka bersedekah dari hatinya yang ikhlas. 

2. Orang yang gemar bersyukur

Menurut Islam, 6 Orang Ini yang Selalu Dikejar Rezeki dalam HidupnyaIlustrasi orang yang mensyukuri hidup (Pexels.com/Idina Risk)

Orang yang gemar bersyukur dalam hidupnya atas nikmat Allah yang sudah diberikan, Allah akan menambahkan nikmat kepadanya. Rasa bersyukur ada macam bentuknya seperti melalui dari perbuatan, lisan, dan juga dalam hati.

Dia akan senantiasa mensyukuri nikmat Allah dan berterima kasih kepadaNya dengan cara mengingat atau menyebut nikmat, dan mengagungkan-Nya. Itulah hal yang jadi penyebab orang yang selalu dikejar rezekinya. 

3. Orang yang sering membaca Al-Qur'an

Menurut Islam, 6 Orang Ini yang Selalu Dikejar Rezeki dalam HidupnyaIlustrasi orang membaca Al-Quran (Pexels.com/RODNAE Productions)

Orang yang sering membaca Al-Qur'an pun sama, ia akan selalu dikejar rezeki. Karena setiap harinya ia selalu menyebutkan ayat-ayat suci dari Kitabullah (Al-Qur'an) dan hal itu pun membuat Allah suka kepadanya.

Apalagi membaca Al-Qur'an memiliki keutamaan yang banyak bagi pembacanya, salah satunya bila setiap membaca satu hurufnya akan mendapatkan satu kebaikan, sementara satu kebaikan itu dilipat gandakan menjadi sepuluh. Bayangkan, satu ayat saja sudah banyak banget kebaikan yang ia dapat. 

Baca Juga: 6 Tuntunan Al-Quran agar Lancar Dapat Kerja dan Rezeki

4. Orang yang sering beristighfar

Menurut Islam, 6 Orang Ini yang Selalu Dikejar Rezeki dalam HidupnyaIlustrasi orang sedang berzikir (Pexels.com/Michael Burrows)

Istighfar merupakan salah satu permohonan ampunan kepada Allah secara batiniyah. Orang yang sering beristighfar dalam kondisi apa pun, perlahan ia sedang membersihkan hatinya dari segala dosa dan kesalahan.

Ketika hati bersih, kemungkinan besar Allah akan senantiasa memberikan rezeki kepadanya. 

5. Orang yang suka berdoa dan selalu berusaha

Menurut Islam, 6 Orang Ini yang Selalu Dikejar Rezeki dalam HidupnyaIlustrasi sedang berdoa (Pexels.com/Mehmet Turgut Kirkgoz)

Allah sangat mencintai kepada hamba-Nya yang suka berdoa dengan penuh rendah diri dan keyakinan. Ia selalu memanjatkan doa kepada-Nya untuk memohon agar apa yang diinginkan terkabul. Karena, berdoa dapat memudahkan segala urusan kehidupan manusia.

Oleh karena itu, orang akan selalu dikejar rezekinya jika hamba suka berdoa kepada Allah dan selalu berusaha untuk mendapatkan hasil dari doa yang sudah dipanjatkannya. 

6. Orang yang selalu bertawakal

Menurut Islam, 6 Orang Ini yang Selalu Dikejar Rezeki dalam HidupnyaIlustrasi Mengaji (IDN Times/Sunariyah)

Tawakkal artinya berserah diri sepenuhnya kepada Allah SWT dalam menghadapi atau menunggu hasil suatu pekerjaan, atau menanti akibat dari suatu keadaan. Allah sangat senang jika ada hamba yang selalu berserah diri dan menyandarkan hati hanya kepada-Nya, sehingga Allah akan mencukupkan keperluan dalam hidupnya, seperti dalam QS. At-Talaq ayat 3:

"Dan memberinya rezeki dari arah yang tiada disangka-sangkanya. Dan barangsiapa yang bertawakkal kepada Allah niscaya Allah akan mencukupkan (keperluan)nya. Sesungguhnya Allah melaksanakan urusan yang (dikehendaki)Nya. Sesungguhnya Allah telah mengadakan ketentuan bagi tiap-tiap sesuatu."

Sebagai makhluk ciptaan-Nya, kita gak perlu khawatir soal rezeki karena Allah sudah menjaminkan rezeki setiap orang masing-masing. Yang terpenting, kita sebagai manusia tetap menjalankan semua perintah-Nya dan mengamalkan sebaik-baiknya, insya Allah ada rezeki yang tidak akan pernah putus yang diberikan oleh Allah SWT. 

Baca Juga: 6 Sumber Rezeki dari Allah SWT Terdapat dalam Al-Qur'an, Harus Yakin!

Gebialya R. Photo Verified Writer Gebialya R.

📖💡"compete (in doing) goodness."

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya