Comscore Tracker

6 Resolusi Tahun Baru yang Tepat Buat Si INFJ

Kalem, guys! Semuanya gak harus tentang kamu~

Tipe kepribadian INFJ menurut Myers-Briggs merupakan karakter yang langka di dunia. Hal ini karena sikapnya yang sangat santun namun tetap memiliki idealisme dalam hidupnya. Mereka cenderung tidak suka dengan konflik yang berlebihan, kalau bisa malah konflik tersebut diselesaikan dengan kepala dingin. Makanya, gak banyak orang yang bisa mengikuti pola pikir INFJ yang terkenal bijaksana ini.

Sayangnya, hal tersebut pun bikin orang dengan kepribadian INFJ jadi stres sendiri lantaran selalu merasa berbeda dan gak ada orang yang mampu memahaminya. Padahal, menurut mereka, memahami orang itu mudah, tapi kenapa orang lain gak bisa kayak gitu?

Nah, sebentar lagi udah ganti tahun, nih. Kalau kamu orang yang berkepribadian INFJ, pasti pengin dong jadi lebih tenang dan jadi pribadi yang lebih menyenangkan? Gak perlu ribet bikin resolusi, kamu cukup menjadikan 6 hal ini sebagai motivasi untuk tahun depan. Biar gak stres!

1. Belajar lagi buat lebih bisa menerima keadaan

6 Resolusi Tahun Baru yang Tepat Buat Si INFJdramabeans.com

Orang INFJ ini mengungkapkan perasaan dan emosinya dengan cara menunjukkannya kepada orang lain. Gak heran, kalau kamu INFJ, kamu sering sensitif dengan suasana emosi di sekitar dan terbawa arusnya. Hal tersebut pasti bikin kamu stres kan?

Yuk, tahun depan coba untuk lebih legawa menerima keadaan. Ya, kamu pasti punya harapan tentang suatu keadaan dan hal itu harus sesuai dengan ekspektasi yang kamu ciptakan. Tapi, ada hal di luar sana yang gak bisa kamu kendalikan yang akhirnya bisa mengubah keadaan itu — mungkin jauh dari ekspektasimu.

Sebagai pemikir yang filosofis, kamu tentu bisa paham kok bahwa gak semuanya harus sesuai inginmu. Tenang, dengan kemampuanmu membaca the big picture, kamu akan bisa mewujudkan resolusi ini!

2. Memahami bahwa gak semua orang harus paham kamu dan begitu sebaliknya

6 Resolusi Tahun Baru yang Tepat Buat Si INFJdramabeans.com

Sebagai INFJ yang dikenal bijaksana dan penyayang, kamu tentu memberikan perhatian yang lebih pada orang-orang yang kamu sayangi. Namun, jika mereka gak memberikan timbal balik yang setara dengan pemberianmu, kamu mungkin bakalan sedih sendiri.

Hei! Ayo, jangan biarkan dirimu tenggelam dalam kesedihan itu. Kamu harus bisa paham bahwa gak semua orang harus memahamimu meski kamu sendiri mampu memahami mereka semua. Di dunia ini, gak harus semuanya tentang kamu.

3. Kurangi membantu orang lain biar dirimu juga terurus

6 Resolusi Tahun Baru yang Tepat Buat Si INFJdramabeans.com

Emang sih buat INFJ, jadi people-pleaser itu menyenangkan. Tapi, sebaiknya jangan dilakukan berlebihan, ya! Tentunya kamu harus memikirkan dirimu sendiri juga. Jangan sampai kamu terlalu sibuk membantu orang lain, lalu nanti saat sendirian kamu justru merasa terpuruk dan berpikir gak ada yang bisa memahamimu.

Yuk, kurangi ekspektasi tersebut. Membantu orang lain memang baik, tapi dirimu juga gak kalah berharga. Tahun depan harus lebih fokus pada tujuan hidupmu ya INFJ!

Baca Juga: Hampir Mirip, Ini 7 Hal yang Membedakan Temanmu INFJ atau INTJ!

4. Banyak-banyak napas panjang biar kamu selalu dalam kesadaran

6 Resolusi Tahun Baru yang Tepat Buat Si INFJdramabeans.com

Saking sibuknya sama orang lain, kamu jadi sering merasa tertekan saat memikirkan diri sendiri. Mungkin seringkali kamu berpikir untuk menghilang aja dari dunia ini, bisa jadi juga melakukan hal aneh-aneh di luar kesadaranmu. Jadi, mulai sekarang latihan sering mengambil napas panjang saat merasa tertekan, ya.

Kamu harus ingat bahwa dunia ini gak selalu tentang kamu. Jadi gak semestinya juga kok kamu selalu ada buat orang lain biar dianggap. Dengan mengambil napas panjang, kamu akan jauh lebih rileks saat berdamai dengan diri sendiri. Ayo, kamu harus tetap sadar!

5. Kamu gak perlu tahu semua hal, gak apa-apa

6 Resolusi Tahun Baru yang Tepat Buat Si INFJdramabeans.com

Iya, gak apa-apa kalau kamu gak tahu sesuatu walaupun bagi INFJ mengetahui segala hal justru mengurangi rasa khawatir. Tapi emang iya selalu begitu? Yuk, coba pikirkan lagi. Kayaknya selama ini kamu merasa overwhelmed karena kebanyakan mengetahui hal yang sebenarnya gak perlu banget kamu tahu. Saking banyaknya informasi, cerita, curhatan dari orang lain, kamu jadi stres sendiri dan sering sedih.

Biar gak sedih lagi, mengurangi mengetahui hal bisa membantumu lho. Belajar untuk menerima bahwa gak tahu sesuatu itu gak apa-apa, itu gak salah.

Kamu juga gak harus selalu memahami semua orang yang curhat padamu. Kalau memang sedang gak ingin mendengarkan curhatan orang, ya jujurlah padanya bahwa kamu pun sedang butuh sendiri. Jangan memaksa diri.

6. Berhemat, beb! Ayo, kamu harus rajin menabung ya tahun depan!

6 Resolusi Tahun Baru yang Tepat Buat Si INFJdramabeans.com

Duh, ini nih kebiasaan jeleknya INFJ. Suka impulsif melakukan sesuatu, apalagi jajan dan belanja. Ya, kamu memang selalu ingin melampiaskan emosi dengan cepat agar bisa fokus melakukan hal lainnya. Tapi, gak berarti harus selalu dilampiaskan dengan cara jajan dan belanja.

Kamu pasti punya impian yang ingin dicapai kan tahun depan? Nah, makanya jangan kebanyakan jajan. Tabung uang lebih banyak biar lebih tenang. Berhemat, ingat ya!

Apakah ke-6 hal di atas sulit buat diwujudkan? Hmm, sebenarnya semua tergantung kamu, sih. Jika memang ingin lebih bahagia tahun depan, maka sebaiknya kamu melakukan hal-hal di atas. Semangat! Semoga tahun depan lebih seru ya INFJ!

Baca Juga: Berani Bergaul, Ini 5 Kelebihan Orang dengan Kepribadian Ekstrover

gendhis arr Photo Verified Writer gendhis arr

Storyteller

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya