Comscore Tracker

Ini 5 Perbedaan Egois dengan Mencintai Diri Sendiri, Jangan Keliru Ya!

Beda tipis emang, tapi tetep beda hmm...

Memasuki usia 20-an, otak kita jadi lebih sering memikirkan hal-hal terkait diri sendiri dan norma sosial. Gak sedikit anak muda di usia segini yang mengalami overthinking dan bikin mereka stres serta hampir depresi. Salah satu hal yang mungkin paling sering jadi pikiran adalah bagaimana cara mencintai diri sendiri.

Di masyarakat, kita juga diajarkan untuk gak egois. Sedangkan, diri ini kadang juga perlu diberi perhatian lebih biar mentalnya lebih sehat. Sayangnya, masih banyak yang belum bisa membedakan mana hal yang sifatnya egois dan mana yang merupakan bentuk kecintaan pada diri (self-love). Nah, biar gak bingung, ini 5 panduan buatmu memahami perbedaan keduanya.

1. Egois itu kamu gak mau mendengarkan omongan orang lain sama sekali

Ini 5 Perbedaan Egois dengan Mencintai Diri Sendiri, Jangan Keliru Ya!dramabeans.com

Setiap orang pasti punya pandangan masing-masing terhadap suatu hal dan selalu ingin orang lain menyetujuinya. Perdebatan soal opini seperti ini kerap kita temui dalam diskusi organisasi atau kelompok, kan? Misalnya, kamu punya agenda acara BEM kampus dan sedang menentukan venue acara. Saat berdiskusi akan terlihat mana, nih yang egois dan bisa berpikiran terbuka.

Orang yang egois itu sama sekali gak mau mendengarkan pertimbangan dari orang lain. Ia selalu percaya pilihannya itulah yang paling baik dan yang lain adalah pilihan paling salah. Akhirnya, ia akan sangat memaksakan kehendaknya--ngotot banget kalau berargumen dan menjelek-jelekkan argumen lain.

Sedangkan self-love itu adalah kita tetap mendengarkan pertimbangan dari orang lain mengenai opini yang kita sampaikan. Kita menerimanya dan gak ngotot untuk membuat teman-teman lain meyakini pilihan kita. Dengan begitu, kita jadi lebih bijaksana dalam membuat keputusan.

2. Kamu tahu prioritas diri, itu artinya self-love

Ini 5 Perbedaan Egois dengan Mencintai Diri Sendiri, Jangan Keliru Ya!dramabeans.com

Setiap orang punya keterbatasan, ini harus kamu akui dulu. Jika kamu tahu dirimu sudah kelelahan saat mengerjakan sesuatu, lalu kamu memutuskan untuk beristirahat sejenak itu berarti kamu mencintai dirimu. Kamu tahu kapan harus berhenti dan kapan harus berjalan lagi karena menurutmu kesehatan mental dan fisik adalah modal utama biar perjuangan itu berjalan lancar.

Orang egois itu gak pernah mau mengakui keterbatasan diri maupun orang lain. Meski sudah tahu dirinya lelah, namun ia akan tetap memaksakan diri dan orang lain untuk berjuang. Kalau begini, egoisme bisa bikin tim malah hancur dan tidak bekerja maksimal.

Baca Juga: Memahami Self-Care dan Self-Love, Meski Berbeda Tapi Sama Pentingnya

3. Jika opinimu membuat orang jadi benci, itu berarti kamu egois

Ini 5 Perbedaan Egois dengan Mencintai Diri Sendiri, Jangan Keliru Ya!dramabeans.com

Nah, karena orang egois tidak tahu yang namanya batas diri sehingga selalu memaksakan kehendak, hal itu pastinya akan bikin orang-orang di sekelilingnya jadi membencinya. Egoisme itu punya tendensi untuk melukai orang lain dan diri sendiri karena hal-hal yang dilakukan bukanlah hal yang jadi kesepakatan bersama.

Sedangkan self-love itu adalah ketika apa yang kamu lakukan bisa membuatmu jadi lebih baik dan orang lain pun semakin menyayangimu. Hal ini karena apa yang kamu lakukan tidak membuat orang lain tersakiti, mereka pun bisa menjalani pilihan hidupnya dengan tenang tanpa ada intervensi dari opinimu.

4. Saat egois, emosilah yang mengontrolmu sedangkan self-love sebaliknya

Ini 5 Perbedaan Egois dengan Mencintai Diri Sendiri, Jangan Keliru Ya!dramabeans.com

Self-love adalah kondisi di mana kamu mengontrol emosimu. Ketika kamu mampu mendengarkan pertimbangan dari orang lain, itu artinya kamu sedang mengatur emosi biar tidak meledak-ledak. Kamu berusaha untuk tetap tenang meski situasi tengah memanas. Kamu melakukannya karena paham bahwa kalau emosimu meledak, hal itu akan membuat suasana jadi tidak menyenangkan dan bisa saja melukai dirimu dan semua orang yang ada dalam forum tersebut.

Sedangkan egois itu kondisi di mana emosi yang mengontrol perilaku dan perkataan orang tersebut. Hal ini yang akhirnya menjadikannya sangat ngotot dengan pemikirannya. Dia gak paham bahwa emosi itu sebenarnya cuma hadir sesaat. Namun, karena gak bisa mengontrolnya, akhirnya ia jadi terbiasa terliputi oleh emosi negatif yang bikin suasana jadi gak asyik.

5. Self-love itu membuat dirimu merasa tenang

Ini 5 Perbedaan Egois dengan Mencintai Diri Sendiri, Jangan Keliru Ya!dramabeans.com

Yap! Ini karena kamu sangat mahir mengontrol emosi, jadi paham kapan harus marah, kapan sedih, kapan senang, kapan istirahat, dan kapan harus sendirian. Kamu tahu batasan diri sehingga bisa menentukan saat yang baik untuk dirimu berjalan maupun rehat. Hal ini pun jadi membuatmu semakin tenang.

Orang egois biasanya gak bisa bertahan untuk sendirian karena tidak terbiasa memahami dirinya sendiri. Ia sangat tergantung dengan orang lain meski dirinya sendiri punya keputusan. Namun, saat keputusan itu ditolak, ia jadi marah dan emosinya selalu bergemuruh.

Itulah sedikit dari sekian banyak perbedaan dari selfish atau egois dengan self-love. Semoga mencerahkanmu, ya!

Baca Juga: Biar Banyak Teman, 5 Cara Tepat Mengurangi Sifat Egois!

gendhis arr Photo Verified Writer gendhis arr

Storyteller

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya