Comscore Tracker

Gak Ada yang Instan, 5 Hal yang Harus Kamu Pahami Soal Keberhasilan

Kunci keberhasilan cuma satu kok: KONSISTEN

Waktu kecil dulu kalau melihat kakek atau nenek sedang menanam sebuah pohon, tak sedikit dari kita yang bertanya “Kapan buahnya tumbuh?”. Ya, kita sangat tidak sabar menikmati buah dari pohon tersebut. Padahal, untuk tumbuh saja pohon itu perlu waktu bertahun-tahun.

Sama seperti sebuah keberhasilan. Semakin canggihnya teknologi dan kecepatan informasi, nyatanya justru bikin banyak orang ingin mendapat hasil secara instan. Contoh saja, ada banyak sekali pemuda yang ingin menjadi penulis.

Dalam bayangannya, ia menjadi seorang penulis inspiratif yang namanya dikenal di mana-mana. Ia ingin menjadi seperti Dewi Lestari, Tere Liye, Kalis Mardasih, dan penulis keren lainnya. Namun, baru menulis sekali dan tidak terbit di media massa saja sudah mengutuki proses. Merasa tidak bisa berhasil kemudian memupus harapan menjadi penulis.

Hei! Keberhasilan itu gak instan. Kita harus paham nih dengan 5 hal tentang keberhasilan di bawah ini.

1. Jangan ngerasa udah jago padahal baru coba sekali

Gak Ada yang Instan, 5 Hal yang Harus Kamu Pahami Soal KeberhasilanPixabay/Wokandapix

Memang gak ada yang tahu kapan keberhasilan itu datang. Ada yang cepat, ada yang harus mengalami kegagalan berkali-kali. Misalnya, kamu baru satu kali menulis sebuah esai. Kemudian kamu kirim ke sebuah media dan langsung dimuat. Jangan berpuas hati!

Maksudnya, meski kamu sudah meraih keberhasilan itu, lanjutkan hobi menulismu itu. Jangan berhenti hanya karena sekali coba sudah berhasil.

2. Kamu harus rendah hati dan legawa menjalani setiap prosesnya

Gak Ada yang Instan, 5 Hal yang Harus Kamu Pahami Soal KeberhasilanPexels/Ken Shirakawa

Belajarlah dari banyak tempat, tapi kemudian jangan sok tahu. Merasa tulisannya sudah sering dimuat di media massa, kemudian kamu marah ketika ada satu tulisan yang tidak terbit. Ingatlah, dunia ini bukan cuma kamu yang menghuni. Jadi, berbagi tempatlah.

Rendah hati dalam menjalani proses itu penting. Karena kamu akan semakin banyak bertemu dengan orang-orang yang akan menginspirasi. Perdalam ilmunya, kemudian praktikkan dengan telaten.

3. Gak semua harus segera ada hasil yang sempurna besok

Gak Ada yang Instan, 5 Hal yang Harus Kamu Pahami Soal KeberhasilanPexels/Burst

Sabar. Semua perlu waktu, perlu proses. Jika kamu diminta untuk menggaet ribuan audiens sebuah acara, tentu perlu strategi supaya bisa mencapainya. Kalau baru sehari mempublikasikan acara tersebut dan belum dapat ribuan peserta, ya wajar dong.

Atau kalau kamu ingin menjadi penulis terkenal. Kamu merasa sudah membuat banyak tulisan tapi namamu tak kunjung diketahui publik. Coba pikirkan lagi, sudah sekonsisten apa kamu menulis? Sudah kamu bagikan ke mana saja tulisan tersebut? Steve Jobs saja tidak langsung sukses membuat komputer paling canggih sedunia.

Tak perlu impulsif. Gak semua harus ada hasilnya sekarang atau besok. Berhasil tidak sesederhana itu.

Baca Juga: 7 Quotes dari Makeup untuk Inspirasi Kesuksesan Wanita

4. Ada banyak bantuan di balik sebuah keberhasilan. Jangan sombong dulu

Gak Ada yang Instan, 5 Hal yang Harus Kamu Pahami Soal KeberhasilanPexels/rawpixel

Keberhasilan seseorang itu ada banyak faktornya. Dan paling banyak adalah faktor dari luar. Di balik perjuangan, tentu ada bantuan orang lain. Mulai dari hal kecil sampai yang besar.

Jangan segan untuk mencari bantuan demi keberhasilanmu. Waktu mau Ujian Nasional, kita banyak ikut les pelajaran sana-sini kan? Coba kalau tidak dibimbing guru, belum tentu kita lulus ujian.

Jika kamu berbisnis, cari relasi sebanyak-banyaknya. Ini akan membantumu agar produk yang kamu jual lebih dikenal. Jangan egois dengan menjadi single fighter. Jangan sombong dengan tak mau menerima uluran tangan. Belajarlah terus!

5. Kalau sudah dapat hasilnya, kamu akan tahu betapa berharganya sebuah kesabaran

Gak Ada yang Instan, 5 Hal yang Harus Kamu Pahami Soal Keberhasilanvox.com

Kita semua tentu paham, yang paling seru dari perjalanan keberhasilan adalah prosesnya. Saat-saat kita berjuang menuju tujuan. Ditolak, dihina, dipandang sebelah mata, diragukan, atau sampai dikhianati memang merupakan bagian dari prosesnya. Tak apa. Berbesar hatilah dan percaya bahwa lewat jalan lain, cahaya itu akan kita temukan.

Dan kita jadi tahu bahwa untuk bisa berhasil itu memang butuh kesabaran. Kunci keberhasilan ya cuma satu: KONSISTEN. Jangan menyerah bila belum mencapai target. Ingat, semua perlu proses dan strategi. Setiap kerja kerasmu suatu saat pasti akan terbayar, kok.

Semangat, ya!

Baca Juga: 5 Hal Ini Ceritakan Bagaimana Difabel Mencapai Kesuksesannya, Keren! 

gendhis arr Photo Verified Writer gendhis arr

Storyteller

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya