Comscore Tracker

5 Cara Tepat Mengurangi Kecemasanmu tentang Hidup, Yuk Beranjak!

Hidup gak akan berubah kalau kamu diam aja

Hidup dengan kecemasan berlebih pastinya menyesakkan, bikin gak nyaman hingga sulit untuk berpikir jernih. Kalau kamu terperangkap dalam kecemasanmu sendiri, hidupmu hanya akan tetap terasa begini-begini aja, lho. Makanya, jangan sampai kamu membiarkan diri dalam kegelapan itu.

Memang gak mudah cari jalan keluar dari kecemasan itu. Namun, kamu harus tetap berusaha. Mungkin lima hal di bawah ini bisa membantumu menemukan titik terang dari hal-hal yang membuatmu cemas. Coba, deh dipraktikkan satu per satu.

1. Buat tujuan atau cita-cita baru

5 Cara Tepat Mengurangi Kecemasanmu tentang Hidup, Yuk Beranjak!Instagram.com/tvndrama.official/

Salah satu penyebab yang bikin hidupmu stuck di situ-situ aja adalah karena kamu sebenarnya udah mencapai tujuan yang udah dibuat bertahun-tahun lalu. Mungkin kamu gak sadar tentang hal itu hingga akhirnya merasa bosan dan gak tahu lagi harus ngapain. Nah, di saat ini kamu harus membuat tujuan atau cita-cita baru.

Hidup hanya akan terasa terus berjalan kalau kamu punya tujuan yang baru--sesuai passion-mu tentunya. Analoginya seperti ini: kamu hendak liburan ke Yogyakarta dan mengunjungi dua pantai, yakni Pantai Parangtritis dan Pantai Krakal. Kemudian kamu mulai melakukan perjalanan hingga sampailah di dua tujuan tersebut. Setelah usai menikmati keindahan Pantai Krakal, kamu pun kembali pulang ke rumah dan beristirahat. Pulang ke rumah artinya udah gak ada aktivitas lagi. Nah, kalau ingin perjalanan berlanjut tentu saja kamu harus punya tujuan baru, kan?

Makanya, coba sekarang renungkan kamu kepengin bikin apa atau mencapai apa. Lalu buat rencana baru bagaimana untuk menuju ke sana.

2. Mempelajari hal baru yang kamu suka juga bisa dilakukan

5 Cara Tepat Mengurangi Kecemasanmu tentang Hidup, Yuk Beranjak!Instagram.com/tvndrama.official/

Selama masih hidup, artinya proses belajar juga gak akan berhenti. Gak melulu harus belajar pelajaran keilmuan, bisa juga mempelajari soft skill baru. Hal ini akan berguna buat menambah kemampuanmu dalam kehidupan dan jadi nilai tambah, lho di mata orang lain.

Terlebih di era digital seperti ini, udah mulai banyak banget kelas-kelas online yang bisa kamu ikuti. Tinggal pilih bidang apa yang kamu suka, lalu ikuti dan terapkan ilmunya. Sungguh, mempelajari hal baru itu seru banget, lho! Dengan semakin banyaknya ilmu yang kamu miliki, kamu pun akan semakin bisa bertahan hidup di dunia yang semakin keras ini. Yuk, mau mulai belajar apa, nih?

Baca Juga: 5 Tips Keluar dari Rasa Cemas Karena Merasa Kurang dalam Segala Hal

3. Penting banget memperluas pergaulan teman

5 Cara Tepat Mengurangi Kecemasanmu tentang Hidup, Yuk Beranjak!instagram.com/tvndrama.official

Ya, selain fokus mengembangkan diri, kamu juga gak boleh menutup diri dari orang lain. Mungkin kamu merasa hidup begini-begini aja karena pertemananmu itu-itu aja. Coba, deh perluas pergaulanmu dan ketemu orang baru. Gak perlu memperluas lingkaran pertemanan, yang penting kamu mengenal orang baru yang punya pengalaman hidup berbeda denganmu.

Dengan memperluas pergaulan, pikiranmu akan jauh lebih terbuka mengenai manusia dan dunia. Meski melelahkan buat kamu yang introver, tapi langkah ini cukup signifikan untuk dilakukan. Apalagi kalau kamu sekarang sedang cemas akan jodoh, memperluas pergaulan bisa jadi jalan yang tepat untuk bertemu orang yang tepat pula. Jangan takut ketemu orang baru, ya!

4. Sesekali jalan-jalan santai di sekitar rumahmu

5 Cara Tepat Mengurangi Kecemasanmu tentang Hidup, Yuk Beranjak!Instagram.com/tvndrama.official/

Situasi yang mengimbau kita untuk di rumah aja selama pandemik mungkin di satu sisi ada baiknya. Apalagi kalau kamu adalah "kaum rebahan", diam di rumah jadi surga tersendiri. Tapi jangan sampai kamu juga malah keterusan untuk bercemas diri.

Makanya, perlu untuk sesekali keluar rumah, jalan-jalan pagi menikmati hangatnya matahari atau jalan sore untuk melepas penat setelah bekerja seharian di rumah. Pokoknya, jangan cuma diam terus di rumah, bisa bahaya! Tubuh dan pikiranmu juga butuh udara segar agar bisa berpikir jernih. Dengan jalan-jalan santai di sekitar rumah, setidaknya rasa cemasmu bisa hilang sedikit.

5. Jaga kesehatan, mulai makan makanan sehat dan berolahraga

5 Cara Tepat Mengurangi Kecemasanmu tentang Hidup, Yuk Beranjak!unsplash.com/@kate_gliz

Yuk, beranjak dari kasur! Berhenti rebahan sejenak dan mulai berolahraga biar gak cemas terus. Apa kamu gak capek overthinking setiap malam sampai gak bisa tidur? Jangan jajan sembarangan terus juga. Tubuhmu tetap harus dijaga kesehatan dan kebugarannya agar bisa tetap beraktivitas.

Perhatikan pola makan, ya. Selain itu, coba deh berolahraga kecil-kecilan. Di dalam kamar gak apa-apa, ikuti senam dengan panduan yang ada di YouTube. Pokoknya gak boleh diam aja, harus bergerak agar otakmu juga bisa beraktivitas sehingga kecemasanmu bisa berkurang. Tubuh dan pikiran yang sehat akan menjauhkanmu dari pikiran-pikiran buruk sehingga situasimu gak semakin runyam.

Ingat, kalau ingin hidupmu berubah, semua harus dimulai dari diri sendiri. Pun, berdiam diri terus-terusan gak akan bikin hidupmu tiba-tiba indah seperti di drama Korea. Kamu tetap harus berusaha untuk membuat hidup lebih berwarna. Udah, jangan cemas melulu. Yuk, mulai bergerak sekarang!

Baca Juga: Terlalu Overthinking, 5 Tips Mengurangi Rasa Cemas Terhadap Masa Depan

gendhis arr Photo Verified Writer gendhis arr

Storyteller

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya