Comscore Tracker

Belajar Tangguh Jalani Hidup dari Amanda Farliany Penyandang Tuna Rungu

#AkuPerempuan Bagi Amanda, semua orang adalah setara

Amanda Farliany Faishal, sosok perempuan tangguh yang dikagumi oleh banyak orang. Menjadi perempuan cantik, berbakat, percaya diri dan penuh inspirasi adalah gambaran yang tepat untuk Amanda. Setiap manusia yang lahir di muka bumi ini tentu menginginkan hidup yang sempurna. 

Tapi di dalam hidup ini tidak ada yang sempurna. Namun Amanda, meski terlahir dengan disabilitas pendengaran, ia tetap menjadi perempuan berbakat yang menginspirasi semua orang. Semangat jiwa juang Amanda patut kita contoh untuk hidup yang lebih baik.

Walau terlahir dengan keterbatasan, Amanda selalu semangat dan tetap bisa menjalankan hidup sebagaimana manusia yang terlahir sempurna. Karena kita setara, begitu kata Amanda.

1. Terlahir dengan disabilitas pendengaran, Amanda dididik dengan baik oleh Ibunya

Belajar Tangguh Jalani Hidup dari Amanda Farliany Penyandang Tuna RunguInstagram.com/amanda_farliany

Anak pertama dari pasangan Arlinda Bauty (Kakak kandung Fanny Bauty) dan Faishal (Kakak kandung dari suami Hetty Koes Endang) ini lahir dengan persalinan normal. Semua perkembangan motorik Amanda normal.

Namun disaat usia 6 bulan, saat Mamanya sedang bermain dengan Amanda, ia sama sekali tidak menoleh, bahkan suara bantingan pintupun tak ia hiraukan. Sejak saat itu, Mamanya membawa Amanda ke dokter dan ternyata benar Amanda memiliki kekurangan pada pendengaran atau tuna rungu. 

Namun hal itu tidak membuat Mamanya berputus asa. Walaupun tentu rasa sedih selalu menghampiri, namun ia tidak ingin membiarkan Amanda tidak bisa apa-apa. Sejak TK sampai SD, Amanda dimasukkan ke SLB (Sekolah Luar Biasa). Dan dari sanalah, ia memperoleh ilmu berkomunikasi dengan lawan bicaranya, dengan atau tanpa bantuan alat dengar.

2. Dibully karena cita-citanya? Amanda tidak berkecil hati

Belajar Tangguh Jalani Hidup dari Amanda Farliany Penyandang Tuna RunguInstagram.com/amanda_farliany

Sebelum masuk SMP, Amanda merasa hidupnya normal-normal saja. Itu mungkin karena ia terbiasa dengan lingkungan yang sama dengannya, murid-muridnya memiliki disabilitas juga. Namun ketika Amanda SMP, ia dipindahkan ke sekolah biasa oleh Mamanya. Dan disanalah ia merasa bahwa dia berbeda dengan teman-temannya. Amanda baru menyadari bahwa ia seorang tuna rungu.

Beberapa teman Amanda yang jahil sering kali mengejek dan mengolok-olok karena keterbatasannya itu. Sementara mereka puas mengejek Amanda, dia pun hanya terdiam dan melongo karena tidak mengerti apa yang dikatakan oleh teman-temannya. Namun tidak semua teman Amanda begitu, ada juga yang baik hati.

Ejekan dari teman-teman semakin bertambah ketika Amanda menuliskan soal cita-citanya yang ingin menjadi model. Dia ditertawakan, diejek. 

"Apa mungkin orang sepertimu bisa menjadi model? Kamu kan gak bisa dengar?" 

Begitu kata teman Amanda, namun ia tetap senyum walaupun sakit.

Baca Juga: 7 Kutipan Ini Akan Bikin Kalian Semangat Lagi Setelah Kegagalan

3. Amanda adalah salah satu model tuli pertama, pemenang majalah Aneka Yess!

Belajar Tangguh Jalani Hidup dari Amanda Farliany Penyandang Tuna Runguimgbox.com

Meski pernah diolok-olok soal cita-citanya, tetapi tidak menyurutkan semangat Amanda. Sepupu dari artis kenamaan Zaskia dan Shireen Sungkar ini menjadi juara majalah Aneka Yess! Tahun 1999 dan menyingkirkan belasan ribu orang! Takjub bukan? Itu berkat kemauan dan keyakinan Amanda. Dia berkeyakinan bahwa ia bisa. Dengan begitu dia bisa tampil percaya diri dengan segala keterbatasannya.

4. Menjadi model video klip beberapa judul lagu dan membintangi beberapa sinetron

Belajar Tangguh Jalani Hidup dari Amanda Farliany Penyandang Tuna RunguYoutube.com/Musica Studio's

Setelah dikenal melalui majalah Aneka Yess! Amanda didapuk untuk menjadi model video klip di lagu Letto yang berjudul sebelum cahaya. Kemudian Amanda juga menjadi pemain film, berawal dari pemain figuran, sampai menjadi pemeran utama yang menceritakan mengenai kehidupannya.

Meskipun sudah vakum di dunia entertainment, namun Amanda tetap dikenal banyak orang karena semangat dan prestasinya.

5. Membesarkan 3 orang anak perempuan dengan suami yang juga seorang tuna rungu

Belajar Tangguh Jalani Hidup dari Amanda Farliany Penyandang Tuna RunguInstagram.com/amanda_farliany

Amanda menikah dengan Tonanda Putra dan memiliki putri yang cantik-cantik. Kendati pasangan ini sama-sama penyandang tuna rungu, tetapi buah hati mereka memiliki pendengaran yang normal. Mereka berkomunikasi dengan bahasa isyarat bisindo. Anak-anak mereka ajarkan bahasa isyarat.

6. Menginspirasi banyak orang melalui YouTube dan Instagram

Belajar Tangguh Jalani Hidup dari Amanda Farliany Penyandang Tuna RunguInstagram.com/amanda_farliany

Amanda mempunyai segudang prestasi dengan keterbatasannya. Selain berkiprah di dunia enterteinment, Amanda juga aktif di media sosial Instagram dan YouTube. Amanda banyak mengunggah video mengenai cara berkomunikasi dengan bahasa isyarat bisindo, mengenai dia dan keluarga, mengenai dia sebagai seorang tuna rungu, tetapi Amanda lebih senang jika disebut tuli. Amanda juga banyak mengajari artis dan orang-orang normal bahasa isyarat.

Pada video-videonya Amanda secara tidak langsung mengajarkan bahwa dengan segala keterbatasan tentu memiliki kelebihan yang lain. Kita semua berbakat, jangan pernah menyerah dan berkecil hati sehingga banyak netizen yang sangat mendukung Amanda dan merasa terinspirasi oleh sosoknya.

7. Tekad dan keinginan yang kuat membuat Amanda bisa melakukan hal layaknya orang normal

Belajar Tangguh Jalani Hidup dari Amanda Farliany Penyandang Tuna RunguInstagram.com/amanda_farliany

Kakak kandung dari Rany Ramadhani ini tidak ingin dikasihani karena keterbatasannya. Ia bisa melakukan apa saja layaknya orang normal. Ia bisa masak, menyetir mobil, menjadi model, pemain film dan masih banyak prestasi Amanda meskipun dengan keterbatasan yang ia miliki. 

Amanda tidak ingin dipandang sebelah mata oleh orang normal. Karena baginya kita semua setara. Karena kita bisa melakukan apa saja jika punya tekad yang kuat.

Sosok Amanda merupakan sosok perempuan inspiratif yang mengajarkan bahwa jangan memandang lemah seseorang yang memiliki keterbatasan, karena buktinya, Amanda bisa melakukan layaknya orang normal. 

Jadi, kuatkan niat dan tekad, jangan berputus asa dengan segala rintangan yang ada. Yakinlah bahwa kita bisa.

Baca Juga: Kisah Grace, Perempuan Pejuang Kemanusiaan yang Tak Pernah Pamrih

Gita Savana Novembria Photo Community Writer Gita Savana Novembria

Do what you love and love what you do.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You