Comscore Tracker

5 Cara agar Bisa Berhenti Mengharapkan Mantan Saat Proses Move On

Mantapkan hati agar lekas bangkit dari keterpurukan!

Sebenarnya wajar saja apabila saat proses move on sedang berlangsung, kamu sesekali masih memikirkan mantan. Karena move on merupakan suatu usaha untuk mencoba bangkit dan mengikhlaskan yang telah terjadi. Jadi, merupakan sesuatu yang normal dan wajar saja jika hal tersebut kamu rasakan selama proses move on.

Akan tetapi, ada juga seseorang yang masih mengharapkan mantannya sehingga mengganggu serta mempersulit proes move on yang tengah ia lakukan.

Berikut lima cara yang bisa kamu lakukan, agar kamu terus menerus gak mengharapkan mantan saat proses move on. Keep reading!

1. Mulai kurangi kebiasaan stalking akun media sosial mantan

5 Cara agar Bisa Berhenti Mengharapkan Mantan Saat Proses Move Onilustrasi wanita menangis sembari melihat HP (pexels.com/Ivan Samkov)

Walau terkesan sepele dan menurutmu gak penting, cobalah untuk menahan diri untuk tidak stalking akun media sosial mantan. Karena hal itu bisa memperparah perasaan sedih dan galaumu saat proses PDKT.

Karena kamu bisa melihat banyak unggahan yang bisa memicumu untuk berprasangka atau bahkan berharap pada mantan. Hal itu juga bisa memperlambatmu dalam proses penyembuhan hati saat berusaha move on.

2. Jika perlu hapus kontak mantan sementara ini

5 Cara agar Bisa Berhenti Mengharapkan Mantan Saat Proses Move OnIlustrasi pria menatap layar HP (unsplash.com/Eddy Billard)

Menghapus kontak mantan bisa membantumu lekas merasakan yang namanya move on usai putus cinta. Karena dengan begitu kamu dan dia tidak lagi berkomunikasi sampai dirasa keadaan dirimu sudah stabil.

Jika kamu masih membuka kesempatan untuk terus menerus berkomunikasi dengan mantan, maka hal itu bisa membuatmu menjadi baper. Ketika kamu baper maka timbul perasaan berharap pada mantan yang justru bisa mempersulitmu sewaktu proses move on.

Baca Juga: 6 Hal Ini Wajar Kamu Rasakan saat Berusaha Move On, Nikmati Prosesnya

3. Jangan berharap banyak mantan akan berubah usai kalian berpisah

5 Cara agar Bisa Berhenti Mengharapkan Mantan Saat Proses Move Onilustrasi pria termenung (pexels.com/Min An)

Usai kalian putus maka cobalah untuk fokus dengan dirimu sendiri, terutama pemulihan hatimu. Jangan beranggapan kalau mantan akan berubah seperti yang kamu inginkan setalah kalian berpisah. Karena jika dia memang sayang padamu, maka gak perlu menunggu untuk putus dulu untuk melihatnya berubah menjadi pribadi yang positif.

Kalau kamu terus berharap mantan kelak akan berubah, hal itu cuma bikin proses move on jadi terhambat. Sebab, kamu membayangkan hal yang belum tentu terjadi dan hal itu sama saja dengan menyita banyak waktu berhargamu.

4. Rasakan dan syukuri orang-orang terdekat yang selama ini mendukungmu

5 Cara agar Bisa Berhenti Mengharapkan Mantan Saat Proses Move OnIlustrasi persahabatan (pexels.com/Diva Plavalaguna)

Kehilangan satu orang yang sebenarnya gak begitu banyak membawa dampak baik untukmu bukanlah suatu kerugian. Sehingga gak perlu terlalu lama meratapi kesedihan akibat melepaskan seseorang yang menghambat perkembanganmu.

Apalagi sampai kamu bersusah payah mengharapkan mantan akan kembali padamu. Sebab, kamu masih punya banyak orang yang betul-betul sayang serta mendukungmu penuh. Orang seperti itulah yang harus kamu syukuri keberadaannya dan hargai, karena mereka juga bisa membantumu lekas move on sehingga kamu bisa kembali menikmati kehidupanmu.

5. Lupakan dan anggap semua janji yang mantan pernah berikan sebagai pelajaran berarti

5 Cara agar Bisa Berhenti Mengharapkan Mantan Saat Proses Move OnIlustrasi pria tersenyum (pexels.com/Ketut Subiyanto)

Salah satu alasan mengapa seseorang masih mengharapkan mantannya karena masih teringat akan janji-janji yang pernah ia berikan. Oleh karena itu, jangan terlalu berpegang pada janji yang pernah mantan utarakan padamu. Sebab, hal itu hanyalah omong kosong yang kini sudah tinggal kenangan masa lalu saja.

Daripada terus mengharapkan mantan karena janji-janji yang pernah dia berikan padamu, ada baiknya kamu melihat itu sebagai sebuah pelajaran yaitu jangan mudah terlena dan percaya dengan perkataan seseorang tanpa diimbangi dengan bukti dan tindakan yang nyata.

Selama kamu gak terus menerus mengharapkan mantan dan berusaha untuk melihat ke depan, maka proses move on yang kamu jalani pasti bisa dilalui dengan baik.

Baca Juga: 5 Alasan Kamu Masih Galau soal Mantan meski Sudah Hilang Kontak

its gracie Photo Verified Writer its gracie

Writing my healing

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Dwi Rohmatusyarifah

Berita Terkini Lainnya