Comscore Tracker

5 Tips Ini Bisa Mengubah Pola Pikirmu Lebih Positif, Ayo Bahagia!

#PANJATPOIN Pikiran negatif bikin capek sendiri malahan

Memiliki kepribadian yang begitu mudah berpikiran negatif akan berdampak menjadi toxic untuk diri sendiri. Dengan berusaha berpikiran positif maka dengan mudah kamu akan merasakan emosi negatif dalam diri seperti terbuka untuk melihat sisi buruk atau tidak baik dalam hidup kamu, hingga memilih untuk melihat sisi baiknya.

Memilih untuk memperbaiki masalah kamu alih-alih mengeluhkannya. Memilih untuk melihat gelas setengah penuh daripada setengah kosong. Membuka pola pikir kamu menjadi lebih luas untuk mau melihat ke berbagai sisi sisi tanpa harus berpikir negatif.

Tidak hanya itu, berpikiran negatif pun memiliki banyak manfaatnya seperti dapat meningkatkan kesehatan mental dan fisik kamu, dapat membantu kamu menjadi lebih tangguh dalam melewati masalah dan bisa meningkatkan kepercayaan diri.

Berikut adalah 5 hal yang bisa membantu mengubah kepribadian kamu menjadi lebih positif.

1. Ingatlah bahwa menjadi positif adalah pilihan

5 Tips Ini Bisa Mengubah Pola Pikirmu Lebih Positif, Ayo Bahagia!Pixabay/stocksnap

Ada begitu banyak orang yang mudah mengatakan bahwa mereka "tidak bisa" menjadi positif karena berbagai alasan, tetapi saya tidak percaya. Menjadi positif adalah pilihan. Menjadi negatif adalah pilihan.

Saya bisa bercerita tentang orang-orang yang saya kenal yang mengalami hal-hal mengerikan dengan senyum di wajah mereka. Orang-orang seperti ini membuktikan bahwa kepositifan adalah sebuah pilihan. Jika tidak, masa-masa sulit yang kita lalui akan menghancurkan kita semua dan tidak ada yang akan bahagia.

Ingat, terkadang hal-hal buruk terjadi dan terserah kepada kita untuk memilih bagaimana kita menghadapinya.

2. Mengurangi penggunaan media sosial

5 Tips Ini Bisa Mengubah Pola Pikirmu Lebih Positif, Ayo Bahagia!Pixabay/rawpixel

Sudah sangat jelas bahwa media sosial dapat mempengaruhi kita untuk merasa lebih negatif tentang kehidupan kita, diri kita sendiri, orang lain, dan hampir semua hal. Sebuah penelitian pernah membuktikan bahwa penggunaan media sosial dapat menciptakan kecemasan, depresi, dan kecemburuan pada si penggunanya.

Namun, jangan salah paham, media sosial juga dapat memiliki efek positif pada kita. Tetapi tetap hanya akan mengurangi waktu yang kita habiskan untuk dapat melakukan banyak hal agar membuat kita merasa lebih positif.

Jika kamu tidak ingin sama sekali menyingkirkan media sosial, kamu dapat membuat batas waktu kepada diri sendiri setiap hari dalam menggunakan media sosial, seperti mencabut beberapa kali koneksi selama seminggu, atau mengurangi beberapa aplikasi sosial media dari ponsel kamu.

Baca Juga: 5 Hal Positif Jika Kamu Tak Lagi Mengandalkan Orang Lain

3. Selalu merasa bersyukur

5 Tips Ini Bisa Mengubah Pola Pikirmu Lebih Positif, Ayo Bahagia!Pixabay/thisismyurl

Yang satu ini mungkin tampak biasa tetapi memiliki peran yang sangat penting. Ketika kamu terus-menerus fokus pada apa yang kurang dari dirimu dan apa yang dimiliki orang lain, sudah pasti itu hanya akan membuat kamu terus-menerus menjadi orang yang yang negatif.

Jika kamu ingin menjadi pribadi yang positif, mulailah memikirkan semua kehidupan kamu yang harus disyukuri. Tentang bagaimana kamu masih memiliki rumah yang sangat layak untuk ditinggali dan makanan yang cukup untuk dimakan, itu adalah bukti bahwa kamu sudah memiliki kehidupan yang lebih dari yang dimiliki orang lain - jangan lupa itu.

4. Memperbaiki yang menggangu hatimu

5 Tips Ini Bisa Mengubah Pola Pikirmu Lebih Positif, Ayo Bahagia!Pixabay/free-photos

Jika ada sesuatu dalam hidup kamu yang benar-benar mengganggu atau terasa seperti menjatuhkan kamu, perbaiki. Beberapa masalah memang tidak mudah diperbaiki, tetapi sebenarnya begitu banyak di antaranya yang masih bisa diperbaiki.

Jika kamu membenci pekerjaan mu, cobalah mencari yang baru. Jika kamu ingin lebih banyak waktu untuk diri sendiri, temukan cara untuk mewujudkannya. Sejalan dengan itu, jangan menunda berurusan dengan masalah kamu. Atasi mereka sesegera mungkin dan pastikan mereka tidak menjadi masalah yang lebih besar!

5. Menuliskan segala isi pikiran dan emosi kamu

5 Tips Ini Bisa Mengubah Pola Pikirmu Lebih Positif, Ayo Bahagia!Pixabay/startupstockphotos

Membuat jurnal bisa sangat membantu kamuk ketika kamu membutuhkan dorongan suasana hati baru. Jika kamu tidak ingin membuat jurnal, menggunakan kertas biasa juga bisa digunakan. Jadi ketika kamu merasa kesal tentang sesuatu, tulislah.

Tuliskan kekhawatiran kamu, ketakutan, pikiran kamu, dan semua masalah kamu. Cara ini tidak hanya akan membantu untuk mengeluarkan semuanya, tetapi juga dapat membantu mengubah perspektif kamu dan bahkan mencari solusinya, juga dapat membantu kamu menjernihkan pikiran dan merasa lebih positif.

Kelima tips di atas butuh terealisasi dengan baik oleh kamu sendiri, karena kembali lagi semua dirimu yang akan menentukan pilihan.

Baca Juga: 5 Bahan Renungan untuk Kamu yang Merasa 'Kebahagiaan Adalah Hal Utama'

Hanan imtinani Fathiyah Photo Verified Writer Hanan imtinani Fathiyah

Read for lifes

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya