Comscore Tracker

5 Hal yang Bisa Kamu Bawa Saat Merantau Supaya Lebih Hemat

Jangan apa-apa sembarang dibeli!

Liburan semester telah berakhir, saatnya para mahasiswa kembali ke perantauan untuk melanjutkan perkuliahan. Mahasiswa perantauan alias anak kost memang paling identik dengan sesuatu yang irit dan hemat.

Nah kali ini IDN Times akan memberikan tips biar kamu bisa menghemat uang jajan setiba di perantauan lho, yakni dengan membawa 5 hal ini dari kampung halaman! Apa saja sih? Yuk simak artikel berikut!

1. Bawa lauk pauk kering!

5 Hal yang Bisa Kamu Bawa Saat Merantau Supaya Lebih HematUnsplash.com/Antonio Mendes

Jika jarak antara kampung halamanmu dan perantauan tidak begitu jauh dan hanya memakan waktu beberapa jam di jalan, kamu bisa membawa lauk pauk kering. Lauk pauk buatan rumah ini bisa menjadi laukmu selama beberapa hari di kost dan tentunya akan menghemat uang jajanmu!

Lauk pauk kering biasanya bisa bertahan selama 3-5 hari, wah bayangin deh kamu bisa gunakan jajan mu selama 5 hari untuk menabung atau membeli hal lain yang sedang kamu inginkan!

2. Jangan lupa bawa bahan pokok, guys!

5 Hal yang Bisa Kamu Bawa Saat Merantau Supaya Lebih HematUnsplash.com/fotote

Pulang ke kampung halaman jangan sampai lupa untuk bawa bahan-bahan pokok ke perantauan! Kamu bisa membawa teh, gula, beras, dan bahan pokok lain dari rumahmu. Hal ini tentunya akan menghemat pengeluaranmu untuk belanja bulanan di kos, bukan?

Baca Juga: Ini 5 Strategi Hemat di Pertengahan Bulan yang Gak Bikin Sengsara!

3. Perlengkapan kebersihan jangan sampai ketinggalan!

5 Hal yang Bisa Kamu Bawa Saat Merantau Supaya Lebih HematUnsplash.com/superkitina

Sikat gigi, sampo, sabun, dan alat kebersihan lainnya paling sering menjadi barang yang terlupakan! Hal ini dikarenakan alat-alat kebersihan ini bisa dengan mudah ditemukan di kedai kecil sekalipun, sehingga kamu tak perlu khawatir ke perantauan tanpa membawa alat-alat kebersihan dari rumah. Tapi bayangin gak sih kamu bisa hemat berapa rupiah kalau membawa alat-alat kebersihan sendiri?

4. Bawa obat-obatan

5 Hal yang Bisa Kamu Bawa Saat Merantau Supaya Lebih HematUnsplash.com/kaylamaurais

Buat kamu yang punya obat khusus untuk alergi atau sakit, kamu bisa banget bawa obat yang tersedia di rumahmu ke perantauan. Selain menghemat biaya, jikalau alergi atau sakitmu mendadak datang, kamu tidak perlu panik dan jauh-jauh beli ke luar karena obatmu sudah tersedia.

5. Jangan lupa bawa pakaian ‘penting’ ya!

5 Hal yang Bisa Kamu Bawa Saat Merantau Supaya Lebih HematUnsplash.com/pao_note

Kamu aktif di organisasi dan sering menghadiri acara penting? Bingung harus pakai baju apa karena di kos cuma bawa baju ngampus? Atau mau beli baju tapi dompet lagi tipis? Kamu bisa bawa baju-baju ‘penting’mu dari rumah ke perantauan! Dengan begini, kamu tentunya akan lebih menghemat jajan karena gak perlu beli baju baru, kan?

Nah itu dia lima hal yang bisa kamu bawa ke perantauan dan bakal bikin kamu lebih hemat. Selamat mencoba ya, guys! Semangat untuk kuliahnya!

Baca Juga: Mau Berhemat? Simak 5 Tips Makan Gratis Selama Travelling Ini!

Hazna Deva Photo Verified Writer Hazna Deva

Menulislah ketika kamu tak mampu menyuarakan isi fikiranmu. haznadeva.wordpress.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya