Comscore Tracker

Untuk Calon Orang Sukses, Ini 6 Cara Menikmati Zona Tidak Nyaman

#ANGPOIN Kamu calon orang sukses itu? Mari nikmati zona ini

Banyak orang sukses yang mengatakan bahwa untuk mencapai keberhasilan, keluarlah dari zona nyaman. Maka jalanilah zona tidak nyaman itu. Menjalani zona tidak nyaman terkadang membuat kita terseok-seok menjalaninya.

Seperti halnya merantau karena pekerjaan atau kuliah, beradaptasi dengan lingkungan baru, menjalani tugas baru yang belum pernah dilakukan sebelumnya atau rela menjalani berbagai hal demi menggapai mimpi. 

Nah, karena zona tidak nyaman diibaratkan dengan hal yang tidak menyenangkan, berikut ini cara agar kita tetap menikmatinya. 

1. Jalani dengan sepenuh hati

Untuk Calon Orang Sukses, Ini 6 Cara Menikmati Zona Tidak NyamanPexels/DominikaRoseclay

Hal yang harus dilakukan dalam menghadapi zona tidak nyaman adalah menjalaninya. Menghindari adalah hal yang mustahil. Jalanilah dengan sepenuh hati rasa ketidaknyamanan itu, alhasil lama kelamaan kita akan menjadi terbiasa.

2. Memotivasi diri

Untuk Calon Orang Sukses, Ini 6 Cara Menikmati Zona Tidak NyamanPexels/NinaUhlikova

Motivasi bisa datang dari luar diri (eksternal) atau dari dalam diri sendiri (internal). Motivasi eksternal berasal dari lingkungan, keluarga, kerabat maupun teman yang mendukung kita dalam menggapai mimpi dan membantu ketika berada dalam kesusahan.

Namun yang memiliki peran besar apalagi ketika sedang mengalami zona tidak nyaman adalah motivasi internal. Bagaimana kita memotivasi diri sendiri untuk bisa melewati semua hal tak nyaman itu. 

3. Berpikiran positif

Untuk Calon Orang Sukses, Ini 6 Cara Menikmati Zona Tidak NyamanPexels/QuangAnhHaNguyen

Zona tidak nyaman menyertakan kita dalam situasi yang mengharuskan untuk berjuang menjalaninya. Maka yang menjadi penguat diri sendiri adalah dengan berpikiran positif.

Kekuatan berpikir positif bisa mengubah seseorang untuk memandang segala sesuatu menjadi hal yang positif. Sehingga zona yang tidak nyaman tersebut akan dianggap sebagai tantangan, yang mana jika kita bisa menikmatinya maka banyak pelajaran berharga yang dapat diperoleh. 

Baca Juga: Sukses Filosofi Teras, Ini 5 Tips Menulis dari Henry Manampiring

4. Mencari celah kebahagiaan dari zona tak nyaman

Untuk Calon Orang Sukses, Ini 6 Cara Menikmati Zona Tidak NyamanPexels/BruceMars

Sesudah berpikiran positif, kita akan dapat menemukan celah kebahagiaan dari zona tidak nyaman. Karena ketika terus terperangkap didalamnya, yang kita dapatkan hanya tekanan.

Namun jika menemukan sedikit saja celah kebahagiaan yang bisa membuat kita bertahan untuk menghadapi zona tidak nyaman, maka kita akan menikmatinya sebagai tantangan. Celah kebahagiaan itu bisa didapat dari teman baru, kegiatan yang ternyata menyenangkan, momen lebih mengenal diri sendiri dan hal seru lainnya. 

5. Bersyukur bisa keluar dari zona nyaman

Untuk Calon Orang Sukses, Ini 6 Cara Menikmati Zona Tidak Nyamanpexels/picjumbo.com

Dalam hal tidak mengenakan seperti apa pun, kita harus memaknainya dengan bersyukur. Bersyukur karena kita memberanikan diri keluar dari zona nyaman. Menikmati zona tidak nyaman membuat kita meyakini bahwa yang sedang terjadi memang sudah menjadi jalan yang harus dilewati. Selain itu proses ini akan menjadikan kita tumbuh menjadi pribadi yang lebih baik. 

6. Jangan membandingkan diri dengan orang lain

Untuk Calon Orang Sukses, Ini 6 Cara Menikmati Zona Tidak NyamanPexels/AlexandraMaria

Ketika berada di zona tidak nyaman, jangan sekali-kali membandingkannya dengan orang lain. Hal ini hanya akan membuat diri kita terpuruk. Terkadang yang kita lihat tidak menggambarkan apa yang orang lain rasakan. Menghadapi zona tidak nyaman seharusnya membuat kita berfokus pada diri sendiri agar bisa berjuang melewatinya dengan baik. 

Begitulah cara untuk menikmati ketika berada dalam zona tidak nyaman. Sudah tidak nyaman, masa tidak mau menikmatinya. Bukankah itu double kill untuk diri kita sendiri? Maka nikmatilah, maka kita akan terbiasa. 

Baca Juga: 7 Film Coming-Age Berlatar Negara Berkembang yang Sukses Bikin Baper

Hesti Mahmudah Photo Verified Writer Hesti Mahmudah

Belajar meracik kata-kata

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indra Zakaria

Berita Terkini Lainnya