Comscore Tracker

Penuh Makna, Ini 5 Pesan Inspiratif dari Pemeran KDrama 'Start-Up'

Kita semua pasti pernah jadi "Nam Do San"

Start-Up yakni drama korea yang diperankan oleh artis ternama Korea Selatan, yakni Bae Suzy, Nam Joo Hyuk, Kim Sun Ho, dan Kang Han Na, dimana KDrama ini mendapatkan perhatian dan antusiasme yang tinggi di media sosial.

KDrama yang bergenre romance comedy ini berkisah tentang perjuangan Seo Dal Mi mewujudkan mimpinya menjadi pengusaha dengan melalui beragam rintangan. Alih-alih berantem antartim, setidaknya ada lima pesan inspiratif yang dapat diambil dari para pemainnya. Mari simak bersama!

1. Semua orang berhak menangis sekalipun cowok

Jika dulu masyarakat beranggapan bahwa laki-laki harus kuat dan tidak boleh menangis, maka anggapan tersebut akan dipatahkan dalam drama ini. Di sini--baik Dosan, Jipyeong maupun Yongsan--tidak segan untuk menangis di depan orang lain ketika menghadapi permasalahan. Mereka mengakui jika dirinya manusia biasa dimana ada masa mengalami titik terendah dalam hidupnya.

Sosok Dosan juga terbuka kepada temannya dan tidak segan menceritakan perasaan dan permasalahannya. Begitu pun kita perlu untuk terbuka dan menyalurkan emosi ketika sedang terluka maupun bahagia. 

2. Ketahanan mental setiap orang berbeda dalam menerima kritik

Penuh Makna, Ini 5 Pesan Inspiratif dari Pemeran KDrama 'Start-Up'instagram/tvn_startup

Kakak Yongsan pernah menjadi CEO start-up yang masuk Sand Box. Namun, ketika hari demo dia tidak siap menerima kritik dari Jipyeong dan perusahaannya tidak mendapatkan investor. Alasan tersebutlah yang membuatnya bunuh diri. Berbeda dengan Dalmi yang lebih bisa menerima kritik sekalipun disampaikan dengan perkataan yang menyakitkan, karena baginya kenyataan lebih penting dari harapan yang tidak jelas. 

Seperti halnya kata Jipyeong bahwa dalam dunia bisnis kita harus siap mendengar perkataan berupa kritik yang membangun maupun menjatuhkan untuk dapat disaring mana yang bisa kita terapkan.

Hal yang dapat kita pelajari adalah setiap orang memiliki kapasitas dan ketahanan mental yang berbeda. Alangkah baiknya kita belajar untuk dapat melihat secara objektif dari kritikan orang lain agar diri kita lebih berkembang. 

Baca Juga: Patut Ditiru, 5 Sikap Tulus Nenek Dalmi dalam KDrama 'Start-Up'

3. Orang yang tegar akan cenderung berhasil

Penuh Makna, Ini 5 Pesan Inspiratif dari Pemeran KDrama 'Start-Up'Instagram/tvn_startup

Dalmi menjadi sosok yang sangat tegar. Dia mampu bertahan dalam kondisi paling sulit dan getir sekalipun. Dia tidak akan berlama-lama mengasihi diri sendiri karena terpuruk dalam kegagalan dan cepat bangkit untuk berjuang dengan apa yang bisa dilakukannya kini. 

Kita bisa belajar dari sosok Dalmi yang memiliki mental resilient alias tegar dalam menghadapi tantangan kehidupan sehingga membawa kita meraih kesuksesan dan lebih bahagia serta semangat menjalani kehidupan.

4. Ikuti mimpimu, bukan mimpi orangtuamu

Penuh Makna, Ini 5 Pesan Inspiratif dari Pemeran KDrama 'Start-Up'Instagram/tvn_startup

Dosan sejak kecil dibayang-bayangi menjadi apa yang diinginkan orangtuanya. Hal inilah yang membuat Dosan tidak memahami apa yang sebenarnya menjadi keinginannya. Dia baru menyadari mimpinya ketika bertemu dengan Dalmi.

Selama ini banyak orangtua yang membebankan mimpinya yang tidak terwujud kepada anaknya tanpa mempedulikan mimpi anak yang sebenarnya. Tentu hal ini tidak baik bagi perkembangan anak yang akan tumbuh tidak menjadi dirinya sendiri. 

5. Proses memaafkan akan mengalahkan ego tinggimu

Penuh Makna, Ini 5 Pesan Inspiratif dari Pemeran KDrama 'Start-Up'instagram.com/skuukzky

Memaafkan orang yang menyakiti kita memanglah sulit. Namun nenek Dalmi memiliki jiwa besar yang mudah memaafkan menantunya dimana dia yang sudah menjadi awal mula kehancuran rumah tangganya. Nenek Dalmi memiliki rasa empati yang tinggi dimana dia mau menerima menantunya kembali. 

Kita juga perlu memiliki sifat memaafkan karena dengan memaafkan kita akan hidup tanpa dendam, beban maupun perasaan negatif lainnya. Kamu akan merasakan kedamaian jika mudah memaafkan orang lain. Selain itu rasa empati yang tinggi membuat kita lebih dapat memanusiakan manusia. 

Tidak hanya hanyut dalam ceritanya, namun kamu juga perlu menerapkan pesan moral dari KDarama Start-Up ini ya. Selamat menanti menuju episode-episode terakhirnya!

Baca Juga: 5 Keistimewaan Han Ji Pyeong Start-Up, Si Cowok Penggemar Rahasia

Hesti Mahmudah Photo Verified Writer Hesti Mahmudah

Belajar meracik kata-kata

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya