5 Tips Hidup Minimalis bagi Millennials yang Sedang Meniti Karier

Yuk, jadi Millennials yang minimalis!

Generasi Millennials saat ini menginjak usia 20-an, yang jadi usia meniti karier. Ketika mendapatkan pekerjaan pertama, biasanya para Millennials akan memberikan reward terhadap diri sendiri atas kerja kerasnya.

Reward ini berkaitan dengan memanjakan diri, seperti membeli barang yang disukainya. Eits, tapi jangan kebablasan, ya. Dengan tips hidup minimalis ini, kamu dapat mengendalikan diri agar tidak berlebihan. 

1. Hidup sederhana ala anak kos

5 Tips Hidup Minimalis bagi Millennials yang Sedang Meniti KarierPaxels/rawpixel.com

Hidup sederhana berarti merasa cukup atas kebutuhan yang sudah terpenuhi. Hal ini membuat kita akan selalu bersyukur dan merasa tidak kekurangan. Orang terkaya di dunia seperti Jack Ma dan Mark Zuckerberg saja memilih untuk menjalani hidup sederhana.

Oleh karena itu, hidup sederhana ala anak kos dapat kamu terapkan menjadi gaya hidup. Karena sekaya apa pun kamu, jika gaya hidup semakin tinggi, kamu tidak akan pernah merasa puas dan tercukupi.

2. Hilangkan gengsi dengan tidak mengikuti tren yang bertolak belakang dengan kepribadianmu

5 Tips Hidup Minimalis bagi Millennials yang Sedang Meniti KarierPexels/Freestocks.org

Tren saat ini semakin menggila saja. Pengaruh dari influencer semakin membuat kita tertarik untuk mencoba. Namun jika memaksakan diri, ini akan berdampak buruk bagimu, loh, salah satunya kehilangan jati diri. Nah, alangkah baiknya hilangkan gengsi dan jadilah diri sendiri dengan versi terbaikmu.

Baca Juga: 11 Cara Membuka Rekening dan Menabung di Bank dengan Mudah

3. Hindari kegiatan yang tidak bermanfaat

5 Tips Hidup Minimalis bagi Millennials yang Sedang Meniti KarierPexels/MarcinDampc

Ketika sudah memiliki penghasilan, kita merasa berhak untuk melakukan hal yang menyenangkan. Namun, terkadang tidak semua kegiatan tersebut memiliki manfaat. Sudah saatnya kamu mulai menginvestasikan waktu untuk kegiatan yang bermanfaat dan dapat mengembangkan diri, seperti mengikuti pelatihan untuk meningkatkan soft skill.

4. Menerapkan kebiasaan menabung

5 Tips Hidup Minimalis bagi Millennials yang Sedang Meniti KarierPaxels/rawpixel.com

Belajar mengatur keuangan sejak mendapatkan gaji pertama adalah hal yang wajib dilakukan. Hal ini bertujuan untuk menciptakan kebiasaan baik dalam mengalokasikan uang dengan bijak. Pembagiannya untuk kebutuhan hidup, dana darurat, traveling, menabung, atau  investasi di kemudian hari.

5. Membeli barang sesuai dengan kebutuhan bukan keinginan

5 Tips Hidup Minimalis bagi Millennials yang Sedang Meniti KarierPexels/CraigAdderley

Millennials harus pintar dalam memilah barang yang menjadi kebutuhan, bukan sekadar keinginan sesaat terhadap barang yang tidak memiliki nilai tinggi. Hal ini agar uangmu tidak dialokasikan dengan sia-sia.

Begitulah, tips yang wajib kamu terapkan jika menginginkan keamanan finansial sejak muda. Investasi dalam bentuk tabungan, gaya hidup, atau pengembangan diri adalah pilihan yang tepat untuk masa depan gemilang. Selamat mencoba!

Baca Juga: 5 Cara Mudah Menabung bagi Kalian si Boros

Hesti Mahmudah Photo Community Writer Hesti Mahmudah

Belajar meracik kata-kata

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Just For You