Comscore Tracker

11 Cara Menabung di Bank dengan Langkah yang Benar

Gampang banget, kok!

Menabung di bank adalah solusi termudah dan teraman buat generasi millennials. Apalagi, sekarang sudah banyak produk tabungan yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan kita. Buat yang belum punya tabungan di bank, tunggu apalagi?

Pastinya jika ingin menabung di bank, harus mempunyai rekening terlebih dahulu bukan di bank tersebut.

Nah, berikut ini IDN Times bakalan kasih kamu tips atau cara menabung di bank dengan beberapa langkah yang baik dan benar. Sehingga kamu menjadi tahu gimana sih langkah-langkah terlebih dahulu untuk menabung di bank. Simak ulasan lengkapnya di bawah ini ya!

1. Sebelum melangkah ke bank untuk membuka rekening, pastikan kamu sudah memilih bank yang sesuai dengan tujuanmu & benefit yang diharapkan

11 Cara Menabung di Bank dengan Langkah yang BenarPexels/bruce mars

Beberapa bank pasti punya program yang membedakannya dengan bank lain. Sebagai contoh, biasanya bank BUMN belum menyediakan kartu debet yang dapat digunakan untuk verifikasi Paypal.

Hal ini menjadi celah bank lain untuk menyediakannya. Jika tujuan utamamu adalah untuk transaksi antarnegara, maka hal ini harus diperhatikan.

2. Siapkan keperluan administratif sebagai syarat pembukaan rekening, antara lain KTP, SIM, kartu pelajar, atau kartu mahasiswa

11 Cara Menabung di Bank dengan Langkah yang BenarPexels/Lukas

Jika perlu, persiapkan juga NPWP dan KK. Meski tidak semua, ada beberapa bank yang menjadikan dua hal tadi sebagai syaratnya.

Lebih bagus lagi jika semua kelengkapan tadi, sudah kamu persiapkan fotokopinya sehingga tidak perlu bolak-balik mengurus secara dadakan.

3. Bawalah uang yang cukup untuk setoran awal tabungan dan sesuaikan dengan batas ketentuan minimum saldo di bank pilihanmu

11 Cara Menabung di Bank dengan Langkah yang BenarPexels/Artem Beliaikin

Info soal banyaknya saldo minimum tabungan, dapat kamu temui pada brosur yang disediakan bank. Kamu pun bisa mencarinya di situs resmi bank atau bertanya langsung pada Customer Service (CS) yang bertugas di bank maupun pada layanan telepon.

4. Syarat administratif sudah lengkap, dana pun tersedia. Datangilah bank pilihan yang lokasinya paling dekat denganmu

11 Cara Menabung di Bank dengan Langkah yang BenarPexels/Expect Best

Faktor kedekatan ini bukan tanpa alasan. Jika suatu saat nanti kamu harus mengurus keperluan finansial di bank yang sama, kamu akan merasa lebih mudah dan lancar.

5. Ketika memasuki bank, biasanya akan ada satpam yang menyambut. Sampaikanlah tujuan kedatanganmu & ia akan memberi nomor antrean

11 Cara Menabung di Bank dengan Langkah yang BenarPexels/rawpixel.com

Sampaikanlah pada petugas keamanan yang menyambut jika kamu ingin membuka tabungan. Ia akan menanyai apakah kelengkapan yang diperlukan sudah kamu bawa, lantas memberikan antrean CS.

Duduk dan tunggulah nomor dipanggil. Kamu pun bisa menyaksikan nomor antrean terkini lewat layar yang tersedia.

6. Ketika nomormu dipanggil, segeralah menuju meja CS yang tertera. Setelah memperkenalkan diri, sampaikan tujuanmu

11 Cara Menabung di Bank dengan Langkah yang Benarbmabankingsystems.com

Segera setelah tiba di meja, CS akan menyapa dan memperkenalkan diri. Ia juga akan menanyakan namamu supaya komunikasi berlangsung menyenangkan. Setelah itu, sampaikanlah tujuanmu yaitu membuka rekening tabungan perorangan.

Baca Juga: Ini 9 Ide Musala untuk Rumah Mungil, Ibadah Jadi Semakin Khusyuk

7. CS akan menerangkan produk tabungan yang disediakan oleh bank. Dengarkan dengan baik dan jangan sungkan bertanya

11 Cara Menabung di Bank dengan Langkah yang Benarlarlinginnlandet.no

Bagian ini amat penting karena terkait dengan keputusan yang akan kamu pilih. Jika kamu sudah mengetahui kekurangan dan kelebihan masing-masing tabungan, maka mudah menyesuaikannya dengan kebutuhanmu. Bertanyalah jika tidak paham, terutama soal bunga bank, biaya administrasi, dan titik impasnya.

8. Jika semua informasi sudah jelas, kamu tinggal memilih produk tabungan yang disukai. CS akan mengambil formulir yang akan kamu isi

11 Cara Menabung di Bank dengan Langkah yang BenarPexels/Startup Stock Photos

Setelah memilih, CS akan memberi sedikit tambahan informasi dan menyodorkan formulir pembukaan rekening. Dengarkan instruksi soal kolom mana saja yang harus diisi dan di bagian mana saja kamu harus membubuhkan tanda tangan.

Untuk formulir pembukaan rekening sendiri, biasanya berisi data soal nama, alamat, pekerjaan, pendapatan, nama ibu, dan lainnya lagi.

Pastikan juga kamu membaca formulir atau klausul-klausul sebelum tanda tangan. Jika ada yang meragukan, kamu bisa menanyakannya dahulu.

9. Di sela-sela mengisi data, kamu akan ditawari untuk membuka ATM dan beberapa layanan perbankan digital lainnya

11 Cara Menabung di Bank dengan Langkah yang BenarPexels/Pixabay

Kartu ATM adalah hal esensial yang harus dimiliki setiap nasabah. Benda ini memudahkanmu untuk mengambil uang tunai dan sejumlah transaksi tanpa harus bertemu teller bank.

Biasanya, setiap bank akan menggratiskan layanan pembukaan kartu ATM. Karena itu, disarankan untuk mengambil saja layanan ini.

Lalu, ada lagi layanan lainnya seperti e-banking, mobile banking, dan SMS banking. Pilihan ini kembali lagi pada tujuanmu. Untuk e-banking, diperlukan token yang dikenakan biaya tambahan.

Sementara mobile dan SMS banking biasanya gratis karena tidak membutuhkan perangkat tambahan.

10. Jika kamu membuka ATM dan mengaktifkan layanan perbankan, CS akan memandumu untuk pembuatan PIN

11 Cara Menabung di Bank dengan Langkah yang Benarsmallbusiness.co.uk

Pastikan PIN yang kamu buat hanya diketahui dirimu dan cukup sulit ditebak orang. Jangan menjadikan nomor telepon atau tanggal lahir sebagai PIN, ya! Bila perlu, catatlah PIN tersebut jika kamu mudah lupa dan simpan baik-baik.

Setelah proses pembuatan PIN usai, kartumu akan aktif paling lama dalam jangka waktu 1x24 jam. Rekening berikut buku tabungan juga sudah selesai dan bisa dipakai untuk setoran.

11. Lain kali ingin menabung, kamu tinggal mendapatkan antrean ke teller dengan membawa uang tunai serta buku tabungan

11 Cara Menabung di Bank dengan Langkah yang BenarPexels/rawpixel.com

Biasanya, satpam akan mengarahkanmu untuk mengisi formulir setoran. Isi formulir adalah nama, nomor rekening, alamat, jumlah uang yang akan disetorkan, serta tanda tangan diri.

Itu dia cara membuka rekening dan menabung di bank. Mudah bukan? Mungkin, kesannya terlihat ribet di awal. Tapi kalau sudah menjalaninya, seterusnya proses menabungmu akan lancar. Selamat mencoba, ya!

Baca Juga: Ide Renovasi Rumah 2 Lantai Bergaya Skandinavia, Luas Tanahnya 91m!

Topic:

  • Febriyanti Revitasari
  • Pinka Wima
  • Wendy Novianto

Berita Terkini Lainnya