Comscore Tracker

Menginspirasi, Ini 5 Aksi Positif Millennial di Era Digitalisasi

#DearFutureIndonesia Bangsa bangga, Millenial berkarya

Tumbuh di zaman ketika teknologi menjadi suatu kebutuhan, sedikit banyak memengaruhi pola berpikir hingga cara bekerja generasi millenial dan Generasi Z. Tidak bisa ditampik, bagi Generasi kelahiran tahun 1980an hingga awal 2000an ini, digital era memasuki hampir di semua aspek dalam kehidupan.

Dilansir dari katadata, berdasarkan survey tahun 2018  ternyata media internet memiliki penetrasi di atas 50% sebagai media informasi untuk Millenial dan Generasi Z. Hasil ini lebih jauh lebih tinggi dibanding Generasi X dan Baby Boomer.

Tren dari menjadi mobile pioneer pun perlahan bergeser menjadi mobile native atau benar-benar ‘penduduk asli dunia maya’. Dilihat dari sisi positifnya, ternyata ini 5 aksi positif Millenial dan Generasi Z sebagai mobile native yang patut diapresiasi.

1. Lebih open minded, millenial menjadi generasi kritis pelawan hoaks

Menginspirasi, Ini 5 Aksi Positif Millennial di Era DigitalisasiUnsplash.com/ NeONBRAND

Sebagai generasi yang tumbuh berbarengan dengan digital era, millennial tentu menjadi generasi yang lebih paham mengenai seluk beluk dunia digital. Mulai dari cara penggunaan hingga kejahatan-kejahatan (Cyber Crime) yang kemungkinan terjadi di dalam dunia digital.

Karena alasan itulah, millenial  diharapkan dapat menjadi pihak yang berpikiran kritis dan selektif dalam menerima informasi yang bertebaran di media. Dengan kata lain, Millenial dan Generasi Z dapat menjadi pihak pertama yang melawan hoaks dalam memberikan informasi kepada semua orang.

2. Berkarya sesuai passion dengan memanfaatkan segala platform yang ada

Menginspirasi, Ini 5 Aksi Positif Millennial di Era DigitalisasiUnsplash.com/xiaojie2020

Di zaman sekarang, berbekal skill dan smartphone ternyata cukup untuk dijadikan sebagai modal berkarya. Dengan memanfaatkan platform yang ada, banyak ditemui pegiat seni baru yang terlahir dari akun media sosial pribadi.

Dengan selalu berusaha konsisten, ternyata berhasil menciptakan pekerjaan-pekerjaan baru tak disengaja yang diawali dari sebuah hobi. Karena karya adalah kontribusi nyata yang bisa dinikmati dan dikenang oleh banyak orang. Ingat, kesuksesan dimulai dari menghargai hal-hal terkecil.

Baca Juga: Dear Millennial, Sudah Lakukan 4 Hal Ini untuk Ibu Pertiwi Belum?

3. Menjadi content creator untuk akun social media pribadi

Menginspirasi, Ini 5 Aksi Positif Millennial di Era DigitalisasiUnsplash.com/ Bonnie Kittle

Sebagai mobile native, profil pribadi rasanya tidak lagi hanya menjadi milik kamu seorang. Dengan membuat akun media sosial, secara tidak langsung kamu mengizinkan orang lain untuk mengetahui segala sesuatu yang berkaitan denganmu di dunia maya.

Menjadi pengguna bijak adalah pilihan yang bisa kamu pertimbangkan. Kamu bisa menjadi content creator yang handal dalam mendesain profil akunmu. Dengan membagikan hal-hal positif tentang apa yang kamu lakukan di kampus ataupun di sekolah, ternyata juga bisa menginspirasi dan berdampak positif untuk orang lain. Tanpa kamu sadari, kamu pun bisa menjadi pemicu orang lain untuk melakukan hal-hal positif lewat media sosial.

4. Millenial ternyata juga hobi jadi volunteer di berbagai bidang

Menginspirasi, Ini 5 Aksi Positif Millennial di Era DigitalisasiUnsplash.com/dead____artist

Aksi nyata lain yang banyak dilakukan oleh millenial adalah dengan bergabung menjadi volunteer. Sepertinya mobilitas tinggi adalah hal yang cukup disenangi oleh kaum millenial. Oleh karena itu, sambil traveling sekaligus ikut pengabdian adalah cara yang dilakukan oleh millenial untuk memberikan dampak ke lebih banyak orang, khususnya sampai ke pelosok Indonesia. Wah, keren banget!

5. Merintis komunitas hingga start-up

Menginspirasi, Ini 5 Aksi Positif Millennial di Era DigitalisasiUnsplash.com/rawpixel

Last but not least, kontribusi millenial saat ini yang lebih ke arah digitalisasi juga diwujudkan dalam terbentuknya start-up dan komunitas-komunitas baru yang mewadahi lebih banyak orang untuk melakukan aksi positif. Seperti lahirnya ruang guru, atau platform-platform lain yang bertujuan untuk membantu sesama.

5 Hal itu merupakan kontribusi nyata yang telah dilakukan millenial untuk bangsa. Sekecil apapun jangan takut untuk #KuotakanMaumu dan #KuotakanSuaramu. Karena kamu tidak akan tahu sebesar apa dampak yang akan kamu berikan untuk orang lain.

Untuk mendukung kamu totalitas dengan #Super4GKuota, jangan takut untuk mempercayakan berbagai layanan dari Smartfren untuk menunjang berbagai aktivitasmu di era digital. Kamu bisa mengunjungi website resminya di www.smartfren.com untuk melihat berbagai layanan dan penawaran menarik lain dari Smartfren yang bisa kamu sesuaiin dengan kebutuhan.

Baca Juga: Tuangkan Harapanmu untuk Indonesia dan Menangkan Macbook Air!

Daisy Photo Community Writer Daisy

Sky doesn't explain itself high

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You