Comscore Tracker

Fina Efendi, Memulai Menulis untuk Mengapresiasi Sang Idola  

Millennial of the Month IDN Times Oktober 2021, Fina Efendi

Seperti yang kita tahu, demam KPop sedang merajalela. Kini hampir semua orang terobsesi dengan idol KPop dan artis Korea. Hal itu terjadi juga pada salah satu Community Writer di IDN Times Community, Fina Efendi.

Cewek 18 tahun ini sangat rajin mengirimkan artikel terbaiknya ke IDN Times Community. Tentu saja tema dan topik yang sering diangkat membahas seputar kehidupan para idol KPop dan artis Korea.

Petualangan menulisnya tentu tidak selalu mulus. Banyak kendala dan tantangan selama menjadi Community Writer. Terpilih menjadi Millennial of the Month Oktober 2021, Fina Efendi membagikan cerita menulisnya kepada IDN Times. Simak selengkapnya berikut ini, yuk!

1. Artikel pertama terbit tepat di hari ulang tahun  

Fina Efendi, Memulai Menulis untuk Mengapresiasi Sang Idola  Fina Efendi, Millennial of The Month IDN Times Community Oktober 2021 (dok. pribadi/Fina Efendi)

Teringat dengan baik dalam benak Fina, ia bergabung sebagai Community Writer pada Juli 2019. Bukan dari teman, Fina menemukan informasi terkait IDN Times Community secara mandiri dengan berselancar di internet.

Berawal dari iseng, artikel pertama yang dikirimkan oleh cewek asal Makassar ini adalah sebuah Opini. Bertajuk "[OPINI] Introspeksi Diri Sebelum Membanding-bandingkan Anak," artikel tersebut terbit tepat di hari ulang tahunnya.

"Jujur, awalnya aku cuma iseng mencoba. Setelah artikel itu terbit, aku berniat untuk berhenti. Namun, aku malah pengin bikin lagi karena mendapatkan bonus poin yang membuatku makin semangat," katanya.

Pada akhirnya, bonus poin yang diberikan oleh IDN Times Community kepada Fina membuatnya memilih untuk gak berhenti menulis. Sebab, dengan begitu, ia dapat mengumpulkan poin dan menjadikannya tabungan di kemudian hari.

2. Dengan menulis, Fina dapat mengapresiasi idolanya  

Fina Efendi, Memulai Menulis untuk Mengapresiasi Sang Idola  Fina Efendi, Millennial of The Month IDN Times Community Oktober 2021 (dok. pribadi/Fina Efendi)

Gak cuma karena poin yang diberikan IDN Times Community, ada alasan lain yang membuat cewek kelahiran 2003 ini rajin menulis. Tujuan sebenarnya Fina menulis adalah karena ingin mengapresiasi idolanya, yakni Kang Seungyoon WINNER.

Menulis tentang idola memang bisa memberikan semangat lebih. Fina mengaku gak pernah kehabisan ide untuk menulis tentang dunia KPop. Mendapat review bagus, cewek yang suka baca webtoon ini terus melanjutkan kiprah kepenulisannya tentang KPop.

"Aku bisa membahas drama, kehidupan nyata artis, kepribadian, karya seni, lagu, koreografi, bakat, dan lainnya. Banyak hal yang bisa aku bahas," tambah Fina.

Tujuan dan alasan menulis yang diberikan oleh Fina ini mungkin terdengar tak biasa. Namun, hal itu terbukti membuatnya semakin semangat dan rajin mengirimkan artikelnya.

Baca Juga: Amelia Solekha, Tergugah Menulis Sejarah yang Jarang Diketahui Orang  

3. Memantapkan diri menggeluti artikel Kpop dan artis Korea  

Fina Efendi, Memulai Menulis untuk Mengapresiasi Sang Idola  Fina Efendi, Millennial of The Month IDN Times Community Oktober 2021 (dok. pribadi/Fina Efendi)

Tema atau topik yang bisa ditulis di IDN Times Community sangat beragam. Namun, Fina memilih untuk terjun dan menggeluti artikel KPop dan artis Korea. Ia mengaku sudah menyukai dunia KPop sejak lama, sehingga ide cemerlang selalu bermunculan.

Meski artikel pertama yang diterbitkan tentang Opini, kini Fina meraup banyak pageviews dari artikel KPop dan artis Koreanya. Beberapa artikelnya yang mendulang ribuan pembaca adalah "10 Potret Lisa BLACKPINK tanpa Makeup, Bukti Tetap Memukau!" dan "9 Aktor Korea yang Ternyata Dekat dengan Member BTS, Sudah Tahu?"

"Aku senang mengapresiasi para idol melalui tulisanku. Momen saat membuat artikel bertema juga menarik, karena aku hanya membuatnya untuk grup yang benar-benar aku sukai," ujar cewek lulusan SMK jurusan teknik komputer dan jaringan.

Untuk sumber inspirasi, Fina mendapatkannya dari berbagai hal. Mulai dari rasa penasarannya terhadap suatu hal, komentar warganet, hingga hasil tontonan kesukaannya. Misalnya, ketika menonton Jennie BLACKPINK ganti baju di panggung, Fina berakhir menuliskan artikel trivia dengan kasus serupa.

Namun, Fina juga masih pengin mengeksplorasi artikel lainnya, terlebih tentang Humor. Mendapat insight dari teman-teman Community Writer, artikel tema ini punya views yang sangat bagus. Hanya saja, Fina masih merasa kesulitan untuk mencari gambarnya.

4. Meski sempat ditolak, Fina tetap gigih untuk mengirimkan artikelnya  

Fina Efendi, Memulai Menulis untuk Mengapresiasi Sang Idola  Fina Efendi, Millennial of The Month IDN Times Community Oktober 2021 (dok. pribadi/Fina Efendi)

Banyak artikel karya Fina yang pageviews-nya menembus puluhan ribu. Namun, semua itu tak didapatkannya secara instan. Ketika awal bergabung, banyak artikelnya yang mengendap di kolom pending. Tak disangkal, hal itu membuatnya sedih.

"Saat itu aku merasa pengin berhenti menulis saja rasanya. Aku sempat bingung banget, tapi untungnya banyak teman-teman sesama Community Writer yang memberikan aku saran. Dari situ aku akhirnya introspeksi diri," ujar Fina.

Setelah akhirnya bangkit dari rasa sedih, Fina malah lebih bersyukur atas kesabaran para editor IDN Times Community yang selalu memberikan revisi berulang kali agar artikelnya selalu berkembang dari segala aspek.

Meski selalu gigih mengirimkan artikel ke meja redaksi, bukan berarti Fina gak pernah mengalami kebuntuan saat menulis, lho. Ketika writer's block melanda, cewek pencinta drama ini memilih untuk santai sejenak dan melakukan hal yang disukai.

Menurutnya, bermalas-malasan sejenak di sela-sela menulis juga diperlukan, lho. Sebab, pada akhirnya Fina akan kembali menulis karena hal tersebut sudah menjadi kebiasaan yang pasti dirindukan.

5. Bagi Fina, riset jadi jalan ninja menghasilkan artikel berkualitas  

Fina Efendi, Memulai Menulis untuk Mengapresiasi Sang Idola  Fina Efendi, Millennial of The Month IDN Times Community Oktober 2021 (dok. pribadi/Fina Efendi)

Semua orang memiliki caranya sendiri untuk menjadikan tulisannya berkualitas. Tak terkecuali Fina. Cewek yang juga suka anime ini membiasakan diri untuk selalu riset demi menghasilkan tulisan yang baik dan berkualitas.

Walau menurutnya riset cukup sulit untuk dilakukan, Fina pantang menyerah untuk terus menerapkan cara tersebut. Sebab, menurutnya, melalui riset itulah ia mampu mempelajari banyak hal yang belum ia ketahui sebelumnya.

"Riset memang sulit, apalagi kalau harus mencari referensi dari berbagai artikel luar negeri. Memang sudah terbiasa, tetapi tetap saja masih aku anggap sulit," tuturnya.

Fina berharap, riset yang ia terapkan dalam setiap artikelnya ini juga bisa dilakukan oleh penulis lainnya. Menurutnya, dengan tidak malas melakukan riset, para penulis dapat memberikan banyak informasi kepada pembaca.

"Aku coba menempatkan diri sebagai pembaca, sih. Kalau aku jadi mereka, tentu aku bakal lebih senang menemukan artikel dengan informasi lengkap dan menjawab rasa penasaranku," kata Fina saat menutup sesi bincangnya.

Fina Efendi dapat menjadi salah satu contoh baik untuk memulai menulis. Berbeda dari kebanyakan orang, cewek asal Makassar ini menjadikan menulis sebagai kesempatannya mengapresiasi sang idola. Wah, sungguh menginspirasi, ya!

Baca Juga: Dari Korespondensi, Yuli Prihatini Aktif Menulis tentang Thailand

IDN Times Community Photo Verified Writer IDN Times Community

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ernia Karina

Berita Terkini Lainnya