Comscore Tracker

Bertahan dan Lawan Kemalasan, Maka Impianmu Bisa Diraih 

Sundewi Oka, Millennial of the Month Desember 2020 

Dalam menjalani kehidupan, tentu manusia tidak bisa lepas dari hambatan. Baik dalam skala kecil maupun besar, hambatan selalu datang untuk memberikan pelajaran yang bermanfaat bagi proses pendewasaan manusia. Hal tersebut nampaknya disadari betul oleh Suandewi Oka, community writer yang terpilih menjadi Millennial of the Month di bulan Desember 2020 ini.

Suandewi Oka yang berasal dari Bali ini selalu melihat bahwa setiap hambatan yang datang, dia jadikan sebagai alat untuk mengembangkan dirinya. Termasuk saat artikelnya tidak kunjung terbit atau saat dia mendapatkan revisi dari editor di IDN Times community

Lantas, seperti apa kisah unik Suandewi Oka dalam menjadi community writer di IDN Times community hingga menjadi Millennial of the Month bulan Desember 2020? Simak yuk!

1. Hobi membaca jadi awal berkenalan dengan IDN Times Community

Bertahan dan Lawan Kemalasan, Maka Impianmu Bisa Diraih Dok.Pribadi/Suandewi Oka

Gadis manis bernama lengkap Ni Putu Suandewi Oka ini bercerita bahwa awal dia berkenalan dengan IDN Times Community bermula dari kebiasaannya yang lebih suka membaca artikel melalui aplikasi daripada web. Alasannya web sebuah portal berita terkadang terlalu berat dengan banyaknya iklan yang ada.

Kemudian secara tak sengaja di pertengahan tahun 2017, dia menemukan aplikasi IDN Times. Berbeda dengan aplikasi kebanyakan, menurut Suandewi Oka, aplikasi IDN Times menyuguhkan banyak artikel inspiratif dengan gaya bahasa yang ringan dan enak untuk dibaca.

"Tentunya minim iklan yang mengganggu"

Setelah beberapa bulan hanya menjadi pembaca, di bulan Januari tahun 2018, Suandewi Oka memberanikan diri untuk mengirimkan tulisan. Tak disangka, hanya dalam waktu 3 hari, artikel pertamanya yang berjudul "7 Daftar Drama Korea Bertemakan Musik yang Inspiratif Banget" pun berhasil terbit.

2. Usaha tidak akan mengkhianati hasil 

Bertahan dan Lawan Kemalasan, Maka Impianmu Bisa Diraih Dok.Pribadi/Suandewi Oka

Berbekal kepercayaan diri dari terbitnya artikel yang pertama, selanjutnya Suandewi Oka mengirimkan artikel yang kedua. Namun sayang, artikel keduanya tak kunjung terbit. Suandewi Oka menjelaskan bahwa dia belum memperhatikan dengan benar ketentuan menulis di IDN Times Community. Dia juga masih kebingungan dengan fitur menulis yang ada di aplikasi IDN Times. Alhasil tulisannya pun masih berantakan.

Dia mengaku bahwa hal tersebut membuatnya patah semangat dan membuatnya berhenti untuk mengirimkan artikel. "Saya memutuskan berhenti mengirim artikel dan kembali hanya menjadi pembaca," tambahnya.

Namun jiwa menulis yang ada dalam diri Suandewi Oka tetap tak bisa dibendung. Perlahan dia menata kembali semangat menulisnya, memperhatikan dengan benar ketentuan menulis di IDN Times Community, serta yang terpenting adalah membaca dengan seksama revisi yang diberikan oleh editor. Alhasil artikel Suandewi Oka selanjutnya yakni "5 KDrama Populer Ini Ternyata Diadaptasi dari Webtoon, Ceritanya Keren" berhasil terbit di tanggal 19 Juni 2019.

Lambat laun, kegigihan Suandewi Oka dalam menulis pun membuahkan hasil. Contohnya adalah artikelnya yang berjudul "7 Daftar Drama Korea Bertemakan Musik yang Inspiratif Banget" mendapatkan views tertinggi di antara artikel lain yang ditulisnya yaitu 27093. Selain itu, insentif yang dia terima dari hasil menulis pun dirasa lumayan untuk membantunya memenuhi kebutuhan sehari-hari.

3. Jangan menyerah dengan rasa malas yang muncul  

Bertahan dan Lawan Kemalasan, Maka Impianmu Bisa Diraih Dok.Pribadi/Suandewi Oka

Setelah melalui drama tulisan yang tidak kunjung terbit, Suandewi Oka yakin bahwa jika kita memiliki kemauan maka pasti akan ada jalan untuk melawannya. Termasuk rasa malas untuk menulis yang biasanya hinggap dalam diri penulis.

"Sama seperti kebanyakan penulis, saya juga salah satu orang yang selalu resah jika artikel terlalu lama di kolom pending. Namun ketika muncul rasa malas saat artikel belum dilirik, saya gak berhenti. Saya melakukan hal yang dapat menghibur terlebih dulu salah satunya menonton drama dan membaca artikel dari penulis lain, " ungkap Suandewi Oka saat ditanya tips ketika rasa malas untuk menulis datang.

Selain itu, dia menambahkan bahwa sangatlah penting bagi kita untuk menulis hal yang disukai atau menjadi favorit. Sebab tentunya kita tidak akan mudah merasa bosan dengan hal yang kita sukai, termasuk dengan topik tulisan.

Baca Juga: 10 Langkah demi Langkah Bikin Artikel di IDN Times Community

4. Percayalah dengan potensi diri sendiri  

Bertahan dan Lawan Kemalasan, Maka Impianmu Bisa Diraih Dok.Pribadi/Suandewi Oka

Selain tips menulis, Suandewi Oka pun memiliki tips menarik lain berkaitan dengan generasi millennial. Dia menilai bahwa selain harus memiliki sifat gigih, kita pun wajib menanamkan kepercayaan diri.

Suandewi Oka berpendapat kalau saat ini banyak anak muda yang mudah merasa minder, terutama saat melihat pencapaian orang lain di media sosial. Memang hal ini tidaklah mudah. Namun saat kita terus-menerus merasa minder dan melihat diri dengan negatif, tentu kita tidak akan terus-menerus berkubang dalam keadaan yang tidak menyenangkan dan tidak bisa membuat diri kita maju. Maka melawan rasa minder menjadi satu-satunya jalan untuk mengembangkan potensi diri yang ada.

"Setiap orang memiliki bakat berbeda, jika merasa kurang kurang yakin dengan bakat yang dimiliki maka cobalah melakukan hal yang disukai. Contohnya jika suka menulis, maka cobalah untuk menulis tentang hal yang disukai terlebih dahulu. Tidak menutup kemungkinan dengan tulisan yang dibaca orang lain nanti, rasa bangga terhadap diri sendiri akan muncul."

5. Jangan menyerah dengan keadaan sulit 

Bertahan dan Lawan Kemalasan, Maka Impianmu Bisa Diraih Dok.Pribadi/Suandewi Oka

Suandewi Oka merupakan bukti bahwa saat hal buruk datang dalam hidup, kita harus belajar untuk menerimanya. Kita harus berhenti untuk merasa marah terhadap hal tersebut. Sebab dari keadaan sulit tersebut, kita akan belajar bagaimana untuk berkembang sehingga bisa melanjutkan hidup sesuai dengan alurnya.

"Sama halnya dalam menulis. Mendapat revisi, artikel yang terus berada di kolom pending, dan bahkan ditolak pada nyatanya memang kurang menyenangkan. Namun seiring berjalannya waktu kita akan mengerti jika hal tersebut yang akan membuat kita berkembang."

Hal buruk dalam hidup memang tidak bisa dihindari datangnya. Namun tetap saja kita tidak boleh menyerah pada keadaan. Bertahan dan perlahan menata semangat untuk meraih impian adalah hal yang bisa kita lakukan.

Baca Juga: Harus Tahu! Ini 8 Kelebihan jika Kamu Bergabung di IDN Times Community

IDN Times Community Photo Verified Writer IDN Times Community

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ernia Karina

Berita Terkini Lainnya