Comscore Tracker

Cocok Buat Kolak, Ini 5 Tips Menghilangkan Bau Kolang Kaling

#RamadanMasaKini buka puasa jadi lebih nikmat kan?

Selain timun suri dan es buah, makanan yang biasa identik dengan bulan puasa adalah kolang-kaling. Biasa dimasak sebagai salah satu campuran kolak, kolang-kaling yang bertekstur legit memang bisa memberikan sensasi rasa yang lezat saat disantap ketika buka puasa. Namun, karena kolang-kaling mentah memiliki aroma khas yang menyengat, diperlukan beberapa trik khusus agar bau tersebut hilang sebelum dimasak dan dikonsumsi.

Berikut ini beberapa trik dan tips tentang bagaimana cara menghilangkan bau tak sedap pada kolang-kaling mentah.

1. Cuci kolang kaling berkali-kali hingga lendirnya hilang

Cocok Buat Kolak, Ini 5 Tips Menghilangkan Bau Kolang Kalingresepkoki.id

Saat baru dibeli, kolang-kaling biasanya agak berlendir dan mengeluarkan aroma tak sedap di permukaannya. Trik pertama yaitu dengan cara mencucinya hingga bersih beberapa kali sampai aroma tak sedapnya benar-benar hilang. Cara mencucinya dengan cara membersihkannya di air yang mengalir sehingga kotoran akan ikut terbawa bersama sisa bekas cuciannya.

2. Rebus kolang kaling hingga mendidih lalu buang air rebusannya

Cocok Buat Kolak, Ini 5 Tips Menghilangkan Bau Kolang Kalinghellosehat.com

Setelah dicuci bersih, jika aroma tak sedap masih tercium, rebus kolang-kaling dalam air mendidih selama beberapa menit. Setelah direbus, buang air rebusannya dan rebus kembali dengan api sedang. Setelah aromanya sudah tidak tercium, kamu bisa menggunakannya langsung sebagai campuran kolak untuk buka puasa.

3. Rendam dalam air cucian beras selama 1 sampai 1,5 jam

Cocok Buat Kolak, Ini 5 Tips Menghilangkan Bau Kolang KalingTokopedia.com

Agar mendapatkan tekstur kolang-kaling yang kenyal dan menghilangkan aroma tak sedapnya, rendam kolang-kaling dalam air cucian beras selama 1 hingga 1,5 jam. Air beras dipercaya bisa menetralisir aroma tak sedap kolang-kaling yang baru dibeli di pasar atau warung. Setelah direndam, bersihkan lalu siap untuk dimasak menjadi olahan yang diinginkan.

Baca Juga: 5 Resep Es Khas Indonesia, Segarnya Cocok untuk Berbuka Puasa

4. Rendam dengan air kelapa selama setengah jam

Cocok Buat Kolak, Ini 5 Tips Menghilangkan Bau Kolang Kalingsumbermanfaat.com

Selain dengan menggunakan air cucian beras, kamu juga bisa menggunakan air kelapa agar bau tak sedap kolang-kaling bisa segera hilang. Cukup rendam kolang-kaling dalam air kelapa hingga benar-benar terendam dalam waktu kurang lebih setengah jam. Dijamin, kolang-kaling hasil rendaman di air kelapa akan nikmat disantap saat sudah menjadi kolak.

5. Rebus bersama daun pandan

Cocok Buat Kolak, Ini 5 Tips Menghilangkan Bau Kolang Kalingacehimage.com

Selain sebagai penambah aroma pada makanan, daun pandan juga bisa digunakan untuk menghilangkan aroma tak sedap kolang-kaling, lho. Setelah dicuci bersih, campur kolang-kaling bersama bahan kolak lainnya dalam satu wadah. Jangan lupa tambahkan daun pandan agar aroma kolang-kaling bisa terserap dan berubah menjadi aroma harum yang menggoda. Yakin, kolak kolang-kaling yang kamu santap akan membuat acara buka puasamu

Jadi mulai sekarang sudah tidak bingung lagi kan saat kamu mencium aroma tak sedap kolang-kaling saat akan dimasak menjadi kolak. Dijamin bikin acara buka puasamu menjadi lebih mantap!

Baca Juga: [LINIMASA] Fakta dan Data Arus Mudik Lebaran 2019

Iip Afifullah Photo Verified Writer Iip Afifullah

Someone

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Just For You