Comscore Tracker

Selain Baca Berita, Ini Trik Jitu Gali Inspirasi Saat Mentok Cari Ide

Jangan langsung nyerah ya?

Seorang penulis (baik amatir atau profesional) biasanya memiliki segudang ide untuk diabadikan menjadi sebuah tulisan. Mereka bisa dengan mudah menggoyang-goyangkan jemari mereka di atas tuts komputer merangkai kata demi kata hingga kalimat. Namun, ada saat-saat di mana penulis akan kehilangan ide-ide tulisan karena berbagai sebab dan alasan.

Jangankan menulis satu halaman, satu pragraf atau bahkan satu kalimat pun tak mampu mereka lakukan jika sudah mengalami writer’s block. Jika sudah demikian, mereka biasanya akan kehilangan mood menulis selama beberapa waktu hingga inspirasi kembali masuk dalam pikiran mereka.

Selain membaca berita, berikut ini beberapa trik jitu agar ide tulisan kamu datang tiba-tiba tanpa perlu harus repot-repot memikirkannya berhari-hari;

1. Jadilah ‘pencuri’ obrolan orang-orang di sekitarmu

Selain Baca Berita, Ini Trik Jitu Gali Inspirasi Saat Mentok Cari IdePixabay.com/Free-Photos

Saat berada di sekolah atau tempat kerja, coba pasang dua telinga kamu lebar-lebar saat teman-temanmu sedang ngobrol. Apa yang mereka bahas biasanya merupakan hal baru bagimu dan bisa kamu jadikan ide tulisan. Satu kata yang keluar dari mulut-mulut mereka bisa kamu kembangkan menjadi sebuah ide tulisan yang menarik.

Contoh; saat mereka membahas isu selingkuh, kamu bisa jadikan topik tersebut dengan judul ‘Jangan Bodoh, Ini 10 Alasan Mengapa Selingkuh Bisa Bikin Pikiranmu Gak Tenang’. Atau bisa juga ‘8 Gelagat Cowok Ini Bisa Menandakan Bahwa Mereka Sedang Selingkuh’. Terserah, semua tergantung daya kreativitasmu, gengs!

2. Tulis secara bebas segala hal secara bebas tentang kesukaan pribadi

Selain Baca Berita, Ini Trik Jitu Gali Inspirasi Saat Mentok Cari IdePixabay.com/cuncon

Disebut dengan istilah ‘freewriting’, tulislah dengan bebas tulisan dengan tema yang kamu sukai. Lupakan dulu teknik penulisan, gaya bahasa, potensi viral, diksi, dan menulislah sebebas-bebasnya tanpa ada batasan apapun. Dengan melakukan freewriting, kamu akan merasakan pikiranmu kembali cemerlang dan bisa dengan mudah menemukan ide-ide baru dalam menulis di kemudian hari.

3. Kepoin akun media sosial teman-teman dan para pesohor

Selain Baca Berita, Ini Trik Jitu Gali Inspirasi Saat Mentok Cari IdePixabay.com/SnapwireSnaps

Psst, ngepoin akun medsos teman-teman kamu bukan berarti kamu bisa disebut sebagai ‘stalker’, lho. Coba deh sekali-kali buka beranda atau timeline media sosial teman-teman kamu dan lihat apa yang mereka tuliskan sebagai sebuah postingan.

Postingan orang lain biasanya datang dari dalam hati si pembuatnya dan biasanya juga tidak terpikirkan oleh kamu selama ini. Ambil inti dari postingan mereka dan buat menjadi ide utama tulisanmu nanti.

4. Main ke perpustakaan atau toko buku

Selain Baca Berita, Ini Trik Jitu Gali Inspirasi Saat Mentok Cari IdePixabay.com/memyselfaneye

Jika ada waktu, pergilah ke perpustakaan atau toko buku dan lihat buku-buku yang dipajang di rak utama yang biasanya merupakan buku best-seller. Bagi seorang penulis, memiliki buku yang dipajang di rak depan toko buku atau perpustakaan merupakan kepuasan paling membahagiakan.

Ketika melihat deretan buku-buku di rak, hasrat menulis kamu biasanya akan mencuat dan otomatis ide-ide akan bermunculan dalam otak dan benak.

Baca Juga: 5 Hal yang Sering Dirasakan Ketika Pertama Kali Menulis Artikel

5. Tidur merem-merem ayam

Selain Baca Berita, Ini Trik Jitu Gali Inspirasi Saat Mentok Cari IdePixabay.com/cuncon

Saat otak dan kaki berada dalam posisi sejajar, biasanya pikiran akan terasa lebih rileks dan tenang. Ketika kamu mentok cari ide tulisan, coba berbaring sejenak dan pejamkan mata setengah-setengah (biasa disebut dengan merem-merem ayam).

Ketika mata terpejam tapi kamu tidak tidur, biasanya akan ada bayangan-bayangan ide tulisan yang berseliweran di dalam pikiran. Segera tangkap bayangan ide tulisan tersebut dan buat menjadi tulisan utuh di kemudian hari.

6. Nonton film dan dengarkan musik tanpa harus berniat cari ide

Selain Baca Berita, Ini Trik Jitu Gali Inspirasi Saat Mentok Cari IdePixabay.com/PourquoiPas

Bebaskan dulu pikiran dan lupakan mencari ide tulisan dengan menonton film atau mendengarkan musik. Ketika melihat adegan demi adegan film dan kamu masuk dalam ceritanya, kamu pasti juga akan memiliki ide tulisan yang lebih baik dari cerita yang kamu tonton. Jika dalam film kamu merasakan ada kisah yang menurutmu tak masuk akal, maka kamu bisa merubah ide tulisan menurut versimu meski dengan tema yang sama.

7. Masuk kamar mandi

Selain Baca Berita, Ini Trik Jitu Gali Inspirasi Saat Mentok Cari IdePixabay.com/Pexels

Eh, ini bukan lelucon lho. Saat berada di kamar mandi dan ‘nongkrong’, ada waktu-waktu berharga dimana kamu biasanya menggunakannya dengan melamun. Nah, kegiatan melamun tersebut bisa kamu ganti dengan mengingat kejadian-kejadian seharian di sekolah, kampus atau kantor. Yakin deh, pasti ada satu-dua ide yang biasanya nemplok di dalam pikiran dan menjadi bahan tulisan yang menarik.

8. Jangan memaksakan diri, rehat sejenak dari kegiatan tulis menulis

Selain Baca Berita, Ini Trik Jitu Gali Inspirasi Saat Mentok Cari IdeInstagram.com/sorayahaque

Saat kamu merasa sudah stres karena memikirkan ide tulisan yang akan kamu buat, jangan paksakan diri untuk menulis. Istirahat sejenak dan lupakan kegiatan menulismu hingga kamu benar-benar merasa pikiranmu segar dan tenang. Lakukan kegiatan-kegiatan selain menulis dan buat harimu benar-benar terasa nyaman. Saat pikiran tenang, maka ide-ide baru biasanya akan mengalir dengan deras dan mencuatkan kembali semangatmu untuk menulis.

Aih, kenapa masih bengong? Buka laptop dan segeralah menulis dengan penuh semangat. Ingat, menulis adalah salah satu cara agar nama kamu tetap abadi!

Baca Juga: Catat! Ini 9 Tips Jitu Biar Kamu Konsisten Menulis Tiap Hari

Iip Afifullah Photo Verified Writer Iip Afifullah

Someone

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You