Comscore Tracker

5 Hal yang Harus Kamu Lalui agar Menjadi Pribadi yang Sabar dan Ikhlas

#IDNTimesLife Gak mudah, tapi harus dicoba

Menjadi orang yang sabar dan ikhlas memang gak mudah. Namun demi kebaikanmu sendiri, sebaiknya kamu terus mencobanya. Karena, ada banyak manfaat yang dapat kamu ambil jika memiliki kedua sifat itu. 

Salah satunya hatimu akan menjadi lebih tenteram serta dekat dengan Tuhan. Untuk itu, cobalah lakukan hal-hal di bawah ini agar kamu menjadi lebih ikhlas dan sabar ketika menghadapi persoalan tertentu. 

1. Banyak bersyukur dan selalu berpikiran positif

5 Hal yang Harus Kamu Lalui agar Menjadi Pribadi yang Sabar dan IkhlasUnsplash.com/Allef Vinicius

Selalu berpikiran positif dan banyak-banyaklah bersyukur agar hidupmu menjadi lebih tenang. Kedua hal ini merupakan modal utama orang yang sabar dan ikhlas. Kalau kamu gak sanggup melakukannya, kemungkinan kamu akan sulit menuju jalan keikhlasan dan kesabaran lainnya.

2. Gak pernah mengeluh, apalagi menyalahkan orang lain

5 Hal yang Harus Kamu Lalui agar Menjadi Pribadi yang Sabar dan IkhlasPexels.com/Jure Siric

Kebiasaan mengeluh dapat memancarkan energi negatif dari dalam dirimu. Apalagi kalau suka menyalahkan orang lain, kamu akan semakin kesulitan menjadi sosok yang ikhlas dan sabar. Untuk itu, mulailah belajar untuk menghadapi setiap permasalahan dengan lapang dada agar kamu gak mudah mengeluh atau melemparkan kesalahan ke pihak lain.

3. Melihat masalah sebagai bahan renungan dan pembelajaran

5 Hal yang Harus Kamu Lalui agar Menjadi Pribadi yang Sabar dan IkhlasPexels.com/Juan Pablo Arenas

Persoalan ada untuk dihadapi, bukan diratapi. Lebih dari itu, kamu juga dapat menjadikan masalah sebagai bahan pembelajaran agar tak mengulanginya lagi. Orang-orang sabar dan ikhlas biasanya telah melewati tahap ini. Mereka pun mampu mengambil hikmah dari setiap problematika kehidupan yang ada.

Baca Juga: Harap Sabar! 5 Zodiak Ini Punya Karier Bermasalah Desember 2020

4. Berlapang dada dan mudah memaafkan kesalahan orang lain

5 Hal yang Harus Kamu Lalui agar Menjadi Pribadi yang Sabar dan IkhlasUnsplash.com/Candice Picard

Orang-orang yang memiliki sifat lapang dada biasanya mudah memaafkan kesalahan orang yang telah menyakitinya. Bisakah kamu melakukannya? Jika iya, kemungkinan kamu akan mudah menjadi pribadi yang pemaaf, sabar, dan ikhlas. Alhasil, hatimu pun jadi lebih damai dan gak mudah goyah. 

5. Percaya bahwa segala sesuatu di dunia ini hanyalah titipan Tuhan

5 Hal yang Harus Kamu Lalui agar Menjadi Pribadi yang Sabar dan IkhlasPexels.com/Pixabay

Orang yang memiliki sifat sabar dan ikhlas percaya bahwa apa-apa yang dimilikinya hanyalah titipan Tuhan. Sehingga ketika ada orang yang berusaha mencurangi, kamu tetap bersikap tenang dan gak gampang marah. Kamu yakin Tuhan akan mengganti kerugianmu itu dengan sesuatu yang lebih baik apabila mau ikhlas dan bersabar.

Bagaimana? Apakah kamu sudah siap menerapkan kebaikan-kebaikan di atas? Semoga kamu berhasil menjadi pribadi yang sabar dan ikhlas, ya. Selamat mencoba!

Baca Juga: Sabar Dulu, Ini 5 Trik Sukses Jalani Hubungan dengan Dia Si Workaholic

Iis E. Photo Verified Writer Iis E.

A full-time mother and part-time writer.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Abigail Putra

Berita Terkini Lainnya