Comscore Tracker

5 Trik Agar Gajimu Gak Gampang Habis di Awal Bulan, Bisa Nabung!

Biar gak gagal nabung terus

Apakah kamu sering mengalami kehabisan gaji di awal atau pertengahan bulan? Jika iya, kamu perlu mengatur ulang keuanganmu biar gak gampang kebobolan lagi.

Kalau tidak, mungkin kehidupan finansialmu akan semakin berantakan. Bagaimana caranya? Yuk, simak beberapa tips di bawah ini biar gajimu gak cepat habis saat awal bulan dan tetap bisa menabung.

1. Buat skema pengeluaran bulanan

5 Trik Agar Gajimu Gak Gampang Habis di Awal Bulan, Bisa Nabung!ilustrasi membuat rencana pengeluaran(pexels.com/Anna Tarazevich)

Buatlah perencanaan keuangan bulanan biar pengeluaranmu tergambar dengan jelas. Tentukan berapa besaran uang yang akan kamu alokasikan untuk makan, transportasi, hiburan, tabungan, dan sebagainya.

Misalnya 30 persen gaji kamu keluarkan untuk makan, 20 persen bayar cicilan, 10 persen belanja bulanan, 10 persen buat pulsa dan listrik, 10 persen hiburan, 10 persen tabungan, lalu sisanya buat keperluan mendesak. Dengan begitu, gajimu gak akan mudah habis karena tahu dialokasikan untuk apa.

2. Belilah kebutuhan berdasarkan prioritas

5 Trik Agar Gajimu Gak Gampang Habis di Awal Bulan, Bisa Nabung!ilustrasi berbelanja (pexels.com/Anna Shvets)

Mentang-mentang gajian, jangan sampai kamu kalap dengan membeli barang-barang yang gak terlalu dibutuhkan. Meski ada diskon, tetap tahanlah dirimu untuk tidak membelinya.

Kamu harus bisa membedakan antara keinginan dan benar-benar butuh. Jika hanya sekadar ingin, alangkah baiknya kamu mengurungkan niat untuk membeli barang tersebut.

Baca Juga: 5 Ciri Kamu Belum Cakap Mengatur Finansial, Lebih Teliti, yuk!

3. Batasi cicilan dan pinjaman

5 Trik Agar Gajimu Gak Gampang Habis di Awal Bulan, Bisa Nabung!ilustrasi meminjam uang (pexels.com/Karolina Grabowska)

Walau bergaji besar, kamu wajib mengontrol kredit maupun pinjamanmu. Jika tidak, mungkin gajimu akan habis hanya untuk membayar cicilan bulanan dan hidupmu pun akan kesusahan.

Persentase ideal yang dapat kamu alokasikan untuk ini yakni maksimal 30 persen dari keseluruhan gaji. Selebihnya dapat kamu tabung dan membeli keperluan sehari-hari.

4. Mewajibkan diri menabung atau berinvestasi

5 Trik Agar Gajimu Gak Gampang Habis di Awal Bulan, Bisa Nabung!ilustrasi menabung (pexels.com/maitreerimthong)

Terkadang, kamu perlu memaksakan diri menyisihkan sebagian gajimu buat ditabung. Caranya adalah dengan mengambil langsung sebagian penghasilan saat pertama kali menerimanya.

Selain menabung, kamu juga bisa menginvestasikan sekian gajimu. Misalnya untuk membeli emas, membangun usaha, mencicil rumah, dan sebagainya.

5. Terapkanlah hidup sederhana

5 Trik Agar Gajimu Gak Gampang Habis di Awal Bulan, Bisa Nabung!ilustrasi hidup santai (pexels.com/Artem Beliaikin)

Gaya hidup tinggi barangkali juga menjadi penyebab habisnya gajimu selama ini. Semisal untuk membeli pakaian mahal, makan di restoran, traveling, dan hangout bareng teman.

Kalau gak bisa mengontrol, uangmu bisa habis di awal bulan untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Dirimu sendirilah yang bisa mengurangi, lalu mengubahnya menjadi gaya hidup yang lebih sederhana.

Well, meski gak gampang, alangkah baiknya kamu mulai menerapkan tips di atas agar pengeluaranmu bisa tertata dengan baik. Dengan begitu, gajimu gak hanya numpang lewat dan gak meninggalkan jejak apapun.

Baca Juga: 5 Perilaku Selingkuh Keuangan dari Pasangan, Bisa Bikin Bangkrut!

Iis E. Photo Verified Writer Iis E.

A full-time mother and part-time writer.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya