Comscore Tracker

5 Sedekah Simple Ini Bisa Buatmu Lebih Bersyukur, Penuh Berkah!

Coba praktikkan, deh #IDNTimesLife

Sedekah dikenal sebagai suatu amalan perbuatan mulia yang sederhana tapi memiliki manfaat yang besar. Sedekah bahkan diibaratkan layaknya air yang memadamkan api. Tentu saja bila dipikir kembali, rasanya setelah bersedekah dengan niat ikhlas hati kita akan terasa damai dan sejuk, ya.

Nah, lima sedekah sederhana ini bisa banget membantumu untuk lebih mensyukuri hidup. Langsung simak di sini, yuk!

1. Berbagi makanan di hari Jumat berkah

5 Sedekah Simple Ini Bisa Buatmu Lebih Bersyukur, Penuh Berkah!Ilustrasi berbagi makanan (pexels.com/RODNAE Productions)

Bagi umat muslim, hari Jumat dikenal sebagai hari yang penuh dengan keberkahan. Bahkan di hari itu, amalan baik yang dilaksanakan akan dilipatgandakan pahalanya. Apalagi jika hari itu kamu gunakan untuk beramal sedekah.

Jika ada rezeki, kamu bisa bisa mencoba berbagi makanan, semisal saja nasi kotak. Bagikan kepada pengemis di jalan ataupun tukang becak yang sedang sepi penumpang. Siapapun orangnya, pastikan mereka yang lebih berhak mendapatkan sedekahmu itu.

2. Sedekah di waktu subuh

5 Sedekah Simple Ini Bisa Buatmu Lebih Bersyukur, Penuh Berkah!Ilustrasi mengumpulkan uang (pexels.com/Tima Miroshnichenko)

Mungkin beberapa diantara kalian sudah tak asing lagi dengan istilah sedekah subuh ini. Waktu subuh adalah waktu yang penuh berkah untuk orang yang bersedekah. Di waktu subuh akan ada malaikat yang diturunkan untuk mendo'akan orang yang bersedekah di kala subuh. 

Tak harus banyak, keluarkan sedekah semampumu asal dengan niat hati yang ikhlas. Atau mungkin kamu juga bisa menyisihkan dua ribu rupiah setiap harinya dan hasilnya bisa kamu sedekahkan pada hari Jumat.

Baca Juga: Dahsyatnya Sedekah Subuh Kabulkan Semua Hajat Ala Syekh Ali Jaber 

3. Sediakan uang kecil dan air mineral di tas

5 Sedekah Simple Ini Bisa Buatmu Lebih Bersyukur, Penuh Berkah!Ilustrasi pengamen (pexels.com/MART PRODUCTION)

Terlihat sederhana namun jarang ada yang menerapkannya. Dan pastinya kamu pernah merasakan momen canggung disaat ada pengemis atau pengamen yang menghampirimu, namun kamu tidak punya sesuatu untuk diberikan. 

Untuk itu, ada baiknya jika kamu mempersiapkan kedua hal sepele tadi ke dalam tasmu sebelum keluar rumah. Karena tentu kita tidak tahu kapan kita akan bertemu orang-orang yang membutuhkan.

4. Berbagi makanan kepada kucing jalanan

5 Sedekah Simple Ini Bisa Buatmu Lebih Bersyukur, Penuh Berkah!Ilustrasi memberi makan kucing (unsplash.com/guslin_alfikrah)

Daripada hanya menatap kasihan kepada kucing liar di jalanan, mengapa tak coba saja siap sedia makanan untuknya di tas. Dan saat bertemu dengannya, sempatkan waktu untuk memberinya sedikit makanan.

Tak hanya kepada sesama manusia, sedekah kepada setiap yang bernyawa ada balasannya, kok. Jika orang lain memperlakukan kucing jalanan dengan buruk, maka kamu harus menjadi salah satu orang yang berbuat baik kepadanya.

5. Sedekah yang lebih utama adalah dengan keluarga

5 Sedekah Simple Ini Bisa Buatmu Lebih Bersyukur, Penuh Berkah!Ilustrasi keluarga (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Sebelum memantapkan hati untuk berbagi dengan orang lain, alangkah baiknya jika berbagi dengan keluarga menjadi fokus utamamu. Tentunya keluarga harus menjadi yang utama jika kondisi keluargamu sendiri belum tercukupi. 

Tetap bersedekah kepada orang lain memang boleh, namun jangan sampai kamu lupa untuk berbagi dengan orang terdekatmu entah tetangga atau sanak saudara, terutama keluargamu.

Bersedekah tentu tidak harus dilakukan oleh orang dengan harta berlimpah saja. Pastinya bersedekahlah karena kamu ingin, bukan karena terpaksa, ya.

Baca Juga: 8 Keistimewaan bagi Orang yang Rajin Bersedekah Menurut Islam

Angela Aini Photo Verified Writer Angela Aini

just an introvert

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya