Comscore Tracker

8 Keistimewaan bagi Orang yang Rajin Bersedekah Menurut Islam

Jadikan sedekah sebagai tabunganmu di akhirat kelak

Bagi seorang mungkin memberikan sesuatu atau bersedekah menjadi kebahagiaan tersendiri. Bersedekah juga tidak dipatok harus berapa banyak yang harus diberikan, tetapi keikhlasannyalah yang dinilai. Bahkan dalam ajaran Islam senyum pun bisa bernilai sedekah sebagaimana Rasulullah Saw bersabda:

            تَبَسُّمُكَ في وَجْهِ أَخِيكَ صَدَقَةٌ

"Senyummu di hadapan saudaramu (sesama muslim) adalah (bernilai) sedekah bagimu.“ (HR. At Tirmidzi)

Bersedekah tidak akan mengurangi harta yang kita miliki. Tetapi dengan bersedekah akan menambah dan membuka pintu rezeki, bahkan dengan bersedakah Allah Swt akan memangilnya melalui pintu khusus masuk surga-Nya kelak.

Selain membuka pintu rezeki hingga surga, berikut delapan di antaranya keistimewaan bersedekah bagi umat Islam, yuk simak ulasannya!

1. Bagi orang yang bersedekah Allah Swt akan melipatgandakan rezeki dan pahalanya

8 Keistimewaan bagi Orang yang Rajin Bersedekah Menurut IslamUnsplash.com/Sharon McCutcheon

Setiap manusia sudah dijamin rezekinya oleh Allah Swt. Agar harta yang dimiliki menjadi berkah sebaiknya digunakan dijalan kebenaran seperti bersedekah. Pahala ataupun rezeki orang yang bersedakah akan dilipatgandakan. Sebagaimana firman Allah Swt dalam Q.S Al Hadiid Ayat 18 yang artinya:

"Sesungguhnya orang-orang yang bersedekah baik laki-laki maupun perempuan dan meminjamkan kepada Allah pinjaman yang baik, niscaya akan dilipat-gandakan (ganjarannya) kepada mereka; dan bagi mereka pahala yang banyak.” 

Dengan firman Allah Swt semakin jelas bahwa bersedekah tidak akan mengurangi harta yang dimiliki melainkan Allah Swt akan melipatgandakan pahala maupun rezekinya. Karena begitu istimewanya bersedekah.

2. Orang yang bersedekah dosa-dosanya akan dihapuskan oleh Allah Swt

8 Keistimewaan bagi Orang yang Rajin Bersedekah Menurut IslamFreepik.com

Keutamaan ataupun keistimewaan bagi orang yang bersedekah dosanya akan dihapuskan oleh Allah Swt. Jika sedekah itu ikhlas dan dilakukan karena semata-mata Allah Swt, bukan niatan untuk pamer ataupun berniat untuk menghapus dosa-dosanya.

Menghapus dosa memang bisa dilakukan melalui bersedekah tetapi juga harus dibarengi dengan tobat kepada Allah Swt memohon ampunan. Sebagaimana Rasulullah Saw bersabda yang artinya:

“Sedekah dapat menghapus dosa sebagaimana air memadamkan api.” (HR. Tirmidzi)

Baca Juga: Wajib Tahu, Ini 9 Etika Bertamu yang Baik Menurut Islam

3. Salah satu penolong di hari kiamat adalah dengan bersedekah 

8 Keistimewaan bagi Orang yang Rajin Bersedekah Menurut Islamunsplash.com

Di hari kiamat kelak tidak ada satu orangpun yang bisa memberikan pertolongan kepada kita semuanya selain amal ibadah yang kita lakukan di dunia.

Tentunya amal yang dilakukan dengan ikhlas semata-mata karena Allah Swt. Salah satu amal ibadah yang bisa menjadi penolong di hari kiamat kelak adalah bersedekah. Sebagaimana Rasulullah Saw bersabda yang artinya:

“Sesungguhnya sedekah dapat memadamkan panasnya kubur bagi orang yang memberikan sedekah, dan sesungguhnya orang mukmin akan bernaung pada hari kiamat nanti di bawah naungan sedekahnya.” (HR. Tabbrani).

4. Bersedekah akan menjauhkan diri dari api neraka

8 Keistimewaan bagi Orang yang Rajin Bersedekah Menurut IslamUnsplash.com/Cullan Smith

Selain menyelamatkan di hari kiamat, bersedekah juga mampu menjadi sebab kita dijauhkan dari siksa api neraka yang sangat panas.

Sebagaimana Rasulullah Saw bersabda yang artinya:

“Jauhilah neraka walupun hanya dengan (sedekah) sebiji kurma, kalau kamu tidak menemukan sesuatu, maka dengan omongan yang baik.” (HR. Ahmad, Bukhari dan Muslim.)

Semakin jelas bahwa bersedekah menjadi amalan yang istimewa bagi mereka orang yang ikhlas bersedekah. Keistimewaannya pun tidak hanya diakhirat tetapi di dunia juga kita akan mendapatkan keistimewaan berupa rezeki yang berlipatganda.

5. Bersedekah menjadi obat dari segala macam penyakit

8 Keistimewaan bagi Orang yang Rajin Bersedekah Menurut IslamUnsplash.com/Christina Victoria Craft

Keutamaan dari sedekah berikutnya ialah mampu menjadi obat dari segala macam penyakit baik penyakit hati atau penyakit fisik lainnya. Penyakit hati seperti sifat iri, dengki, ria bahkan sombong bisa terobati dengan bersedakah atas seizin Allah Swt,  tentunya sedekah yang dilakukan dengan hati ikhlas dan penuh kesadaran bahwa segala sesuatunya adalah milik Allah Swt.

Sedekah sebagai obat dari segala penyakit telah disampaikan dalam riwayat hadis Abu daud, bahwa Rasulullah Saw bersabda yang artinya:

"Peliharalah harta bendamu dengan cara mengeluarkan zakat dan obatilah penyakitmu dengan sedekah. Dan hadapilah cobaan yang datang bertubi-tubi dengan do’a dan merendahkan diri kepada Allah.” (HR. Abu Daud)

6. Orang yang bersedekah akan diperpanjang umurnya

8 Keistimewaan bagi Orang yang Rajin Bersedekah Menurut IslamUnsplash.com/Artur Aldyrkhanov

Memang masalah umur sudah diatur oleh Allah Swt, kita tidak akan pernah tahu berapa batas usia kita hidup di dunia.

Tetapi salah satu keistimewaan ataupun keutamaan dalam bersedekah adalah memperpanjang umur bagi orang yang bersedekah. Sebagaimana Rasulullah Saw bersabda yang artinya:

“Sesungguhnya sedekah seorang muslim dapat menambah umurnya, dapat mencegah kematian yang su’ul khotimah, Allah akan menghilangkan sifat sombong, kefakiran dan sifat berbangga diri darinya.”(HR. Thabrani)

7. Pahala orang yang bersedekah jariyah tidak akan terputus, walaupun sudah meninggal dunia

8 Keistimewaan bagi Orang yang Rajin Bersedekah Menurut IslamUnsplash.com/Micheile Henderson

Saat kematian datang tidak ada yang bisa diharapkan lagi kecuali amal ibadah yang kita lakukan semasa hidup. Amal ibadah ada yang sifatnya hanya bernilai pahala pada saat itu saja dan ada juga yang bernilai pahala yang terus mengalir walaupun sudah meninggal dunia, seperti pohon yang terus tumbuh subur.

Salah satu amal ibadah yang pahalanya terus mengalir adalah bersedekah. Sebagaimana sabda Nabi Muhammad Saw yang artinya: 

"Apabila anak Adam meninggal dunia maka terputuslah amalnya kecuali tiga perkara yaitu sedekah jariyah, ilmu yang bermanfaat dan anak shaleh yang mendoakan kedua orang tuanya.” (HR. At-Tirmidzi)

8. Rezeki orang yang bersedekah tidak akan dikurangi oleh Allah Swt melainkan ditambah dan buka pintu rezekinya

8 Keistimewaan bagi Orang yang Rajin Bersedekah Menurut IslamUnsplash.com/Josh Appel

Rasulullah Saw bersabda yang artinya:

“Sedekah itu tidak akan mengurangi harta. Tidak ada orang yang memberi maaf kepada orang lain, melainkan Allah akan menambah kemuliaannya. Dan tidak ada orang yang merendahkan diri karena Allah, melainkan Allah akan mengangkat derajatnya.” (HR. Muslim)

Masalah rezeki, jodoh dan kematian sudah ditentukan oleh Allah Swt. Seberapa banyak rezeki yang akan kita terima juga sudah diatur dan dituliskan oleh Allah Swt. Harta benda yang kita miliki apabila dipergunakan di jalan Allah Swt salah satunya bersedekah tidak akan habis, justru akan terus bertambah sebagaimana hadis yang telah dituliskan di atas. Untuk itu jangan takut miskin hanya karena kita bersedekah.

Nah, itu dia di antaranya delapan keistimewaan bagi orang-orang yang bersedekah karena Allah Swt. Semakin banyak harta yang kita sedekahkan akan semakin bertambah pula harta kita. Sedekah tidak perlu banyak-banyak asalkan dilakukan dengan ikhlas dan konsisten akan menjadi nilai pahala untuk menghadap Allah Swt.

Ingat harta yang kita miliki akan dipertanggungjawabkan kelak diakhirat, untuk itu mari gunakan harta benda kita untuk amal-amal saleh di jalan Allah Swt.

Baca Juga: Cara Ini Membantumu Bersedekah Rutin Meski Gaji Pas-Pasan  

Nur Kholid Photo Verified Writer Nur Kholid

Mari berproses

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya