Comscore Tracker

5 Sebab Keputusan Tepat jadi Solusi Terbaik bagi Masa Depanmu Sendiri

Ingatlah, keputusan selalu ada di tanganmu!

Dihadapkan berbagai tantangan dalam menjalani persoalan hidup ini, banyak memakan keputusan-keputusan yang harus dipertimbangkan.

Adanya suatu keputusan yang secara spontan datang dari berbagai pihak antara masalah pribadi, rekan sesama seprofesi, rekan satu kuliah, dan lainnya. Setiap orang berbeda dalam mengambil keputusan versi mereka sendiri. 

Tidak ada yang bisa mengklaim seperti apa bentuk keputusan paling baik di antara beribu-ribu keputusan yang telah ditentukan oleh seseorang. Pahami, yuk, serangkaian lima sebab keputusan yang bisa jadi solusi terbaik bagi masa depanmu nantinya. Keep reading, ya!

1. Membuat keputusan dengan penuh pertimbangan secara independen

5 Sebab Keputusan Tepat jadi Solusi Terbaik bagi Masa Depanmu Sendiriilustrasi perempuan tersenyum manis (unsplash.com/christian ferrer)

Dalam mengambil suatu keputusan dengan cara menimbang-nimbang secara mandiri adalah hal yang cukup sulit sekaligus menjadi tantangan terbesar yang pernah kamu lakukan di hidupmu.

Mandiri juga berperan untuk memilih mana yang sekiranya dipertahankan dan yang tidak diperlukan, tapi jangan ceroboh saat berada di pilihan sulit, yang memang perlu pertimbangan dengan pemikiran lebih luas dalam menghadapi persoalan mengenai masa depan.

Entah itu yang kamu putuskan untuk memilih lanjut kuliah S1 ke S2, atau ingin serius menikah dengan pacarmu. Semua tergantung kamu dengan cara bagaimana pengambilan keputusan yang paling sesuai dengan karakter pribadimu.

2. Ingat bahwa kamu penentu masa depanmu sendiri

5 Sebab Keputusan Tepat jadi Solusi Terbaik bagi Masa Depanmu Sendiriilustrasi perempuan melirik dengan senang (unsplash.com/Brooke Cagle)

Untuk melangkah ke depan terkadang ada saja yang menerjang dan menghampiri tindakanmu. Seseorang bisa datang dan pergi hanya untuk memberikan saran yang menurutnya adalah yang pantas dan juga terbaik untukmu. 

Banyak orang-orang baik di sekitarmu yang memberikan dorongan tentang saran apa yang ada di pemikiran mereka, hal seperti inilah yang membuat kamu merasa kebingungan ingin berkata apa, ingin bertindak seperti apa dan sampai-sampai tidak tau maksud keinginanmu sebenarnya.

Saat berada di posisi ini hanya ada satu hal penentu masa depanmu sendiri yaitu kamu. Orang lain bebas memberikanmu saran, tapi bukan berarti kamu menuruti semua saran yang diberikan. Yang penting di sini adalah 'kamu' ingin seperti apa ke depannya, itu berarti tandanya hanya kamulah yang paling mengerti hidupmu sendiri.

Baca Juga: Refleksikan 5 Hal Ini Sebelum Mengambil Keputusan, Gak Ada Rasa Sesal!

3. Tidak ada yang salah dengan pengambilan keputusanmu

5 Sebab Keputusan Tepat jadi Solusi Terbaik bagi Masa Depanmu Sendiriilustrasi orang di dalam ruangan (unsplash.com/Jan Genge)

Keputusan tetaplah menjadi keputusan yang utuh, tidak ada yang salah dengan caramu mengambil keputusan yang berasal dari hasil perpaduan antara kata hatimu dan logikamu sendiri. Proses pengambilan keputusan tidak selalu langsung bisa terselesaikan seketika.

Perlu adanya kemantapan, kesungguhan, dan paling utama yakni, keberanianmu dalam memilih suatu keputusan yang sangat berharga bagimu. Dengan tekadmu yang penuh keyakinan, semangat dalam menggapai tujuanmu di balik itu semua, ada pengorbanan yang sudah kamu lalui bahkan sampai risiko terhadap pengambilan keputusan itu telah kamu pikirkan matang-matang. Jadi, semua yang menjadi life your choices tidak ada yang namanya salah ataupun dipersalahkan.

4. Menjadi hakmu sepenuhnya atas kendali hidupmu

5 Sebab Keputusan Tepat jadi Solusi Terbaik bagi Masa Depanmu Sendiriilustrasi seorang pria (unsplash.com/Nathan Fertig)

Siapa lagi yang berhak memegang kuasa penuh atas kehidupanmu kalau bukan 'kamu sendiri' yang menjadi kunci dalam menjalani, apa yang seharusnya menjadi dirimu sendiri tanpa menjadi orang lain untuk menyenangkan hati mereka. Tidak semua orang mengerti keinginanmu, mimpi terbesarmu, hanya dirimu yang bisa mengerti bagaimana menjalani hidupmu di tengah banyak orang yang mencibirmu, lantaran kurang menyukai keputusanmu.

Kuasai dirimu dengan perbanyak menenangkan diri, hadapilah walaupun ada saja kendala saat keputusan itu telah berlangsung lama. Suka atau tidak suka orang lain terhadap keputusanmu yang kamu buat, biarkanlah, jika terus-terusan menanggapinya malah menjadi keributan nantinya. Karena memang hakmu sepenuhnya untuk menentukan tujuan hidupmu di masa depan. 

5. Merupakan bentuk tanggung jawab dari keputusanmu

5 Sebab Keputusan Tepat jadi Solusi Terbaik bagi Masa Depanmu Sendiriilustrasi pria pekerja kantoran (unsplash.com/Mubariz Mehdizadeh)

Keputusan yang kamu tentukan menjadi tanggung jawabmu sendiri untuk menjaga komitmen yang sudah melekat dalam jiwa ragamu. Tidak mungkin lagi bisa disangkal oleh siapa pun, meski akan ada beberapa orang yang menentang keputusanmu. 

Tapi tidak perlu khawatir berlebihan, ya, jika keputusan yang terbaik menurutmu seperti itu, maka lakukan saja. Jangan terpengaruh omongan orang yang belum tentu sesuai dengan keinginanmu. Berikan tindakan tegas dengan cara bertanggung jawab atas keputusan besar yang telah berani kamu ambil. 

Banyak hal yang didapat untuk mengambil keputusan sebagai solusi terbaik bagi masa depan mu. Jangan gegabah saat memutuskan hal-hal yang besar agar kelak tidak menyesal dengan pertimbanganmu yang telah menjadi tekadmu selama ini. Terus berikan kesempatan kepada dirimu untuk melakukan yang terbaik dalam meraih impianmu.

Baca Juga: 5 Risiko Gegabah Mengambil Keputusan, Masalah Makin Runyam!

Indah Safitri Photo Verified Writer Indah Safitri

Stay strong and never give up !

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya