Comscore Tracker

5 Gebrakan Nyata yang Bisa Ditiru untuk Kurangi Sampah Plastik di 2020

Sepele namun sangat bermanfaat!

Fenomena pencemaran lingkungan akibat sampah plastik memang kian merajalela. Banyak produk rumah tangga yang memang sulit untuk diuraikan oleh mikroorganisme tanah karena semuanya terbuat dari plastik. Yuk di tahun baru ini kita ciptakan inovasi dan gebrakan secara nyata untuk mengurangi banyaknya sampah plastik dengan lima cara ini!

1. Pakai clodi sebagai pengganti popok

5 Gebrakan Nyata yang Bisa Ditiru untuk Kurangi Sampah Plastik di 2020babygearlab.net

Salah satu inovasi yang harus kamu lakukan di tahun 2020 adalah mengganti popok bayi yang terbuat dari plastik dengan clodi atau popok bayi yang terbuat dari kain dan bisa dicuci kembali. Meskipun nampaknya sepele tetapi cara ini terbukti efektif mengurangi jumlah sampah yang menggunung dan tidak bisa hancur dalam jutaan tahun lamanya.

2. Gunakan botol minum

5 Gebrakan Nyata yang Bisa Ditiru untuk Kurangi Sampah Plastik di 2020Pexels/Jopwell

Meski sepele membawa botol minum setiap hari bisa mengurangi penumpukan sampah plastik bekas minuman. Dengan membawa botol minum kamu jelas sudah berkontribusi mengurangi sampah plastik bekas air minum kemasan. Selain itu tentunya kamu jauh lebih hemat karena tak perlu membeli air minum kemasan.

Baca Juga: Wajib Ditanggulangi, Ini 7 Bahaya Fatal Sampah Plastik di Laut

3. Ganti pembalut dengan menstrual cup atau kain

5 Gebrakan Nyata yang Bisa Ditiru untuk Kurangi Sampah Plastik di 2020Pexels/Vanessa

Bisa dibayangkan bukan betapa banyaknya sampah pembalut setiap harinya yang dipakai wanita. Sampah pembalut pun membuat lingkungan kian tercemar karena terbuat dari plastik. Untuk menguranginya cobalah menggunakan menstrual cup atau kain yang bisa dicuci dan digunakan kembali agar keadaan lingkungan tidak makin memprihatinkan.

4. Membawa kantong belanjaan

5 Gebrakan Nyata yang Bisa Ditiru untuk Kurangi Sampah Plastik di 2020Pexels/Stephanie

Ketika berbelanja biasanya kita menggunakan kantong plastik sebagai wadah. Namun kebiasaan ini mengakibatkan lingkungan makin tercemar karena wadah plastik tersebut tentu tak bisa diuraikan oleh tanah. Oleh sebab itu menggunakan kantong belanjaan seperti goody bag atau tote bag menjadi sebuah keharusan agar kasus pencemaran lingkungan bisa berkurang.

5. Pakai sedotan yang bisa dipakai kembali

5 Gebrakan Nyata yang Bisa Ditiru untuk Kurangi Sampah Plastik di 2020ecoterri.com/

Sampah sedotan merupakan salah satu sampah yang sangat banyak dan tidak bisa terurai. Oleh sebab itu untuk mengurangi banyaknya sampah sedotan alangkah lebih baiknya mulai sekarang ganti sedotan plastik dengan sedotan stainless steel atau sedotan berbahan kertas yang cepat hancur. Dengan begitu tak ada lagi kasus pencemaran lingkungan akibat sampah sedotan plastik.

Yuk buat perubahan di tahun 2020!

Baca Juga: Yuk, Stop Gunakan 6 Benda Ini untuk Kurangi Sampah Plastik

Indah Shaliha Photo Verified Writer Indah Shaliha

Someone who loves writing and pottery

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya