Comscore Tracker

Tak Baik Bagi Mental, Ini 5 Tanda Kamu Lelah Hati Bukan Fisik!

Segera atasi ya!

Melakukan kegiatan yang padat setiap harinya memang bisa membuat tubuh terasa lelah. Namun jika hanya lelah fisik maka cukup dengan beristirahat semuanya bisa teratasi. Tapi lain halnya dengan lelah hati biasanya tidur tidak akan cukup untuk mengatasinya.

Berikut lima tanda jika kamu sedang lelah hati yang harus kamu waspadai karena tidak baik bagi mentalmu!

1. Mudah tersinggung bahkan soal sepele sekali pun

Tak Baik Bagi Mental, Ini 5 Tanda Kamu Lelah Hati Bukan Fisik!Pexels/Pixabay

Mungkin orang lain niatnya hanya bercanda tetapi kamu tiba-tiba merasa tersinggung hingga tanpa sadar amarah pun muncul. Kondisi ini bisa jadi karena kamu merasa lelah hati apalagi situasi yang terjadi tidak sesuai yang kamu inginkan. Mungkin kamu hanya perlu sedikit relaksasi dan berdamai dengan keadaan karena dipaksakan pun hanya akan menyakiti tubuhmu saja.

2. Sulit untuk tidur

Tak Baik Bagi Mental, Ini 5 Tanda Kamu Lelah Hati Bukan Fisik!Pexels/Pixabay

Lelah fisik mungkin lebih mudah diatasi daripada lelah hati. Saat kamu kelelahan secara fisik tentunya kamu akan mudah untuk tertidur namun sebaliknya saat kamu merasa lelah hati justru kamu kesulitan tidur bahkan berujung insomnia. Jika saat ini kamu sedang memiliki masalah yang pelik baiknya jangan dipendam sendirian karena lelah hati akan mengganggu kesehatan mental.

Baca Juga: Cegah Mental Illness, Kenali 5 Jenis Terapi Mental Sesuai Gejalanya

3. Mudah emosional

Tak Baik Bagi Mental, Ini 5 Tanda Kamu Lelah Hati Bukan Fisik!Pexels/Maycon

Hal-hal yang sifatnya sepele selalu kamu besar-besarkan bahkan tak jarang kamu menangis untuk hal-hal yang sifatnya sederhana menandakan kamu sedang lelah hati. Kadang istirahat pun memang tak cukup dan yang harus kamu lakukan saat ini adalah coba untuk refreshing otakmu dengan hal-hal yang kamu sukai.

4. Lelah dengan aktivitas yang itu-itu saja

Tak Baik Bagi Mental, Ini 5 Tanda Kamu Lelah Hati Bukan Fisik!Pexels/Andrea

Aktivitas yang padat dan monoton tak ayal membuat siapa pun merasa lelah fisik maupun hati. Lelah fisik bisa diobati berbeda dengan lelah hati karena hal ini ada hubungannya dengan kondisi mental seseorang. Salah satu cara mengobati lelahnya hati adalah dengan refreshing otak entah itu dengan traveling atau me time.

5. Benci dengan situasi sekarang namun tak mampu untuk keluar darinya

Tak Baik Bagi Mental, Ini 5 Tanda Kamu Lelah Hati Bukan Fisik!Pexels/Engin Akyurt

Boleh jadi saat ini kamu sama sekali tidak menyukai aktivitas sehari-hari yang sedang dijalani, entah bekerja ataupun kuliah. Suatu hal yang cenderung tidak disukai memang akan dijalani dengan keterpaksaan. Satu-satunya cara yang bisa kamu lakukan adalah coba berdamai dengan diri dan mulailah untuk mencintai aktivitas yang selama ini kamu lakukan. Karena semuanya demi kebaikan dirimu sendiri.

Kadang hidup memang tak melulu terjadi sesuai keinginanmu!

Baca Juga: Tanda-tanda Kamu Orang yang Kesepian, Bahaya Buat Kesehatan Mental

Indah Shaliha Photo Verified Writer Indah Shaliha

Student Postgraduate Pharmacochemistry from Institut Teknologi Bandung.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya