Comscore Tracker

Sering Gak Sadar, 5 Tindakan Ini Termasuk Cyber Bullying lho!

Hayo siapa yang tanpa sadar melakukannya?

Di zaman yang serba canggih ini nyatanya banyak yang gak sadar sudah melakukan cyber bullying hingga tak jarang banyak yang merasa depresi. Niatnya sih hanya untuk hiburan padahal dampaknya teramat besar hingga menimbulkan suatu trauma. Jarang disadari, ini lima bentuk tindakan cyber bullying yang harus kamu tahu!

1. Menghina keadaan fisik walaupun niatnya bercanda

Sering Gak Sadar, 5 Tindakan Ini Termasuk Cyber Bullying lho!Pexels/Kaboompics

Menghina fisik atau body shaming nampaknya sering diremehkan oleh kebanyakan orang. Meskipun tujuannya hanya bercanda tetapi hal ini tetap saja masuk cyber bullying lho karena fisik seseorang tidak bisa kamu jadikan bahan bercandaan. Pengaruhnya sendiri bisa besar lho boleh jadi dia tidak percaya diri dengan dirinya sendiri sampai berujung minder.

2. Merendahkan hobi

Sering Gak Sadar, 5 Tindakan Ini Termasuk Cyber Bullying lho!Pexels/Freestock.org

Mau hobinya sepele atau tidak itu bukan urusanmu dan kamu gak berhak merendahkannya. Bisa jadi kan yang kamu anggap sepele itu sangat berarti bagi dirinya. Sehingga amat tak pantas merendahkan hobi atau minat seseorang walaupun tidak ada niatan untuk membully.

Baca Juga: Jangan Takut! Lakukan 6 Hal Ini Jika Kamu Mengalami Cyber Bullying

3. Menebar kebencian pada seseorang secara online

Sering Gak Sadar, 5 Tindakan Ini Termasuk Cyber Bullying lho!Pexels/Energepic

Ini nih yang kini sangat marak di media sosial, banyak yang menebar kebencian pada orang lain sehingga banyak yang ikut-ikutan benci pada sosok tersebut. Padahal apa untungnya mempengaruhi orang lain supaya membenci. Daripada menggunakan media sosial untuk hal yang buruk lebih baik diam kan?

4. Menyebarkan gambar yang kurang baik dan membuat orang tersebut malu

Sering Gak Sadar, 5 Tindakan Ini Termasuk Cyber Bullying lho!Pexels/Pixabay

Entah gambar yang bersifat pribadi maupun video semuanya sama sekali tidak boleh disebarkan. Meski tujuannya hanya hiburan tetap saja ini adalah bentuk perundungan atau bully yang tidak boleh dilakukan. Tak sedikit korban bully akhirnya depresi karena sudah di bully lho!

5. Mengedit foto menjadi meme dengan tujuan agar orang lain mencemooh

Sering Gak Sadar, 5 Tindakan Ini Termasuk Cyber Bullying lho!Pexels/Marek Levak

Meski tujuannya untuk hiburan mengubah foto seseorang menjadi meme dan akhirnya dicemooh orang merupakan bentuk bully juga yang sama sekali tidak boleh. Sayangnya banyak yang gak sadar kalau ini merupakan bentuk pembullyan. Akibatnya makin banyak korban yang depresi hingga mengalami masalah mental karena soal bully.

Jangan sampai ada lagi korban berjatuhan karena cyber bullying. Nyawa seseorang itu bukanlah mainan lho!

Baca Juga: 5 Hal yang Tanpa Sadar Bisa Menjadi Pemicu Cyber Bullying

Indah Shaliha Photo Verified Writer Indah Shaliha

Someone who loves writing and pottery

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya