Comscore Tracker

Pelajaran Hidup dari Game of Thrones Buat Kalian Para Pejuang Skripsi 

Ternyata ada persamaan antara skripsi dan perebutan takhta

Seperti halnya serial Game of Thrones yang penuh konflik dan drama, skripsi juga punya dramanya. Buat para mahasiswa akhir, mengerjakan skripsi tidak seperti mengerjakan tugas-tugas lainnya. Perlu perjuangan panjang dan berliku untuk menyelesaikannya.

Jika kalian sedang mengerjakan skripsi atau hendak menyerah mengerjakan skripsi, mungkin beberapa pelajaran hidup yang diberikan serial ini mampu kalian terapkan sebagai motivasi agar segera menyelesaikan skripsi kalian. Memang seperti apa pelajaran hidup yang diberikan? yuk kita lihat bersama-sama. 

1. Perbanyak referensi dengan membaca buku

Pelajaran Hidup dari Game of Thrones Buat Kalian Para Pejuang Skripsi twitter.com/GoT_Tyrion

The mind needs books like the sword needs a whetstone
- Tyrion Lannister

Seperti pedang yang harus diasah terus menerus agar senantiasa tajam, pikiran juga secara rutin harus senantiasa diasah. Salah satu cara terbaik tentunya dengan senantiasa memperbanyak referensi dari buku dan jurnal. 

Meski kecil dan berpenampilan kurang menarik, Tyrion Lannister terbukti menjadi salah satu karakter terpenting di Game of Thrones karena kecerdasannya. Ia memiliki wawasan yang sangat banyak dan kemampuan membuat strategi yang ciamik, itu semua bisa ia dapat dari kegemarannya membaca buku. Jadi jika ingin skripsimu selesai, jangan malas-malas membaca buku ya. 

2. Jangan jadi orang yang sok tahu, jadilah orang yang selalu ingin tahu

Pelajaran Hidup dari Game of Thrones Buat Kalian Para Pejuang Skripsi tenor.com/DavidHouser

You know nothing, Jon Snow
-Ygritte

Ygritte selalu bicara pada Jon Snow bahwa dia adalah orang yang gak tau apa-apa. Tapi dengan ketidak tahuannya, Jon Snow belajar banyak hal dan dia menjadi salah satu karakter yang bisa bertahan hingga season akhir di serial yang penuh konflik ini. 

Jon Snow selalu menunjukkan bahwa sikap rendah hati dan tidak pernah berhenti untuk belajar jadi salah satu kunci sukses dalam kehidupan. Untuk bisa sukses seperti Jon Snow kamu jangan malu untuk bertanya dan belajar ke banyak orang, toh bertanya dan belajar juga tidak ada ruginya. 

Baca Juga: Tanpa Kamu Sadari, 10 Easter Eggs Ini Muncul di Game of Thrones Lho!

3. Jangan hanya minta bimbingan, kamu juga perlu membangun hubungan baik dengan dosenmu

Pelajaran Hidup dari Game of Thrones Buat Kalian Para Pejuang Skripsi inverse.com

I don’t know how to say ‘thank you’ in Dothraki
- Daenerys Targaryen

Kamu gak akan bisa menyelesaikan skripsi jika berjuang sendirian saja. Kamu butuh berbagai support system yang bisa mendorongmu agar segera menyelesaikan skripsi, terutama dosen pembimbing. 

Salah satu alasan kenapa Daenerys bisa menjadi penguasa di Essos bukan hanya kerena naga-naganya melainkan kepeduliannya terhadap orang-orang di sekitarnya, bahkan meski dia bukan orang dari essos dia mau untuk belajar bahasa dan budaya mereka. 

Jadi baik-baik deh sama dosen pembimbing. 

4. Skripsi gak akan bisa selesai secara instan, semua butuh proses

Pelajaran Hidup dari Game of Thrones Buat Kalian Para Pejuang Skripsi watchersonthewall.com

"It’s not easy being drunk all the time. Everyone would do it if it were easy
- Tyrion Lannister

Sesuatu yang baik tidak pernah di bangun secara instan, begitu juga dengan skripsi. Jika kamu tekun mengerjakannya, kamu pasti akan merasa bahwa skripsi itu mudah. Tapi tekun adalah sesuatu yang tidak mudah, semua orang bisa melakukannya kalau memang mudah. 

Karena tidak mudah alangkah baiknya kita atur sejak awal untuk mencicil skripsi dengan baik, jangan sampai kita menumpuk semuanya di belakang dan akhirnya keteteran. 

5. Winter is coming

Pelajaran Hidup dari Game of Thrones Buat Kalian Para Pejuang Skripsi youtube.com/Tribute Films

Winter is coming” 
- Keluarga Stark

Motto keluarga stark ini sangat cocok buat kalian para pejuang skripsi. Karena semakin hari kita akan semakin dekat dengan deadline pengumpulan dan sidang. 

Keluarga stark yang hidup berdekatan dengan The Wall di kondisi yang sangat dingin tahu bagaimana menyiksanya musim dingin, tidak hanya menyiapkan makanan yang cukup namun mereka juga harus membangun mental yang kuat. Terbukti orang orang Winterfell memiliki watak yang keras. 

Buat kalian para pejuang skripsi, kalian juga harus memupuk mental yang kuat dalam menjalani prosesnya. Semakin hari kalian akan semakin mendapatkan banyak ujian, mulai dari banyaknya revisi, dosen pembimbing yang susah ditemui, hingga masalah sehari-hari. Dengan kondisi mental yang siap, pastinya tiap masalah itu akan mudah terpecahkan dan tidak jadi alasan untuk terus menunda-nunda pengerjaan. 

Itu tadi lima pelajaran hidup dari Game of Thrones buat kalian para pejuang skripsi. Bagaimana menurut kalian? Jadi jangan tunda lagi dan mulai selesaikan skripsimu sekarang juga. 

Baca Juga: 7 Hubungan Mengejutkan Game of Thrones dengan Sejarah di Dunia Nyata 

Indra Dwi Photo Community Writer Indra Dwi

Young and Blessed

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

JADWAL SALAT & IMSAK

21
MEI
2019
16 Ramadan 1440 H
Imsak

04.25

Subuh

04.35

Zuhur

11.53

Asar

15.14

Magrib

17.47

Isya

19.00

#MILLENNIALSMEMILIH

Versi: 21 May 2019 18:15:04

Progress: 755.617 dari 813.350 TPS (92.90183%)

Just For You