Comscore Tracker

5 Fakta Umar bin Abdul Aziz, Khalifah Pengantar Kejayaan Bani Umayyah

Yuk, mengenal sosok khalifah yang dikenang sepanjang masa!

Siapa yang tak kenal dengan sosok Umar bin Abdul Aziz? Seorang khalifah yang membawa kejayaan pada masa Bani Umayyah. Umar bin Abdul Aziz adalah khalifah kedelapan yang memimpin Bani Umayyah.

Meskipun kepemimpinannya  tergolong singkat (2-3 tahun), tetapi kontribusinya sungguh besar dalam mensyiarkan agama islam di dunia, serta membangun peradaban islam menjadi semakin maju. Kepribadian positif yang tertanam dalam diri khalifah Umar bin Abdul Aziz membuat ia dihormati oleh rakyatnya, bahkan disegani oleh lawannya sendiri.

Kejayaan Bani Umayyah yang masih kita kenang sampai saat ini, tentu tidak terlepas dari peran besar Beliau. Yuk, kita mengenal sosok Umar bin Abdul Aziz melalui fakta-fakta berikut.

1. Pengajar ilmu hadis

5 Fakta Umar bin Abdul Aziz, Khalifah Pengantar Kejayaan Bani UmayyahPexels/Pok Rie

Madinah merupakan kota yang sering kali ditinggali oleh Umar bin Abdul Aziz. Di kota inilah ia mempelajari ilmu agama, termasuk ilmu hadis. Beliau belajar ilmu hadis dari ayah maupun sahabat-sahabatnya, yaitu Anas bin Malik, Ibnu Qarit, Yusuf bin Abdillah bin Salah, dan Abdullah bin Ja'far bin Abi Talib.

Ternyata, selain mempelajari ilmu hadis, Umar bin Abdul Aziz juga kerap menjadi pengajar ilmu hadis dan berhasil membentuk para ulama hadis yang hebat, salah satunya ialah Muhammad bin Munkadir.

2. Mempelajari Al-Qur'an sejak kecil

5 Fakta Umar bin Abdul Aziz, Khalifah Pengantar Kejayaan Bani UmayyahUnsplash/Adli Wahid

Kota Madinah yang merupakan pusat ilmu pengetahuan dan tempat tinggal para ulama hadis serta tafsir pada masa itu menjadikan Umar bin Abdul Aziz mencintai ilmu agama serta berkeinginan untuk terus mendalaminya.

Sejak kecil, Umar sudah belajar untuk menghafal Al-Qur'an, serta mengkajinya secara mendalam. Kecintaannya terhadap Al-Qur'an membuat Umar bin Abdul Aziz memiliki kepribadian yang patut diteladani oleh umat islam, seperti rendah hati, jujur, menomorsatukan urusan agama, dan dermawan.

Kepribadian ini lantas menjadikan Umar bin Abdul Aziz berhasil mengemban jabatan sebagai pemimpin dengan gaya kepemimpinan yang mirip layaknya kepemimpinan Khulafaur Rasyidin.

Baca Juga: 5 Sikap Teladan yang Wajib Kamu Tiru dari Sosok Khalifah Abu Bakar

3. Memiliki kehidupan yang sederhana

5 Fakta Umar bin Abdul Aziz, Khalifah Pengantar Kejayaan Bani UmayyahPexels/Konevi

Menjadi seorang pemimpin tidak lantas membuat Umar bin Abdul Aziz memperkaya diri, Beliau justru memiliki kehidupan yang sederhana. Harta yang Beliau miliki bahkan diserahkan ke baitul mal (kas negara).

Tindakan itu sejalan dengan sifat yang Beliau miliki, yaitu mengedepankan kepentingan umum daripada kepentingan pribadi, serta mengedepankan persatuan dan kesatuan.

Bukan hanya harta, perhiasan milik istrinya pun ikut diserahkan ke baitul mal. Kehidupan sederhana Umar bin Abdul Aziz ini membuatnya tidak meninggalkan harta yang banyak untuk anak-anaknya ketika meninggal dunia.

4. Seorang pemimpin yang disenangi rakyatnya

5 Fakta Umar bin Abdul Aziz, Khalifah Pengantar Kejayaan Bani UmayyahPexels/Pixabay

Umar bin Abdul Aziz adalah salah satu khalifah yang sangat dicintai oleh rakyatnya, hal ini karena selama masa kepemimpinan, ia senantiasa berlaku adil dan membuat kebijakan yang berguna untuk kesejahteraan rakyat.

Salah satu kebijakan yang ia buat dalam bidang politik dan masyarakat ialah menyediakan dana khusus bagi orang-orang miskin. Sementara dalam bidang ekonomi, salah satunya ialah memperbaiki tanda pertanian, irigasi, sumur-sumur, dan infrastruktur jalan raya. Selain itu, ketika dirinya mendapati sebuah permasalahan yang pelik, ia akan menyelesaikannya dengan cara musyawarah.

5. Pernah menjadi gubernur Hijaz di usia muda

5 Fakta Umar bin Abdul Aziz, Khalifah Pengantar Kejayaan Bani UmayyahPexels/Konevi

Sebelum menjabat sebagai khalifah Bani Umayyah pada tahun 717 M, Umar bin Abdul Aziz pernah menjabat sebagai gubernur Hijaz pada masa pemerintahan Walid bin Abdul Malik. Jabatan sebagai gubernur ini diemban saat usianya terbilang muda, yaitu 24 tahun.

Namun, kedudukannya sebagai gubernur tidak berlangsung lama, sebab ia mengalami fitnah oleh gubernur Irak pada masa itu. Kepercayaan yang didapat Umar bin Abdul Aziz untuk menjadi gubernur di usia muda tentu tidak terlepas dari kecerdasan dan kepribadian yang ia miliki.

Itulah 5 fakta mengenai khalifah Umar bin Abdul Aziz. Kepemimpinannya yang mampu membawa kejayaan, tentu dapat kita contoh dalam membangun peradaban yang semakin maju dan berkembang di zaman modernisasi seperti sekarang. Tidak hanya itu, kepribadiannya juga tentu dapat kita teladani dalam menjalani kehidupan sehari-hari.

Baca Juga: Ternyata Mualaf, Ini 5 Fakta Khalifah Umar yang Wajib Kamu Tahu! 

Riani Shr Photo Writer Riani Shr

XOXO

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya