Comscore Tracker

5 Kemudahan yang Ditemui Ketika Berbelanja dengan Sistem Jastip

Layanan ini sedang populer di kalangan remaja, lho

Jastip merupakan kependekan dari jasa titip, yakni suatu kegiatan berbelanja yang dilakukan dengan cara diwakilkan oleh orang lain. Sistem seperti ini umum diterapkan dalam makanan dan barang-barang tertentu.

Di masa dengan pembatasan sosial seperti sekarang ini, keberadaan sistem jasa titip jadi lebih membantu. Terlebih, apabila kamu sedang tidak dapat bergerak bebas atau jangkauan tempat terlalu jauh.

Untuk mengenal seberapa menguntungkan menggunakan sistem ini, yuk simak 5 kelebihan berikut ini.

1. Berbelanja cukup lewat ponsel

5 Kemudahan yang Ditemui Ketika Berbelanja dengan Sistem Jastipilustrasi penggunaan ponsel (unsplash.com/Taan Huyn)

Disebabkan jastip ini menggunakan pihak ketiga yang bantu kamu mendapatkan barang yang diinginkan, maka kamu tidak perlu repot-repot melangkahkan kaki keluar rumah, dan cukup memilih belanjaan lewat ponsel.

Sistem seperti ini biasanya lebih sering muncul di media sosial. Dengan deskripsi singkat, foto barang secara langsung, sekaligus label harga asli yang membuat kamu lebih yakin dengan keaslian barang.

2. Informasi diskon yang lebih cepat

5 Kemudahan yang Ditemui Ketika Berbelanja dengan Sistem Jastipilustrasi papan informasi potongan harga (unsplash.com/Artem Beliaikin)

Tidak cuma menginformasikan jenis dan ukuran barang, kamu pun bisa mendapatkan informasi potongan harga yang lebih cepat melalui sistem ini. Terlebih, kamu bisa meminimalisir kehabisan barang dengan berbelanja lewat jasa titip.

Meski demikian, perlu diperhatikan bahwa dalam sistem jastip, biasanya terdapat biaya tambahan yang telah ditentukan oleh pihak penerima jasa untuk setiap satu barang yang dibeli. Jadi, kamu perlu simak peraturan ini baik-baik supaya tidak terjadi salah paham, ya.

Baca Juga: 10 Tips Buka Jastip Makanan buat Kamu yang Lagi Traveling ke Luar Kota

3. Pilihan barang yang tidak sedikit

5 Kemudahan yang Ditemui Ketika Berbelanja dengan Sistem Jastipilustrasi toko pakaian (pexels.com/Rachel Claire)

Berbelanja melalui sistem jasa titip hampir sama dengan pergi mencari barang sendiri. Bedanya, kamu bisa melihat barang tersebut melalui bantuan media digital, serta diperlukan komunikasi yang baik antara pihak yang dipercayakan.

Meskipun berjudul jasa titip, pilihan yang dijajakan pun tidak sedikit. Bahkan kamu bisa menemukan lebih dari satu merek di dalam penyedia layanan yang sama. Dengan begini, kamu bisa menghemat waktu untuk berbelanja.

4. Bayak barang dari merek populer

5 Kemudahan yang Ditemui Ketika Berbelanja dengan Sistem Jastipilustrasi penjualan sepatu (pexels.com/La Miko)

Patut diakui bahwa tidak semua orang bisa menjangkau lokasi pembelian suatu barang. Terlebih dengan spesifikasi yang lebih detail dengan menyertakan merek tertentu. Oleh sebab itu, jastip bisa menjadi penyelamat.

Beberapa jastip pun bersedia mencarikan barang yang diminta, baik itu di dalam maupun luar negeri dengan kesepakatan harga, maupun pengiriman yang telah dikomunikasikan sebelumnya.

5. Kemudahan pembayaran

5 Kemudahan yang Ditemui Ketika Berbelanja dengan Sistem Jastipilustrasi kegiatan bertransaksi dengan kartu (unsplash.com/Mika Baumeister)

Hampir kebanyakan sistem jasa titip menerapkan pembayaran melalui transfer. Baik itu memakai metode down payment setengah harga atau langsung pembayaran penuh. Dengan menggunakan sistem ini, maka proses berbelanja pun akan semakin mudah.

Meski begitu, tetap jangan pernah menganggap enteng masalah pembayaran yang ditawarkan. Selalu siapkan bukti transaksi untuk berjaga-jaga bila ada masalah dalam komunikasi.

Selain itu, selalu perhatikan jejak layanan jasa titip yang hendak digunakan dan pastikan bahwa penyedia merupakan pihak yang terpercaya. Sebab, meskipun banyak kemudahan yang ditawarkan, tapi kamu tetap perlu meningkatkan kewaspadaan ketika berbelanja secara daring.

Baca Juga: 5 Tempat Belanja Murah di Taiwan yang Cocok untuk Pemilik Usaha Jastip

Intan Pratiwi Buchr Photo Verified Writer Intan Pratiwi Buchr

Sempat ingin jadi astronaut, tapi sekarang jadi pegawai di bumi.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya