Comscore Tracker

Tidak Perlu Biaya Mahal, Ini 5 Tips Merawat Tas Sendiri dengan Tepat

Budget makin lapang untuk kebutuhan yang lain

Tas merupakan salah satu aksesoris yang wajib dimiliki untuk menyimpan berbagai barang kesayangan saat bepergian. Agak kurang rasanya jika keluar tanpa membawa aksesoris yang satu ini. Selain untuk menyimpan benda favorit, tas juga bisa sebagai item fashion yang keren.

Tentunya, siapapun pasti berharap agar tas yang dimilikinya tahan lama dan tidak mudah rusak dengan melakukan berbagai cara. Mulai dari cara mencuci tas yang benar sesuai dengan bahannya, mempraktikkan berbagai tips di internet hingga membawanya ke spesialis cuci tas profesional.

Tanpa mengeluarkan biaya lagi untuk urusan tas, kamu bisa sendiri lho merawat tasmu tanpa bantuan jasa orang lain. Nah, berikut 5 tips merawat tas agar tidak gampang rusak. Yuk, simak list selengkapnya di bawah ini.

1. Jangan paksakan benda berat ke dalam tasmu

Tidak Perlu Biaya Mahal, Ini 5 Tips Merawat Tas Sendiri dengan TepatPexels.com/Vitaly Vlasov

Setiap tas pasti memiliki batasan berat benda yang bisa ditampung. Oleh karena itu, lebih baik jangan pernah memasukkan benda yang memiliki berat melebihi batasan tas miliikmu seperti buku dalam jumlah yang sangat banyak atau laptop yang memiliki berat fantastis.

Tentunya, selain dapat merusak tasmu, kamu tidak akan merasa nyaman akibat bahu yang pegal karna menahan tas yang berat. Sebaiknya, pilih tas yang memang cocok untuk membawa berbagai barang yang tergolong berat.

2. Jaga agar tasmu senantiasa dalam keadaan kering dan bersih

Tidak Perlu Biaya Mahal, Ini 5 Tips Merawat Tas Sendiri dengan TepatPexels.com/Oleksandr Pidvalnyi

Tas yang selalu dibersihkan dan kering ketika digunakan tentunya akan membuatnya tahan lama serta tidak gampang rusak. Sebaiknya cuci tasmu dengan benar sesuai dengan jenis material penyusun tas milikmu.

Agar tidak ditumbuhi jamur atau berbau tida sedap, sebaiknya pastikan tasmu benar-benar kering sebelum digunakan. Kamu juga bisa menggunakan silica gel untuk menjaga agar tas milikmu tetap terjaga kelembapannya.

3. Pastikan benda yang kamu bawa tidak melebihi batas muatan tasmu

Tidak Perlu Biaya Mahal, Ini 5 Tips Merawat Tas Sendiri dengan TepatPexels.com/Rawpiksel

Membawa barang dalam tas meskipun ringan dalam jumlah melebihi muatan tasmu juga dapat merusak tasmu lho. Walaupun yang kamu bawa cuma pakaian berupa kaos jika dalam jumlah yang amat banyak juga tidak baik bagi tasmu.

Oleh karna itu, sebaiknya jangan melakukan packing yang membuat kamu harus memaksa resleting untuk menutup tasmu. Hal ini tentunya dapat berdampak buruk bagi resleting tasmu. Bisa saja menjadi aus atau bahan tasmu menjadi sobek.

Selain itu, memasukkan berbagai benda ke dalam tasmu hingga sulit untuk dikancing, berpotensi merusak berbagai benda yang bersifat lunak seperti buku maupun peralatan elektronik yang sensitif tekanan.

Baca Juga: 5 Trik Pintar Membawa Barang dengan Ransel Saat Traveling

4. Hindari memasukkan benda tajam ke dalam tasmu

Tidak Perlu Biaya Mahal, Ini 5 Tips Merawat Tas Sendiri dengan TepatPexels.com/Lum3n

Jika kamu benar-benar harus memasukkan benda tajam ke dalam tasmu seperti pisau dapur untuk kegiatan berkemah, sebaiknya bungkus dengan kertas dan taruh benda lunak seperti gabus di ujung pisau yang kamu bawa. Dengan demikian, kamu tidak perlu tas kesayanganmu menjadi berlubang akibat benda tajam.

5. Gunakan kantong kecil untuk mengorganisir benda milikmu

Tidak Perlu Biaya Mahal, Ini 5 Tips Merawat Tas Sendiri dengan TepatPexels.com/Maurício Mascaro

Agar gampang saat diambil ketika dibutuhkan serta tidak mengotori bagian dalam tasmu, sebaiknya gunakan kantong kecil untuk menyimpan berbagai benda milikmu seperti pensil, pulpen, penghapus, buku maupun smartphone.

Dengan demikian, apabila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan seperti pulpen yang bocor, dapat meminimalisir tasmu menjadi kotor dan relatif sulit dibersihkan. Bagian dalam maupun luar tasmu juga akan kelihatan lebih bersih tanpa noda dibagian sana dan sini.

Nah, itu tips merawat tas dengan tepat tanpa perlu mengeluarkan uang ke jasa spesialis pencuci tas. Jika kamu memiliki tips lain, yuk share  di kolom komentar di bawah ini.

Baca Juga: 5 Tips Ransel dan Koper Tetap Awet meski Sering Dipakai Traveling

Irvin Pabane Photo Verified Writer Irvin Pabane

Kepala boleh saja melangit, tapi kaki, mata dan tangan harus tetap di bumi. Baca tulisan saya lainnya di linktr.ee/irvinpabane

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya