Comscore Tracker

9 Benda yang Banyak Dibeli Menjelang Tahun Ajaran Baru Sekolah

Peralatan sekolah penunjang prestasi

Menjelang tahun ajaran baru, para orang tua kembali disibukkan dengan keperluan anak-anak sekolah. Berbagai macam benda perlu disiapkan agar saat anak kembali ke sekolah, tak kerepotan lagi mencari-cari barang kebutuhan sekolahnya. Berikut benda-benda yang banyak dicari orang tua saat tahun ajaran baru tiba:

Baca Juga: Selain Baju Baru, 16 Benda Ini Banyak Dibeli Menjelang Lebaran

1. Seragam sekolah

9 Benda yang Banyak Dibeli Menjelang Tahun Ajaran Baru Sekolahilustrasi seragam sekolah (Pexels.com/ Ron Lach)

Walau sebagian besar seragam dapat diperoleh atau dibeli di sekolah masing-masing, namun ada saja beberapa seragam yang perlu dibeli sendiri karena sekolah tak menyediakannya. Ada juga orang tua yang menambah sendiri seragam yang paling sering dipakai dengan alasan untuk cadangan.

2. Tas Sekolah

9 Benda yang Banyak Dibeli Menjelang Tahun Ajaran Baru Sekolahilustrasi tas sekolah (Pexels.com/ Yan Krukov)

Tas sekolah untuk membawa semua buku-buku dan peralatan sekolah lainnya menjadi salah satu barang yang banyak dicari. Memilih tas sekolah sebaiknya memperhatikan faktor kualitas karena tas tersebut akan dipergunakan setiap hari dan diisi oleh banyak benda. Jika tidak kuat, maka dalam waktu singkat bisa terjadi kerusakan.

Hindari memilih tas karena faktor harga murah semata karena justru akan menjadi boros saat harus membeli tas berkali-kali karena rusak.

3. Buku Tulis

9 Benda yang Banyak Dibeli Menjelang Tahun Ajaran Baru Sekolahilustrasi buku tulis (Pexels.com/ Dom J)

Selain buku pelajaran, buku tulis menjadi benda wajib untuk dimiliki anak sekolah. Buku tulis diperlukan untuk mencatat pelajaran dan juga mengerjakan tugas. Buku tulis mempunyai beraneka ragam tipe dan kualitas. Sesuaikan ketebalan buku dengan usia anak agar anak yang masih kecil tak perlu membawa buku tulis yang terlalu tebal. Hal ini karena semakin tebal sebuah buku tentu semakin berat.

4. Alat tulis

9 Benda yang Banyak Dibeli Menjelang Tahun Ajaran Baru Sekolahilustrasi alat tulis (Pexels.com/ Olia Danilevich)

Mulai dari pensil, pulpen, penghapus sampai rautan dan juga penggaris adalah benda-benda yang sangat diperlukan dalam proses belajar. Lengkapi kebutuhan benda ini agar kegiatan anak sekolah dapat berjalan lancar. Pilih pensil atau bolpoin yang nyaman untuk dipegang sehingga anak tak mudah lelah menulis.

Untuk anak yang lebih kecil biasanya menyukai pensil dengan tema karakter kesayangan mereka. Walau terkesan tak penting, namun tak ada salahnya memilihkan alat tulis yang mereka sukai agar mereka lebih bersemangat.

5. Kotak bekal

9 Benda yang Banyak Dibeli Menjelang Tahun Ajaran Baru Sekolahilustrasi kotak bekal (Pexels.com/ Katerina Holmes)

Kotak bekal juga menjadi salah satu benda yang perlu disiapkan agar anak dapat membawa bekal sendiri dari rumah. Membawa bekal dari rumah tentu memiliki banyak keuntungan. Selain lebih higienis dan sesuai selera, ini juga lebih hemat.

Baca Juga: Tips Hemat Belanja Kebutuhan Sekolah Jelang Tahun Ajaran Baru

6. Kotak pensil

9 Benda yang Banyak Dibeli Menjelang Tahun Ajaran Baru Sekolahilustrasi kotak pensil (Pexels.com)/ Darina Belonogova)

Benda kecil ini sangat berguna untuk menyimpan bolpoin, pensil, penghapus, dan pernak-pernik sekolah lainnya yang berukuran kecil. Penggunaan kotak pensil akan memudahkan anak saat akan menggunakan pensil dan lain-lain ketimbang harus mengaduk-aduk dalam tas yang besar karena peralatan menulisnya tenggelam bersama benda-benda besar lainnya.

7. Sepatu

9 Benda yang Banyak Dibeli Menjelang Tahun Ajaran Baru Sekolahilustrasi sepatu (Pexels.com/ Pixabay)

Sepatu untuk sekolah kebanyakan menggunakan warna hitam kecuali sekolah-sekolah tertentu yang mempunyai aturan berbeda. Sama halnya dengan tas yang membawa beban cukup berat, sepatu juga mempunyai tugas yang besar yakni sebagai alas kaki yang berarti menahan tubuh. Karena itu lebih bijak jika memilih sepatu yang kuat daripada mementingkan harga.

Bawalah anak saat akan membeli sepatu agar dapat dicoba dan memperoleh sepatu dengan ukuran yang tepat.

8. Kaus kaki

9 Benda yang Banyak Dibeli Menjelang Tahun Ajaran Baru Sekolahilustrasi kaus kaiki (Pexels.com/ Ron Lach)

Sebagai pelengkap alas kaki, kaus kaki juga penting untuk disiapkan. Pilih kaus kaki dengan bahan yang lembut untuk kulit dan menyerap keringat. Hindari kaus kaki yang terlalu ketat sehingga membuat anak tidak nyaman.

9. Ikat pinggang

9 Benda yang Banyak Dibeli Menjelang Tahun Ajaran Baru Sekolahilustrasi ikat pinggang (Pexels.com/ Keegan Everitt:)

Anak sekolah juga memakai ikat pinggang untuk menunjang kerapian berseragam. Pilih ikat pingang yang sesuai untuk anak sekolah. Ukurlah sesuai lingkar pinggang anak. Jika sekiranya kurang pas, mintalah penjual untuk menambah lubang pada ikat pinggang agar ketika dikenakan, akan terasa pas dan nyaman untuk beraktivitas.

Dalam memilih kebutuhan sekolah, pilihlah yang berkualitas baik, daya guna tinggi dan sesuaikan dengan kebutuhan anak serta anggaran keuangan.

Baca Juga: 15 Benda-benda ini Fungsinya Ada Dalam Satu Handphone

Dream Praire Photo Verified Writer Dream Praire

Menulis, membaca, officer. IG :@Dream_Praire

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Diana Hasna

Berita Terkini Lainnya