Comscore Tracker

5 Alasan Mengapa Kamu Harus Menghargai Pilihan Hidup Orang Lain

Sebab itu bagian dari hak mereka #IDNTimesLife

Perbedaan dalam menentukan pilihan hidup pada setiap individu kerap terjadi. Hal demikian merupakan suatu kewajaran lantaran setiap orang memiliki jalan berpikir dan prinsip yang berbeda pula.

Ada pun perbedaan itu bisa tercipta, lantaran latar belakang yang berbeda dari setiap orang yang bisa menjadi dasar bagi mereka untuk memutuskan pilihan hidupnya.

Namun tak bisa pungkiri, bahwa terkadang ada sedikit perasaan ingin ikut campur terhadap pilihan hidup orang lain yang menurut kita bertentangan dengan keyakinan diri.

Sehingga tak jarang banyak orang yang menjadi sok tahu dengan cara meremehkan atau menjelek-jelekkan keputusan orang lain. Bahkan memaksakan kehendak mereka mengenai pilihannya.

Sejatinya sikap demikian sangat dianjurkan untuk dihindari. Pasalnya kamu perlu menghargai setiap pilihan hidup yang sudah diciptakan oleh orang lain. Mengapa demikian? Berikut 5 alasan yang mendasarinya.

1. Setiap orang berhak menentukan pilihannya

5 Alasan Mengapa Kamu Harus Menghargai Pilihan Hidup Orang Lainiluatraai perempuan (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Setiap orang memiliki hak dalam memutuskan hal apa saja yang akan menjadi pilihan hidupnya. Sejatinya mereka semua layaknya seperti dirimu, punya kebebasan dalam menentukan hal penting semacam itu.

Jika kamu tak menghargai pilihan hidup orang lain, maka hal itu dapat membuktikan bahwa kamu memiliki karakter yang cukup egois.

2. Sesuatu yang menurutmu baik belum tentu berlaku demikian bagi orang lain

5 Alasan Mengapa Kamu Harus Menghargai Pilihan Hidup Orang Lainiluatraai perempuan (pexels.com/Quốc Bảo)

Terkadang kamu bisa saja menghakimi pilihan hidup orang lain lantaran menurutmu pilihannya kurang baik. Namun, apakah kamu bisa menjamin bahwa hal itu benar-benar akan berdampak tidak baik bagi hidupnya?

Terkadang, kamu perlu menyadari bahwa yang menurutmu baik belum tentu berlaku demikian untuk orang lain, dan juga sebaliknya. Pasalnya setiap individu berbeda, punya karakter dan prinsip masing-masing yang jadi pertimbangannya.

Baca Juga: 5 Penyebab Orang Tak Menghargai Rasa Cinta Kamu, Move On Yuk!

3. Menerima perbedaan justru memperluas cara pandangmu

5 Alasan Mengapa Kamu Harus Menghargai Pilihan Hidup Orang Lainilustrasi perempuan tersenyum (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Menghargai pilihan hidup orang lain artinya kamu sedang belajar menerima suatu perbedaan. Jangan melulu menghendaki segala hal di dunia ini sama lantaran hal itu adalah mustahil.

Justru perbedaan itu yang dapat membuka cara pandang baru bagimu, lantaran perbedaan terkadang memberikan banyak pelajaran berharga.

4. Salah satu cara menjaga hubungan sosial bermula dari saling menghargai

5 Alasan Mengapa Kamu Harus Menghargai Pilihan Hidup Orang Lainilustrasi persahabatan (pexels.com/Savannah Dematteo)

Ketika seseorang telah menjatuhkan pilihan hidupnya pada suatu hal, maka kamu perlu mendukung dan menghargai itu. Sebab mereka memilihnya pasti juga bukan tanpa alasan.

Dengan saling menghargai satu sama lain, artinya kamu sedang menjaga hubungan baik yang telah kalian bangun. Supaya kamu terhindar dari keretakan hubungan, apabila kamu berani menjelek-jelekkan pilihan hidup seseorang.

5. Belajar menghargai jika ingin mendapat perlakuan sama

5 Alasan Mengapa Kamu Harus Menghargai Pilihan Hidup Orang Lainilustrasi mengobrol (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Menghargai pilihan hidup orang lain sangat penting untuk dilakukan agar kamu juga bisa mendapatkan perlakuan yang sama dari orang tersebut. Tentu kamu tak ingin bila pilihan hidupmu diusik oleh orang lain, bukan?

Kamu perlu menanam hal baik, agar kamu dapat merasakan hasil dari kebaikan yang kamu tanam itu.

Belajarlah untuk menghargai setiap perbedaan dan hindari berkomentar yang kurang baik terhadap pilihan hidup orang lain. Meski hal tersebut terkadang cukup sulit untuk dipraktikkan, tapi kamu tak boleh menyerah.

Pasalnya, bersikap demikian justru mampu menunjukkan kualitas dirimu yang sebenarnya. Semangat!

Baca Juga: Bukan Takut, 5 Alasan Kamu Tetap Harus Menghargai Senioritas Seseorang

Izah Cahya Photo Verified Writer Izah Cahya

Menulis untuk menghidupkan -do the best- ig : @izahcahya_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya