5 Alasan Pentingnya Memperluas Sudut Pandang, Jadi Lebih Bijak

Menjadikan kita pribadi yang bijak dan dewasa

Sudut pandang menjadi hal yang sangat penting dalam proses memaknai kehidupan. Bagaimana seseorang melihat dunia sangat menentukan terhadap keberhasilan hamper di segala aspek. Seperti keberhasilan dalam melewati tantangan hidup, keberhasilan mencapai tujuan hidup, keberhasilan dalam proses mengartikan setiap hal yang terjadi dalam hidup dengan tepat, serta masih banyak lagi.

Oleh karena itu, kita perlu memperluas sudut pandang. Jangan hanya mengandalkan sudut pandang pribadi semata. Memperkaya sudut pandang juga bisa dilakukan melalui beragam aktivitas seperti membaca, mendengarkan podcast, mempelajari hal baru, dan lainnya. Mengapa perlu melakukan hal demikian? Berikut beberapa alasan di baliknya.

Baca Juga: 6 Novel dengan Banyak Sudut Pandang, Cara Seru Menikmati Buku

1. Memahami berbagai persoalan dari beragam sisi

5 Alasan Pentingnya Memperluas Sudut Pandang, Jadi Lebih Bijakilustrasi berpikir positif (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Salah satu dampak baik dari usaha memperluas sudut pandang yakni kita mampu memahami persoalan dalam hidup dari beragam sisi. Hal demikian mampu meminimalisir risiko salah persepsi, mengidentifikasi akar permasalahan dengan baik, serta mempertimbangkan beragam solusi. Imbasnya, segala persoalan dapat teratasi dengan baik.

Sudut pandang yang luas juga sejatinya mampu membuat kita tak mudah menyerah begitu saja saat dihadapkan persoalan. Sebab kita tak hanya melihat dari sisi negatifnya saja, melainkan hal positif apa yang bisa diambil. Dengan begitu, kita tak hilang asa untuk menuntaskan persoalan tersebut.

2. Terhindar dari sikap merasa benar sendiri

5 Alasan Pentingnya Memperluas Sudut Pandang, Jadi Lebih Bijakilustrasi perempuan dewasa (pexels.com/Thegiansepillo)

Orang yang merasa dirinya paling benar biasanya disebabkan oleh minimnya pengetahuan dan pemahaman yang dimiliki. Sehingga ia merasa bahwa perspektifnya sudah tepat lantas membuatnya sulit menerima sudut pandang baru. Padahal sejatinya ia hanya melihat dari satu sisi yang sifatnya subjektif.

Dengan memperluas sudut pandang, kita bisa terhindar dari kecenderungan negatif seperti itu. Kita mampu memaknai setiap hal dengan lebih luas. Dengan begitu, kita tak bersikap egois lantaran merasa bahwa keyakinan diri adalah hal yang mutlak.

Baca Juga: 5 Tanda Kamu Punya Sudut Pandang Bijaksana Tanpa Kamu Sadari

dm-player

3. Menjadi sosok yang lebih bijaksana dalam mengarungi kehidupan

5 Alasan Pentingnya Memperluas Sudut Pandang, Jadi Lebih Bijakilustrasi sosok yang bijak (pexels.com/Rahib Hamidov)

Sudut pandang yang beragam sejatinya membantu kita untuk membuka pikiran terhadap segala kemungkinan yang bisa terjadi di dunia ini. Hal tersebut akan menumbuhkan kesadaran berpikir positif dan perencanaan yang matang. Sehingga kita akan lebih bijak dalam menyikapi setiap peristiwa yang terjadi.

Sikap bijak tentu sangat diperlukan dalam mengarungi kehidupan. Sebab hal tersebut telah mencakup beragam elemen penting dalam berperilaku. Mulai dari proses berpikir terbuka, aktualisasi pengalaman, pengendalian emosi, serta menentukan pilihan-pilihan dalam hidup dengan penuh pertimbangan.

4. Menumbuhkan kepekaan dan empati kepada sesama

5 Alasan Pentingnya Memperluas Sudut Pandang, Jadi Lebih Bijakilustrasi merasa iba (pexels.com/Liza Summer)

Sudut pandang yang luas akan menumbuhkan kepekaan dan empati dalam diri. Sehingga kita akan lebih peduli terhadap kondisi sesama. Kita lebih bisa merasakan keadaan mereka dan mampu memikirkan segala kemungkinan yang bisa terjadi.

Hal demikian disebabkan lantaran sudut pandang yang luas membuat kita tak melulu berpikir mengenai diri sendiri, namun juga orang lain. Misalnya, ketika ada orang yang sedang mengalami kondisi sulit, kita akan membantunya dengan sigap tanpa menunggu instruksi. Hal tersebut dipengaruhi oleh pola pikir kita yang semakin berkembang dan menuju matang.

5. Melahirkan kedewasaan dalam bersikap

5 Alasan Pentingnya Memperluas Sudut Pandang, Jadi Lebih Bijakilustrasi perempuan dewasa (pexels.com/Daniel Xavier)

Kedewasaan dalam bersikap tentu dihasilkan dari pola pikir yang dewasa. Dewasa bersikap ditandai dengan bagaimana cara kita mampu menempatkan diri dalam segala kondisi. Kemampuan mengendalikan diri dengan baik juga termasuk bagian dari sikap dewasa.

Oleh karena itu, penting memperluas sudut pandang supaya kita lebih dewasa dalam menanggapi segala sesuatu. Artinya, kita bisa melihat segala perkara dengan keseimbangan dan tak mudah menarik asumsi semata. Hal tersebut menjadi salah satu tanda kedewasaan dalam berpikir yang tentu akan mempengaruhi sikap kita selanjutnya.

Itulah lima alasan pentingnya memperluas sudut pandang. Mulai sekarang biasakan diri kita untuk melihat segala hal dari beragam perspektif. Hal tersebut sangat membantu kita dalam proses pengembangan diri menuju pribadi yang lebih baik dari sebelumnya. Semangat bertumbuh, ya!

Baca Juga: 5 Trik Mengelola Waktu Anak di Era Digital dengan Bijaksana

Izah Cahya Photo Verified Writer Izah Cahya

-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Fajar Laksmita

Berita Terkini Lainnya