Comscore Tracker

5 Faktor yang Bisa Mendorongmu untuk Menemukan Makna dalam Hidup

Hidup menjadi bahagia dan terarah!

Tentu banyak orang yang sudah tidak asing lagi dengan istilah makna hidup. Namun adakah yang paham betul mengenai artinya? Seringnya orang hanya tahu semata, namun tidak benar-benar dimengerti artinya, sehingga banyak yang hidupnya tidak terarah lantaran hilang kebermaknaan dalam dirinya.

Makna hidup berkaitan erat dengan eksistensi diri. Secara sederhana diartikan dengan hal yang paling berharga dalam hidup yang mampu memberikan nilai khusus kepada diri sendiri. Sehingga, menemukan makna kehidupan sama artinya dengan kamu telah bertemu dengan tujuan hidup yang sebenarnya.

Bagaimana? Sejauh ini apakah kamu sudah memahaminya dengan baik? Apabila dirasa belum cukup, yuk simak ulasan berikut mengenai beberapa faktor penting yang bisa mendorongmu untuk menemukan makna hidup.

1. Subjektivitas dari pengalaman hidup setiap individu

5 Faktor yang Bisa Mendorongmu untuk Menemukan Makna dalam Hidupilustrasi wanita merenung (pexels.com/Min An)

Setiap rangkaian pengalaman hidup yang dilalui oleh semua orang tentu memberikan pemikiran yang sifatnya subjektif. Hasil pemikiran yang diperoleh setiap individu berkaitan dengan keyakinan yang dipengaruhi oleh pendapat maupun nilai-nilai di sekelilingnya.

Ketika kamu mau merenungkan tentang apa saja yang telah dilalui, maka itulah langkah awal dari gerbang pencarian makna kehidupan. Apabila kamu memilih untuk menyelami lebih dalam, maka memungkinkan bagi kamu untuk menemukannya.

2. Fase mempertanyakan identitas diri

5 Faktor yang Bisa Mendorongmu untuk Menemukan Makna dalam Hidupilustrasi kehilangan jati diri (pexels.com/Nguyễn Lâm)

Persoalan dalam pencarian jati diri kerap terjadi pada masa yang sering disebut dengan quarter life crisis. Pada fase tersebut akan dipenuhi dengan ketidakstabilan dalam diri maupun pada cara pandang terhadap kehidupan.

Sehingga, proses mempertanyakan jati diri memiliki kecenderungan untuk mendorong kamu menemukan makna hidup. Berupa hal-hal yang mampu menjawab proses pencarianmu selama ini.

Baca Juga: 5 Renungan untuk Kamu si Hobi Kepo Kehidupan Orang Lain

3. Realita hidup yang tak selaras dengan harapan

5 Faktor yang Bisa Mendorongmu untuk Menemukan Makna dalam Hidupunsplash.com/Joshua Rawson-Harris

Hidup selalu punya rencananya sendiri bagi setiap manusia. Sering sekali kita disuguhkan kenyataan yang tak seindah harapan. Namun, memang begitu konsepnya, sehingga hal demikian mampu mendorong setiap individu untuk mencoba belajar hal-hal yang berkaitan dengan rasa kecewa. 

Atas dasar itulah kamu mendapatkan jalan untuk menemukan makna hidup. Berada pada lubang yang tidak nyaman tentu akan memaksamu bergerak maju untuk mencipta bahagia, bukan?

4. Keresahan akan tujuan hidup yang kunjung jelas

5 Faktor yang Bisa Mendorongmu untuk Menemukan Makna dalam Hidupilustrasi merasa resah (pexels.com/George Dolgikh)

Sebenarnya tujuan dari kamu hidup di dunia ini untuk apa? Meskipun terdengar sepele, nyatanya pertanyaan tersebut cenderung sulit terjawab oleh banyak orang. Mereka yang belum paham mengenai kehadiran dirinya akan menjalani hidup ini tanpa arah.

Keresahan yang muncul itulah akan mengajakmu untuk mulai memaknai hidup ini dengan semestinya berdasarkan pada pengalaman yang kamu miliki. Sebab mempunyai tujuan hidup akan mendekatkanmu pada eksistensi dirimu yang sebenarnya dalam mengarungi kehidupan.

5. Kesadaran akan tanggung jawab terhadap kehidupan yang dijalani

5 Faktor yang Bisa Mendorongmu untuk Menemukan Makna dalam Hidupilustrasi wanita (pexels.com/Quốc Bảo)

Kehidupan yang tengah dijalani adalah milik masing-masing. Begitu pula mengenai konsekuensi yang diterima atas kehidupan yang dikehendaki juga menjadi tanggung jawab  setiap individu.

Kesadaran demikian akan membawamu pada rasa kebermaknaan hidup dalam kaitannya enggan untuk melakukan hal-hal buruk yang bertentangan dengan hati nurani. Sebab segala hal yang kamu lakukan tentu akan dipertanggungjawabkan.

Itulah beberapa faktor dari luar yang secara tidak langsung akan membantumu dalam menemukan makna kehidupan. Seringnya, peristiwa tidak menyenangkanlah yang mendatangkan sebuah perenungan yang mendorong kita untuk melakukan identifikasi dalam diri maupun terhadap peristiwa itu sendiri. Pada fase tersebut artinya kita telah mencapai pada titik tertinggi dalam hal spiritual maupun psikologis.

Maka, berbahagialah mereka yang telah menemukan makna kehidupannya. Dengan begitu, mereka tahu alasan di balik keberadaannya. Hal itulah yang biasanya akan dijadikan pedoman dalam menjalani pasang surut kehidupan.

Baca Juga: Menjalani Hidup dengan Konsep Hidup ala Orang Jepang, Ikigai

Izah Cahya Photo Verified Writer Izah Cahya

Menulis untuk menghidupkan -do the best- ig : @izahcahya_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Izza Namira

Berita Terkini Lainnya