Comscore Tracker

Menjalani Hidup dengan Konsep Hidup ala Orang Jepang, Ikigai

Ikigai konsep hidup yang mengubah hidup banyak orang

Tahu gak sih kenapa orang di Jepang itu kebanyakan memiliki usia yang lebih panjang di negara lain? Rata-rata orang Jepang bisa hidup diatas 65 tahun. Menakjubkan bukan? Ya, itu dikarenakan pola hidup orang Jepang yang bisa dikatakan sangatlah sehat. Namun, ada satu hal yang sangat krusial juga yang menjadikan kenapa orang-orang Jepang hidup lebih lama daripada negara lainnya yakni Ikigai.

1. Apa sih Ikigai itu?

Menjalani Hidup dengan Konsep Hidup ala Orang Jepang, Ikigaiunsplash/Victoriano Izquierdo

Ikigai berasal dari bahasa Jepang. Jikalau diartikan langsung ke bahasa Indonesia, Ikigai dapat diartikan sebagai “tujuan hidup”. Secara singkatnya, itu mencakup ide tentang kebahagiaan dalam hidup yang melebihi daripada uang ataupun jabatan.

Ikigai juga sering dikaitkan dengan aspek identitas sosial yakni pekerjaan dan kehidupan berkeluarga. Meskipun demikian, terkadang ikigai juga sering diartikan lebih dari dua hal diatas. Jadi gagasan dalam mencari tujuan dalam segala hal yang kalian lakuin juga termasuk ikigai. Hobi, pertemanan, komunitas dan juga pengalaman.

Sesuai dengan kebudayaan Jepang, semua orang memiliki Ikigai nya sendiri. Jadi itu mengindikasikan nilai dari masing-masing kalian yang menyatakan bahwa semua orang itu sama berharganya.

2. Seberapa penting nya Ikigai itu?

Menjalani Hidup dengan Konsep Hidup ala Orang Jepang, Ikigaiunsplash/sean Kong

Tau gak sih kalian, kalau udah banyak sosiolog, ilmuwan dan jurnalis udah meneliti dan membuat hipotesis tentang kegunaan dan kebenaran dibalik fenomena ikigai ini. Beberapa dari mereka juga sampai pada sebuah titik yang sangat menarik. Satu diantaranya ialah mereka berpendapat bahwa ikigai ini bisa membuat kita hidup lebih lama dan juga lebih terarah.

Program TV Jepang "Takeshi no Katei no Igaku" bersama dengan sekelompok ilmuwan melakukan sebuah penelitian di kota kecil Kyotango di Kyoto. Program ini ingin mengetahui mengenai kesamaan apa yang dimiliki orang-orang tua di kota ini. Mereka mengikuti sekitar 7 orang dengan rentang usia 90-an hingga 100-an dari pagi hingga subuh, melakukan tes darah dan pemerikasaan kesehatan lainnya.

Apa yang mereka temukan ialah ketujuh lansia itu memiliki angka DHEA yang cukup tinggi. DHEA adalah hormon steroid yang banyak orang percaya merupakan hormon umur panjang. Setelah dilihat lebih dalam,  para lansia tersebut memiliki kesamaan yakni mereka melakukan hobi yang benar-benar mereka sukai. Seorang wanita berusia 90-an terlihat menghabiskan beberapa jam setiap hari mengukir topeng tradisional jepang lalu seorang pria senang dengan melukis dan yang lainnya pergi memancing setiap harinya.

3. Mengenal konsep ikigai

Menjalani Hidup dengan Konsep Hidup ala Orang Jepang, IkigaiTwitter.com/emmyzen

Ikigai terbagi di antara empat lingakan yang masing-masing nya itu mewakili berbagai elemen kehidupan.

  • Apa yang kalian cinta? (Passion)
  • Apa yang kalian bisa? (Profession)
  • Apa yang dunia butuhkan? (Mission)
  • Apa yang membuat kalian dibayar? Ini gak selalu tentang uang, tetapi juga tentang apa yang bisa kalian dapatin gitu sebagai pertukaran. (Vocation)

Baca Juga: Ikigai: Konsep Hidup Orang Jepang dan 5 Langkah untuk Menemukannya

4. Manfaat menerapkan Ikigai dalam kehidupan

Menjalani Hidup dengan Konsep Hidup ala Orang Jepang, Ikigaiunsplash/Helena Lopes

Dengan menerapkan Ikigai dalam kehidupan, banyak banget loh guys yang bisa kita capai. Seperti kebiasaan bangun dipagi hari, mencintai apa yang kalian kerjain, menikmati proses serta juga makan makanan sehat.

Contoh menarik dari orang-orang yang mempraktekkan 'Ikigai' mereka setiap hari adalah David de Kock dan Arjan Vergeer dari 365 hari yang berhasil. Mereka bertujuan menjadikan Belanda sebagai negara paling bahagia di dunia dan mereka ingin mencapainya dengan membantu orang lain mendapatkan yang terbaik dari diri mereka sendiri.

Seperti yang mereka katakan di situs web mereka: "Satu hal yang kami pelajari dalam beberapa tahun terakhir: Jika anda benar-benar menginginkan sesuatu dan anda memilih metode untuk sampai ke sana, semuanya mungkin. Bukan hanya dalam pikiran anda, melainkan dalam kenyataan. "

5. Langkah mencari Ikigai

Menjalani Hidup dengan Konsep Hidup ala Orang Jepang, Ikigaiunsplash/Thao Le Huang

Menjalankan Ikigai dalam berharap menemukannya dalam satu malam itu adalah pikiran yang musti banget kalian buang jauh-jauh. Kenapa? Ikigai gak bakal muncul secara magic, kalian butuh memulai dan berkembang secara perlahan seiring berjalannya waktu. Menemukan Ikigai juga memerlukan keinginan yang dalam untuk mengeksplor diri sendiri.

Kalian bisa mulai dari bertanya pada diri sendiri mengenai Ikigai kalian sendiri. Apa yang kalian cintai? Apa yang kalian bisa? Apa yang dunia butuhkan? Dan juga apa yang bisa buat kalian dibayar?

Jika kalian belum menemukan titik terang setelah bertanya pada diri kalian sendiri. Kalian bisa juga dengan memetakannya dengan mevisualisasikan Ikigai kalian sendiri, itu bakal menstimulasikan pikiran kalian agar lebih mengerti diri kalian sendiri.

Observasi tentang seberapa kalian senang dengan hal ini, seberapa percaya dirinya kalian menjalankan nya serta juga apakah hal tersebut juga fit dengan kehidupan kalian, kerjaan dan juga dunia.

Terkadang juga dengan menjalankan Ikigai ini, kalian juga harus terbiasa dengan perubahan-perubahan yang terjadi dalam hidup kalian seperti pergantian prioritas. Contohnya, lebih banyak meluangkan waktu dengan keluarga daripada keluyuran di luar rumah.

So, itulah beberapa informasi mengenai Ikigai serta juga cara buat kalian lebih dekat lagi dengan Ikigai kalian sendiri. Pelan tapi pasti dan percaya bahwa segala yang kalian lakuin itu sedang tumbuh dan berproses. Tidak peduli cepat atau lambatnya itu. Kalian pasti bisa!

Baca Juga: Kenali Apa Panggilan Hidupmu dengan Metode dari Jepang, Ikigai

Sophian Photo Writer Sophian

Sedang berkuliah di salah satu Politeknik di Pontianak. Tertarik dengan desain dan bahasa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya