Comscore Tracker

5 Nasihat yang Membuat Kamu Tetap Semangat dalam Menemukan Arti Hidup

Untuk kamu yang merasa berjalan tanpa tujuan

Hampir setiap orang pernah berada di fase kehidupan yang membuatnya merasa tanpa arah. Seolah waktu terus berputar, namun kita masih berada di tempat yang sama lantaran tak tahu mengenai arah hidup yang harus ditempuh. Tak jarang pula, kita kerap bertanya pada diri sendiri, "apa sih sebenarnya arti hidupku ini?"

Jika kamu mengalami hal serupa, bukan berarti kamu tak memiliki arti hidup, melainkan sedang berusaha mencarinya. Hal demikian tentu wajar dialami setiap orang. Karena hidup ini adalah tentang perjalanan untuk mengejar kebermaknaan.

Sehingga dalam prosesnya, kamu perlu memperkuat diri sendiri dengan afirmasi positif agar tidak menyerah untuk sampai pada arti kehidupan yang kamu inginkan. Misalnya dengan menanamkan kelima nasihat berikut.

1. "Tetaplah berjalan untuk temukan hal yang kamu inginkan, meskipun langkahmu tertatih-tatih"

5 Nasihat yang Membuat Kamu Tetap Semangat dalam Menemukan Arti Hidupilustrasi wanita (pexels.com/Khoa Võ)

Kamu keliru apabila merasa hidup ini tidak ada artinya. Sejatinya makna hidup tidak untuk terus dipertanyakan, namun segera untuk dicari. Bukan berarti pula kamu tak memiliki arti kehidupan jika saat ini yang kamu lalui terasa hampa, tak bermakna, dan begitu-begitu saja.

Kamu hanya belum berusaha menemukannya. Tetaplah jalani hidup ini dengan orientasi untuk menemukan hal-hal yang sebenarnya kamu inginkan. Meskipun langkahmu tertatih, itu jauh lebih baik daripada kamu memilih untuk menyerah dengan kehidupan.

2. "Ingat, setiap orang memaknai hidup dengan berbeda. Jadi, jangan disamakan"

5 Nasihat yang Membuat Kamu Tetap Semangat dalam Menemukan Arti Hidupilustrasi seorang wanita (pexels.com/Alvin Ng)

Ada orang yang menganggap bahwa arti hidup baginya adalah ketika bisa menebar manfaat bagi sesama. Ada pula yang merasa puncak kebermaknaan hidupnya adalah saat bisa membuat orang di sekitarnya bahagia. Hal demikian tentu sah-sah saja. Karena setiap orang memiliki arti hidup yang berbeda, bahkan bisa saja berubah-ubah tergantung pada kondisi tertentu.

Arti hidup sejatinya adalah sebuah alasan bagi seseorang untuk dapat mempertahankan kehidupannya. Jika kamu belum menemukannya, tetaplah nikmati proses pencarian itu. Jangan jadikan hidup orang lain sebagai tolak ukur.

Baca Juga: 7 Sebab Milenial Belajar Menyederhanakan Gaya Hidup, Irit Lebih Baik

3. "Berusahalah berdamai dengan diri untuk menemukan jawaban dari arti hidup yang kamu cari"

5 Nasihat yang Membuat Kamu Tetap Semangat dalam Menemukan Arti Hidupilustrasi berdamai pada rasa takut (pexels.com/Jefferson Palomique)

Mengapa aku belum menemukan makna dari hidupku sendiri? Bisa jadi jawaban atas pertanyaan itu lantaran kamu belum sepenuhnya berdamai dengan diri sendiri. Berdamai atas kesalahan, masa lalu kelam, maupun kekurangan dalam diri.

Menerima semua ketidaksempurnaan dalam dirimu akan memudahkan kamu menemukan arti kehidupan yang sebenarnya. Karena dengan penerimaan itu akan membuatmu merasa layak bahwa hidup kamu perlu diperjuangkan.

4. "Percayalah, setiap orang dilahirkan dengan tujuan dan maknanya masing-masing"

5 Nasihat yang Membuat Kamu Tetap Semangat dalam Menemukan Arti Hidupilustrasi wanita tersenyum (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Tidak ada manusia yang diciptakan dengan sia-sia. Adanya kamu di dunia ini tentu membawa misi yang baik. Meskipun misi tersebut tidaklah besar, yang terpenting adalah makna di baliknya.

Jika saat ini kamu belum menemukan alasan keberadaanmu di dunia ini, maka teruslah mencarinya. Karena sejatinya yang membatasi manusia adalah pikirannya sendiri yang kerap berkata, "aku tidak berarti", "aku tidak berguna", atau "aku tidak bisa maju dan berkembang."

5. "Jangan bersedih, apa yang kamu lakukan saat ini bisa jadi bagian dari arti hidupmu yang sebenarnya"

5 Nasihat yang Membuat Kamu Tetap Semangat dalam Menemukan Arti Hidupilustrasi wanita merenung (pexels.com/Matt Hardy)

Terkadang kamu bisa saja tak menyadari bahwa yang saat ini kamu lakukan adalah bagian dari arti hidupmu yang sebenarnya. Pernahkan kamu mengira bahwa bantuan sekecil apapun dapat mengubah hidup orang lain? Atau, nasihat sederhana yang kamu lontarkan dapat membuat seseorang lepas dari titik terendahnya?

Maka jangan bersedih dan berputus asa, teruslah berproses dalam perjalanan hidup yang panjang ini. Karena kamu bisa jadi alasan bagi orang lain untuk bertahan pada kehidupannya. 

Pertanyaan, "apa arti hidupku yang sebenarnya?" tentu akan membuat setiap orang merasakan beragam emosi. Ada rasa syukur lantaran mereka menyadari bahwa terdapat sesuatu yang perlu dicari. Ada pula rasa frustrasi karena belum mampu menemukan jawabannya.

Terlepas dari itu semua, kewajibanmu adalah merespons baik terhadap pertanyaan tersebut. Pasalnya, keberadaan kita di dunia ini tentu bukan tanpa maksud. Semangat!

Baca Juga: 5 Jenis Kesadaran Hidup yang Dirasakan Saat Tumbuh Dewasa

Izah Cahya Photo Verified Writer Izah Cahya

Menulis untuk menghidupkan -do the best- ig : @izahcahya_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya