Comscore Tracker

Penting! 6 Hal Ini Bisa Dilakukan untuk Mencegah Polusi Air Laut

Millennials wajib tahu, dong

Air laut merupakan sumber alam terbesar bagi kelangsungan hidup. Tak ayal, laut harusnya menjadi tempat yang bisa dijaga kebersihannya. Namun, hal ini sepertinya tidak sepenuhnya terlaksana. Manusia kerap bertindak seenaknya sehingga tak mengherankan sering terjadi bencana.

Hal yang dapat membahayakan kebersihan laut itu bisa disebut dengan polusi. Ya, polusi tak hanya terjadi pada udara, namun juga bisa terjadi pada laut. Untuk itu, penting bagi kita, terutama generasi muda, agar laut tetap terawat dan terhindar dari hal tersebut.

1. Menggunakan peralatan yang dapat dipakai ulang

Penting! 6 Hal Ini Bisa Dilakukan untuk Mencegah Polusi Air LautUnsplash.com/Caroline Attwood

Sampah berupa plastik merupakan sampah yang mendominasi kotornya air laut. Mulai sekarang, cobalah untuk menggunakan peralatan yang dapat dipakai ulang, alih-alih memakai produk yang hanya dapat dipakai sekali. Hal ini bertujuan untuk mengurangi sampah plastik dan menurunkan risiko tercemarnya air laut akibat jenis sampat tersebut.

2. Gunakan sunscreen yang ramah lingkungan

Penting! 6 Hal Ini Bisa Dilakukan untuk Mencegah Polusi Air LautUnsplash.com/Corina Nicolae

Beberapa jenis sunscreen kadang memiliki kandungan zat yang dapat menyebabkan koral atau karang di laut mati. Sebelum membeli sunscreen, lakukan penelitian terlebih dahulu tentang produk yang akan kalian beli. Pilih merek yang menggunakan formula mineral sebagai bahan dasarnya, daripada merek yang memiliki komposisi dari bahan kimia.

3. Kurangi emisi karbon

Penting! 6 Hal Ini Bisa Dilakukan untuk Mencegah Polusi Air LautUnsplash.com/Pierre Châtel-Innocenti

Tanpa kita sadari, emisi karbon sebenarnya dapat berasal dari hal-hal sederhana yang kita lakukan setiap hari, contohnya tidak mematikan lampu ketika meninggalkan ruangan atau AC saat meninggalkan rumah.

Baca Juga: Kurangi Polusi, Dosen ITS Ciptakan Bata Ramah Lingkungan

4. Makan seafood dengan bijak

Penting! 6 Hal Ini Bisa Dilakukan untuk Mencegah Polusi Air LautUnsplash.com/Ratapan Anantawat

Makan seafood ternyata harus kita perhatikan dengan baik demi mencegah polusi air laut. Sebelum makan, kita harus mengetahui terlebih dahulu apa saja jenis seafood yang dapat kita makan dan hindari sebisa mungkin.

5. Bergabung dengan organisasi

Penting! 6 Hal Ini Bisa Dilakukan untuk Mencegah Polusi Air LautUnsplash.com/Sean O.

Banyak sekali organisasi yang dapat kita ikuti jika memang berminat untuk menunjukkan kepedulian terhadap laut. Salah satu organisasi peduli laut di Indonesia yaitu Pandu Laut Nusantara.

Di sana, kita tak hanya dapat mengetahui wawasan tentang laut, tetapi juga membangun komunitas yang kuat agar dapat mewujudkan aksi-aksi untuk melindungi laut Indonesia.

6. Ajak orang-orang sekitar

Penting! 6 Hal Ini Bisa Dilakukan untuk Mencegah Polusi Air LautUnsplash.com/Ahmed Sharyaan

Hal terakhir yang perlu kita lakukan untuk mencegah polusi air laut yakni dengan mengajak orang-orang sekitar agar lebih sadar terhadap kebersihan lingkungan. Yakinkan mereka bahwa laut merupakan aset yang penting bagi kehidupan manusia. Menjaga laut bersama-sama merupakan sebuah kewajiban yang harus dilakukan.

Itulah beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mencegah polusi air laut. Yuk, jaga ekosistem laut agar anak cucu kita nanti masih bisa merasakan indahnya lingkungan yang bersih dan bebas polusi!

Baca Juga: 7 Dampak Fatal Polusi untuk Kesehatan, dari Alzheimer hingga Diabetes

Jeon JK Photo Verified Writer Jeon JK

Cat lovers~

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya