Comscore Tracker

7 Dampak Fatal Polusi untuk Kesehatan, dari Alzheimer hingga Diabetes

Bisa mengancam keselamatan kita dan anak cucu

Hidup di perkotaan memang memiliki banyak risiko. Salah satunya adalah paparan polusi yang harus kita terima setiap harinya. Tak peduli pagi, siang, malam, di mana pun dan kapan pun kita dipaksa menghirup udara yang tercemar.

Belum lagi ditambah dengan masalah lingkungan yang ada saat ini. Mulai dari kebakaran hutan hingga kabut asap. Tak heran jika kualitas udara negara ini semakin buruk.

Masalahnya, polusi yang kita hadapi sehari-hari itu bisa membawa dampak buruk untuk kesehatan. Bahkan bukan hanya pernapasan saja yang terganggu, otak dan seluruh tubuh juga menanggung akibatnya. Berikut ini sejumlah dampak fatal yang bisa ditimbulkan oleh polusi, selain masalah pernapasan! 

1. Alzheimer

7 Dampak Fatal Polusi untuk Kesehatan, dari Alzheimer hingga Diabetesmcgill.ca

Alzheimer adalah penyakit progresif pada lansia yang ditandai dengan menurunnya daya ingat, kemampuan berpikir, dan motorik. Karena bersifat progresif, kondisi penderita akan kian memburuk seiring dengan berjalannya waktu. Hingga saat ini penyebab dari alzheimer masih belum diketahui.

Namun polusi udara bisa menjadi salah satu faktor pemicunya. Studi yang diterbitkan oleh BMJ Open pada tahun 2018 menunjukkan bahwa paparan polusi udara yang terus menerus dapat meningkatkan risiko alzheimer sebesar 40 persen. Penyebabnya adalah kandungan nitrogen dan partikel halus di udara yang tercemar.

2. Penyakit jantung

7 Dampak Fatal Polusi untuk Kesehatan, dari Alzheimer hingga Diabeteshopkinsmedicine.org

Udara yang tidak bersih ternyata juga bisa berdampak buruk pada jantung kita. Studi dari American Heart Association (AHA) tahun 2010 menunjukkan bahwa keduanya memiliki hubungan yang kuat.

Lebih detailnya, paparan polusi dalam jangka pendek dapat meningkatkan risiko serangan jantung, gagal jantung, stroke, dan aritmia. Risiko tersebut akan jauh lebih besar pada orang lanjut usia. Sedangkan dalam jangka panjang, paparan polusi akan merusak jantung.

3. Menurunkan tingkat intelegensi

7 Dampak Fatal Polusi untuk Kesehatan, dari Alzheimer hingga Diabetesfreepik.com

Bukan mecin saja yang bisa menurunkan intelegensi, polusi pun juga. Studi yang dipublikasikan oleh PNAS di Tiongkok menunjukkan bahwa menghirup polusi terlalu lama dapat mengurangi kepintaran yang setara dengan satu tahun masa belajar. Ini adalah dampak yang sangat besar. 

“Efek ini lebih buruk untuk para lansia, terutama yang berusia di atas 64 tahun, laki-laki, dan mereka yang kurang berpendidikan.” ujar Xi Chen, salah satu peneliti yang berasal dari Yale School of Public Health.

Baca Juga: 7 Hal Mengejutkan yang Bisa Memicu Serangan Jantung, Waspadai ya! 

4. Meningkatkan risiko keguguran

7 Dampak Fatal Polusi untuk Kesehatan, dari Alzheimer hingga Diabetesshifaali.com

Dampak buruk polusi berikutnya adalah meningkatkan risiko keguguran bagi wanita yang sedang hamil muda. Risiko dapat menjadi 10 persen lebih besar jika ibu hamil terus menerus terpapar polusi.

Bagaimana hal ini bisa terjadi? Dilansir dari MNN, kandungan radikal bebas dalam polusi dapat menyebabkan inflamasi dan stres pada fetus dan plasenta. Tak hanya itu, zat toksin yang dikandungnya juga bisa terserap ke dalam rahim ibu. 

5. Meningkatkan risiko lahir prematur

7 Dampak Fatal Polusi untuk Kesehatan, dari Alzheimer hingga Diabetesnbcnews.com

Tak hanya meningkatkan risiko keguguran, polusi juga bisa memicu bayi lahir dengan prematur. Penelitian dari University of New York tahun 2010 mengatakan bahwa hal ini disebabkan oleh partikel halus bernama PM2.5 yang ada di dalam udara. Tercatat bahwa zat tersebut menyebabkan setidaknya 2,7 juta kelahiran prematur di dunia. 

PM2.5 ternyata merupakan debu yang biasa dihasilkan oleh pembakaran sampah agrikultur, kebakaran hutan, dan gas kendaraan bermotor. Selain menyebabkan kelahiran prematur, zat tersebut juga sangat berbahaya untuk pernapasan.

6. Diabetes

7 Dampak Fatal Polusi untuk Kesehatan, dari Alzheimer hingga Diabetesmedicinaysaludpublica.com

Tak disangka-sangka, polusi juga memiliki keterkaitan yang erat dengan diabetes. Washington School of Medicine menemukan bahwa secara global, polusi berkontribusi terhadap 3,2 juta kasus diabetes di seluruh dunia. 

“Riset kami menemukan hubungan yang signifikan antara polusi udara dan diabetes secara global. Kami menemukan peningkatan risiko, bahkan ketika paparan polusi cukup rendah sekalipun,” jelas Dr. Ziyad Al-Aly, salah satu tim peneliti. 

Penyebab dari masalah ini sebenarnya sulit untuk ditentukan. Namun menurut spekulasi, zat polutan yang terhirup dapat masuk sampai ke pembuluh darah dan berinteraksi dengan jaringan di sana. 

7. Gangguan psikologis

7 Dampak Fatal Polusi untuk Kesehatan, dari Alzheimer hingga Diabetesmetrolatam.com

Menurut laman The Guardian, orang yang sering terpapar polusi ketika kecil berpotensi untuk memiliki gangguan psikologis saat dewasa. Ini termasuk gangguan bipolar, skizofrenia, dan depresi. 

Walaupun begitu, untuk masalah ini, para peneliti masih belum bisa menjelaskan di mana letak korelasi keduanya. Namun menurut hipotesis, ini dapat terjadi karena polutan mencapai otak dan memengaruhi cara kerjanya dalam membentuk kemampuan kognitif. 

Ternyata polusi dapat berakibat sangat fatal untuk tubuh kita. Ada baiknya, mulai sekarang, hindarkan dirimu dari udara yang tercemar. Misalnya dengan selalu mengenakan masker kesehatan, tidak membakar sampah, dan tidak merokok. Semoga kamu terhindar dari semua gangguan kesehatan di atas, ya!

Baca Juga: Manfaat yang Didapat dari Car Free Day, Mengurangi 78 Persen Polusi!

Topic:

  • Izza Namira
  • Bayu D. Wicaksono

Just For You