Comscore Tracker

Bukan Sombong, Ini 5 Tanda Kamu Perlu “Menghindar Sejenak"

Setiap orang butuh Me Time, benar?

Kamu mungkin tidak sadar bahwa tubuhmu telah mengirimkan isyarat untuk berhenti sejenak dari rutinitasmu sehari-hari. Tubuh dan pikiranmu butuh istirahat, tak cukup hanya tidur namun sesekali kamu butuh meluangkan waktu untuk sendiri, bepergian, melakukan hobi atau bahkan sekadar diam di suatu tempat favoritmu.

Jadi apakah salah satu tanda-tanda ini kamu rasakan belakangan ini? Kalau iya, sudah waktunya kamu untuk menghindar sejenak dan menikmati kesendirianmu.

1. Kamu Tak Tertarik Bermain Ponsel

Bukan Sombong, Ini 5 Tanda Kamu Perlu “Menghindar Sejenakpixabay/nastya_gepp

Padahal biasanya ponsel adalah benda yang sulit lepas dari keseharianmu. Namun kini kamu enggan menggunakannya. Bahkan ketika ponselmu berdering, baik telepon masuk atau sekedar pesan singkat, kamu sudah merasa sangat terganggu padahal ketika itu kamu sebenarnya sedang luang. Kamu rasanya hanya ingin menghilang dari peredaran sejenak.

2. Kamu mengalami Mood Swing yang drastis

Bukan Sombong, Ini 5 Tanda Kamu Perlu “Menghindar Sejenakpixabay/DanaTentis

Apa belakangan ini kamu bawaannya ingin marah atau tiba-tiba merasa ingin menangis tanpa tahu sebabnya? Ada kemungkinan kamu terlalu sering menahan dan menyimpan emosi tanpa memproses dengan sewajarnya. Tidak seharusnya kamu mengabaikannya. Kamu butuh waktu sendiri untuk mengekspresikan perasaanmu dengan baik dan kembali menatanya seperti sedia kala. Jangan sampai kamu melampiaskannya kepada orang-orang terdekatmu dan menyesal nantinya.

3. Kamu Mudah Lelah dan Sakit dalam Jarak yang Singkat

Bukan Sombong, Ini 5 Tanda Kamu Perlu “Menghindar Sejenakpixabay/darksouls1

Kamu sudah menerapkan pola makan sehat, melakukan olahraga dan tidur cukup. Namun kamu masih merasa lelah dan seringkali merasa sakit dalam waktu singkat, itu mungkin pertanda kamu perlu waktu untuk sendiri. Seperti halnya sakit, tubuh kita akan bereaksi ketika kita tidak mendapatkan apa yang kita butuhkan.

Baca Juga: 5 Film Action Korea yang Cocok Ditonton Saat ‘Me Time’

4. Kamu Merasa Jengah dengan Sekitarmu

Bukan Sombong, Ini 5 Tanda Kamu Perlu “Menghindar Sejenakpixabay/nastya_gepp

Kamu merasa sesak bahkan ketika keadaaan sekitarmu tidak cukup ramai. Mungkin kamu sedang mengalami human hangover. Kamu hanya lelah bertemu dengan mereka. Padahal biasanya kamu merasa senang berada dilingkungan tersebut. Kamu tak perlu khawatir, karena tak ada yang salah dengan mereka, begitu pula dengan dirimu. Kamu hanya perlu mengundurkan diri sejenak untuk menikmati kesendirianmu dan mengasihani tubuh dan pikiranmu sendiri. Selama ini mungkin kamu terbiasa untuk memaksakan diri terpapar dengan hal-hal yang menjengkelkan dan menyimpannya sendiri, wajar saja kamu merasa lelah dan nantinya membuat emosimu bisa saja tak terkendali jika kamu tak cepat menyadarinya.

5. Kamu Merasa Kesepian

Bukan Sombong, Ini 5 Tanda Kamu Perlu “Menghindar Sejenakpixabay/minanfotos

Saat kamu merasa tidak mampu membaur diantara teman-temanmu atau bahkan merasa kesepian diantara kerumunan orang, mungkin kamu butuh waktu untuk menyendiri. Kamu mungkin biasanya termasuk orang yang tidak suka menghabiskan waktu sendiri, namun semakin kamu benci sendiri, itu pertanda bahwa justru kamu benar-benar butuh waktu untu sendiri. Renungkan dan cari tahu apa yang sebenarnya sedang kamu butuhkan sambil memanjakan diri baik fisik maupun mental kamu.

Menghabiskan waktu bersama teman atau pasangan memang menyenangkan. Namun kamu tetap harus mengatur waktumu kapan kamu harus menyendiri dan menghindar sejenak dari mereka. Kamu bahkan harus terbebas dari hiruk pikuk media social dan hanya terfokus pada dirimu sendiri. Ingat, bukan berarti kamu sombong ya! Sesekali kamu juga perlu egois dan memanjakan dirimu sejenak kok, supaya kamu bisa mengembalikan energi kamu kembali.

Baca Juga: Kenali Dirimu! Ini Dia 5 Tanda Bahwa Dirimu Butuh Me Time

Ocha Rozalina Photo Writer Ocha Rozalina

"Lebih mudah menulis tentang jatuh cinta ketimbang mengalaminya sendiri."- Christian Simamora, Burn Baby Burn

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erwanto

Berita Terkini Lainnya