Comscore Tracker

5 Hal Ini Akan Menimpamu Saat Terus-terusan Bersikap Malas, Waspada!

Sepele tapi nggak bisa disepelekan nih!

Bersikap malas mungkin menjadi suatu hal yang kamu benci dan tidak diinginkan kehadirannya dalam hidup. Namun, hal yang kamu benci ini ternyata bisa dengan mudah menghampiri, kan? Contohnya saja ketika kamu malas untuk menyelesaikan kewajiban, malas melakukan rutinitas atau bahkan malas untuk menjadi rajin.

Terkadang, bermalas-malasan memang menyenangkan. Kamu jadi bebas untuk melakukan apa pun yang diinginkan. Nggak hanya itu, bahkan ada ‘kesenangan’ tersendiri saat kamu berhasil memanjakan rasa malas, seolah hidupmu dibanjiri dengan sesuatu yang membahagiakan. Bahkan, kamu saja bisa sampai lupa terhadap kewajiban. Namun, kamu juga harus tahu nih, kalau ternyata ada beberapa hal negatif yang akan menimpamu ketika terus-terusan bersikap malas. Check it out!

1. Tekanan darah jadi meningkat

5 Hal Ini Akan Menimpamu Saat Terus-terusan Bersikap Malas, Waspada!Freepic/user18526052

Bersikap malas sama halnya dengan menunda beberapa tanggung jawab atau rutinitas yang harusnya kamu selesaikan. Sehingga, tanpa disadari pikiranmu pun jadi mudah tertekan saat ingat bahwa tanggung jawab yang kamu miliki sedang terbengkalai.

Maka dari itu, tekanan darahmu juga akan ikutan naik seiring meningkatnya tekanan yang kamu rasakan. Nah, untuk menghindarinya kamu bisa melakukan aktivitas ringan lho! Supaya kamu tidak mengalami peningkatan tekanan darah. Dan, agar rasa malasmu itu bisa segera berkurang.

2. Meningkatnya berat badan

5 Hal Ini Akan Menimpamu Saat Terus-terusan Bersikap Malas, Waspada!Freepic/jcomp

Sudah terlihat wajar jika seseorang yang malas berakhir dengan tubuh yang menjadi gemuk. Hal itu disebabkan karena kurangnya aktivitas yang dilakukan. Sehingga berkurang pula kegiatan untuk membakar kalori. Padahal sebaliknya, ketika kamu aktif bergerak untuk beraktivitas, kamu jadi bisa membakar kalori dalam jumlah yang banyak lho. 

3. Menurunkan konsentrasi

5 Hal Ini Akan Menimpamu Saat Terus-terusan Bersikap Malas, Waspada!Freepic/user18526052

Terlalu sering bermalas-malasan ternyata bisa membuat paru-peru terhimpit. Akibatnya, oksigen yang dapat diterima oleh tubuh hanya berjumlah sedikit. Yang tanpa kamu sadari, ternyata hal tersebut dapat menyebabkan menurunnya konsentrasi yang kamu miliki lho. Sehingga apa pun yang kamu lakukan malah berakhir dengan berantakan. Duh, jangan sampai terjadi deh, ya!

Baca Juga: 5 Kebiasaan yang Membuat Pasangan Malas Ajak Kamu Kencan Romantis

4. Rentan terkena gangguan kecemasan dan depresi

5 Hal Ini Akan Menimpamu Saat Terus-terusan Bersikap Malas, Waspada!Freepic/tirachardz

Bersikap malas akan membuatmu memiliki sedikit energi untuk beraktivitas. Padahal, jika kamu mau melakukan banyak kegiatan, bisa saja rasa malas itu pergi dengan sendirinya dan tergantikan dengan mood yang lebih baik. Kamu harus tahu, kalau bermalas-malasan itu hanya akan membuatmu merasa cemas lho.

Alhasil, kamu akan jadi merasa depresi seolah sedang diawasi oleh beban yang sangat banyak. Tentu hal yang seperti ini bukan menguntungkan, tetapi malah merugikan.

5. Memicu timbulnya penyakit jantung

5 Hal Ini Akan Menimpamu Saat Terus-terusan Bersikap Malas, Waspada!Freepic/onlyyouqj

Kamu perlu tahu jika pada saat bermalas-malasan dan memilih rebahan akan membuat jantungmu berdetak jadi lebih cepat.

Akibatnya, aliran darah dalam tubuh jadi terganggu. Hal tersebut dikarenakan proses penyerapan oksigen ke tubuh yang berkurang. Nah, hal-hal tersebutlah yang ternyata dapat memicu timbulnya penyakit jantung lho. Dan kamu tahu, kan, kalau penyakit jantung juga bisa memicu terjadinya kematian.

 

Sesekali bersikap malas memang boleh, tapi kamu nggak boleh berlebihan apalagi keseringan. Karena kamu tahu sendiri, kan, kalau dampak negatif dari bermalas-malasan ini sangat membahayakan. Jadi, cobalah untuk ubah kebiasaan bermalas-malasan itu, ya!

Baca Juga: 5 Dampak Nyata dari Sifat Suka Bermalas-malasan, Yuk Lebih Produktif!

Keza Felice Photo Verified Writer Keza Felice

Author Asrama Hagers. Suka ngemil, suka jajan, suka kopi, dan suka horor❤

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erwanto

Berita Terkini Lainnya