Comscore Tracker

5 Jawaban Ketika Kamu Ditanya 'Ide Itu Datangnya Dari Mana?' 

Jangan dianggap remeh, ya!

Mungkin semua orang pernah merasa bingung untuk mencari ide. Hal tersebut memang menjadi hambatan utama bagi seorang penulis. Tentu jika ingin terus berkarya, penulis tidak boleh kehabisan ide. Sayangnya, tidak semua orang bisa dengan mudah menemukan ide mendasar untuk menulis. Tidak sedikit pula yang bertanya kepada orang lain— yang terlihat mudah menemukan ide,  dengan pertanyaan yang selalu sama.

Contohnya: “Ide kamu itu datangnya dari mana, sih?” Nah, pernahkah kamu bertanya demikian? Sebenarnya mencari dan menemukan sebuah ide itu tidak terlalu sulit. Bahkan beberapa juga tampak sepele. Berikut ini hal-hal yang bisa kamu lakukan untuk mendatangkan ide. Simple banget, kok!

1. Menghayal

5 Jawaban Ketika Kamu Ditanya 'Ide Itu Datangnya Dari Mana?' Pixabay/Free-Photos

Siapa bilang menghayal itu unfaedah? Nyatanya, tidak. Menghayal bahkan menjadi salah satu penyumbang ide terbesar bagi seorang penulis. Dengan berimajinasi, mengandai-andaikan, dan membayangkan sesuatu hal yang mungkin bisa terjadi, kamu pun bisa dengan mudah menemukan ide lho. Kamu bisa menarik sebuah ide dari peristiwa yang sedang kamu bayangkan di dalam hayalan.

Contohnya, kamu yang 'menghayal' bisa berpacaran dengan artis, dapat menjadikan ide tersebut untuk sebuah tulisan. Yaitu dengan menjadikannya sebuah cerpen, atau juga malah membuat artikel seputar artis yang sedang kamu hayalkan itu. Simple banget, kan?

2. Membaca

5 Jawaban Ketika Kamu Ditanya 'Ide Itu Datangnya Dari Mana?' Pixabay/Jarmoluk

Mungkin di antara kalian ada yang pernah berpikir, “Mau nulis aja pikiran susah diajak kompromi, apalagi kalo harus membaca.” Nah, sebenarnya hal tersebut adalah hal yang salah. Karena, di saat kamu tidak menemukan ide untuk menulis, membaca merupakan salah satu solusi yang dapat kamu terapkan. Hal tersebut dikarenakan 'barang kali' ketika kamu membaca, ada sebuah gagasan yang bisa kamu jadikan topik dalam tulisanmu.

Gak hanya itu, dengan membaca wawasanmu pun akan bertambah semakin banyak. Tentunya hal tersebut juga akan memperkaya pengetahuan, kan? Sehingga kamu tidak akan mengalami kebuntuan lagi dalam menemukan ide. Jadi, sudah siap belum untuk kebanjiran ide hanya dengan membaca?

3. Melihat sekaligus menyadari apa yang sudah dilihat

5 Jawaban Ketika Kamu Ditanya 'Ide Itu Datangnya Dari Mana?' Pixabay/Milivanily

Apa hubungannya menemukan ide dengan melihat? Tentulah ada. Sebab, apa yang kamu lihat bisa saja dijadikan sebuah ide. Pahami keadaan sekitarmu, dengan begitu ide untuk menulis pun akan tumbuh dengan sendirinya. Bukan hanya melihat saja, karena jika hanya melihat tanpa benar-benar mencari sebuah ide, alhasil kamu pun akan tetap mengalami kebuntuan untuk mendapatkan ide tersebut. Untuk itulah ketika kamu melihat keadaan sekitar, jangan lupa untuk sadar terhadap apa yang telah kamu temukan. Pahamilah hal tersebut lalu tarik penemuanmu itu untuk menjadi sebuah ide dalam sebuah tulisan yang akan kamu buat.

Baca Juga: Jawab 11 Pertanyaan Ini Untuk Tahu Kamu Psikopat Gak? Tes Sakit Jiwa

4. Santai, nggak perlu tertekan

5 Jawaban Ketika Kamu Ditanya 'Ide Itu Datangnya Dari Mana?' Pixabay/fernandozhiminaicela

Ide itu akan muncul ketika keadaan tubuh dan pikiranmu sudah siap untuk menerima kehadirannya. Dalam artian, kamu sedang tidak dalam suasana tertekan. Itu berarti bersikap santai dan rileks tentu akan memudahkanmu untuk menemukan sebuah ide. Kamu tidak perlu memaksakan diri jika memang keadaanmu sedang tidak memungkinkan, atau juga ketika pikiranmu sedang tidak bisa diajak untuk bekerja. Jangan sampai keinginanmu untuk terus menulis malah membuatmu menjadi stress.

Cobalah untuk sedikit lebih santai dan rileks, sesekali lakukan peregangan otot atau juga menikmati suasana yang sedang terjadi. Dengan begitu, kamu akan menjadi lebih siap untuk kembali menemukan ide. Karena tubuh yang sudah siap dan jauh dari tekanan akan lebih mudah didatangi ide, lho!

5. Merenung

5 Jawaban Ketika Kamu Ditanya 'Ide Itu Datangnya Dari Mana?' Pxhere

Siapa bilang merenung hanya berlaku untuk mengakuan dosa? Ternyata tidak juga, kok. Kamu bisa merenungkan hal-hal yang sudah terjadi. Baik hal yang baik maupun hal buruk sekalipun. Cobalah pikirkan sebab-akibat yang sudah melatarbelakangi kejadian tersebut. Renungkan saja, apakah ada hal yang bisa kamu ambil dari kejadian tersebut untuk dijadikan sebuah bahan tulisan.

Ingat: Setiap kejadian pasti ada hikmahnya. Hal tersebut berarti juga setiap hal yang berlalu masih bisa kita renungkan dan bisa kita ambil pembelajarannya. Nah, dengan begitu, kamu jadi mudah untuk menemukan sebuah ide. Dengan mengambil garis besar kejadian tersebut dan menjadikannya sebagai sebuah tema untuk tulisanmu.

 

Sebenarnya hal-hal tersebut sangat sepele sekali, kan? Namun, kamu tidak bisa menyepelekannya meskipun hanya hal sepele. Karena, ternyata hal sepele seperti itu malah mujarab untuk mendatangkan sebuah ide lho. Jadi, apa salahnya untuk mencoba, selama yang kita coba bukanlah hal yang berdampak negatif. Jadi, selamat mencoba, ya!

Baca Juga: Jawab 5 Pertanyaan Ini Sebelum Belanja, Bikin Lebih Hemat!

Keza Felice Photo Verified Writer Keza Felice

Author | Content Writer | Ghost Writer | Ig: @Keza236_queen

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • erwanto

Berita Terkini Lainnya