Comscore Tracker

Bukan Egois, 5 Alasan Menjadikan Diri Sendiri Prioritas itu Penting!

Merupakan bentuk self care juga lho

Bagi kamu yang kesulitan berkata "tidak" atau cenderung sering mementingkan kepentingan orang lain di atas kepentingan pribadi, hal tersebut tentu bukanlah hal yang buruk, justru sebaliknya. Namun pernahkah kita merasa kewalahan atau merasa lelah sehingga membutuhkan jeda sejenak untuk beristirahat? Nah, pada titik ini mungkin kamu membutuhkan untuk lebih memprioritaskan diri sendiri terlebih dahulu.

Dan jangan salah lho, memprioritaskan diri sendiri tidak selalu mengartikan egois. Seperti 5 hal ini yang membuktikan bahwa sesekali memprioritaskan diri sendiri itu penting!

1. Membantu orang lain memang penting

Bukan Egois, 5 Alasan Menjadikan Diri Sendiri Prioritas itu Penting!unsplash.com/Anthony Tran

Menjadikan diri sendiri sebagai prioritas tidak mengartikan kita menjadi egois atau bahkan tidak membantu orang lain. Justru dengan menjadikan diri sendiri kita belajar untuk menempatkan mana yang lebih penting untuk diprioritaskan. Mana hal yang penting untuk membantu kita menjadi lebih baik. Dengan menempatkan hal-hal tersebut secara tepat kita tidak merasa kewalahan atau kelelahan karena terus mementingkan hal yang seharusnya tidak diprioritaskan.

2. Pada titik tertentu, diri sendiri juga membutuhkan jeda

Bukan Egois, 5 Alasan Menjadikan Diri Sendiri Prioritas itu Penting!unsplash.com/Dewang Gupta

Akan ada suatu titik di mana kita merasa jenuh atau kehilangan semangat untuk mencapai tujuan. Melakukan relaksasi dengan berjalan-jalan atau melakukan me time bisa menjadi solusi terbaik untuk mengembalikan energi yang telah terkuras sebelumnya. Oleh karena itu tidak ada salahnya sesekali kita menjadikan diri sendiri sebagai prioritas untuk mengembalikan kondisi terbaik yang kita miliki.

Baca Juga: Memahami Self-Care dan Self-Love, Meski Berbeda Tapi Sama Pentingnya

3. Self care adalah peduli pada diri sendiri dan orang lain

Bukan Egois, 5 Alasan Menjadikan Diri Sendiri Prioritas itu Penting!unsplash.com/Austin Distel

Jangan salah, dengan belajar untuk lebih peduli pada diri sendiri, apa yang baik apa yang tidak, apa yang bisa membangun dan yang bisa menjatuhkan membuat kita bisa lebih mengenal diri sendiri lebih mendalam. Bentuk terbaik dari self care ini sendiri lantas tidak menjadikan kita menjadi selfish atau egois, justru kita menjadi tahu bagaimana cara kita mempedulikan orang lain dengan cara yang lebih baik.

4. Sesekali perlu berkata "tidak"

Bukan Egois, 5 Alasan Menjadikan Diri Sendiri Prioritas itu Penting!unsplash.com/Roberto Nickson

Kita tidak bisa selamanya terus berkata "iya" akan permintaan orang lain. Sesekali kita membutuhkan "iya" untuk diri sendiri. Untuk tahu mana yang seharusnya lebih diprioritaskan, mana yang lebih penting, dan tidak terjerumus ke dalam stres akibat terlalu mementingkan kepentingan orang lain.

5. Belajar untuk mengendalikan tingkat stres

Bukan Egois, 5 Alasan Menjadikan Diri Sendiri Prioritas itu Penting!unsplash.com/Joshua Earle

Nah ini dia manfaat kalau kita memprioritaskan diri sendiri. Untuk mengurangi tingkat stres dibutuhkan pengendalian diri serta emosi, oleh karena itu pada titik di mana kita lebih peduli, lebih tahu bagian yang penting untuk dilakukan, kita juga bisa mengendalikan stres yang dialami.

Kembali lagi, memprioritaskan diri sendiri tidak lantas menjadikan kita egois, lupa menolong orang lain. Kita hanya belajar akan menaruh hal-hal yang sepatutnya diprioritaskan terlebih dahulu untuk menjadi pribadi yang lebih baik lagi.

Baca Juga: 5 Bentuk Self-Care yang Bisa Kamu Terapkan dalam Kehidupan Sehari-hari

Kartika Dewi Photo Verified Writer Kartika Dewi

find me on @fromkeydee!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya