Comscore Tracker

Merasa Tidak Bahagia? Mungkin 5 Hal Ini Jadi Penyebabnya

If you want to be happy, be!

Apa kamu merasa bahagia saat ini? Jika tidak, apakah kamu mengetahui apa yang selama ini membuatmu tidak bahagia? Terkadang, kata bahagia terasa begitu ambigu saat kita bertanya apa yang bisa membuat kita bahagia atau apakah kita tengah merasa bahagia.

Rasa bahagia bisa memunculkan semangat serta rasa percaya diri untuk membantu kita menjalani hari. Untuk kamu yang saat ini merasa tidak bahagia, mungkin 5 hal ini jadi penyebabnya.

1. Ekspektasi yang terlalu tinggi

Merasa Tidak Bahagia? Mungkin 5 Hal Ini Jadi Penyebabnyapexels.com/Tess Emily Seymour

Semakin tinggi ekspektasi yang kita tempatkan dan berbanding terbalik dengan realita yang ada, bisa jadi hal tersebut menjadi penyebab kamu tidak merasa bahagia.

Ekspektasi yang berlebihan akan sesuatu yang kita harapkan atau kita tempatkan pada orang lain pada dasanya hanya akan membuat kita menjadi tergantung dan tidak bahagia. Oleh karena itu, simpanlah ekspektasi yang kamu harapkan tidak jauh lebih tinggi dan lebih banyak melakukan tindakan.

2. Khawatir akan segala sesuatu

Merasa Tidak Bahagia? Mungkin 5 Hal Ini Jadi Penyebabnyaunsplash.com/Lesly Juarez

Hidup di dunia yang penuh dengan tuntutan terkadang memang tak lepas membuat kita merasa khawatir. Mulai dari mengkhawatirkan hal-hal kecil hingga hal-hal besar yang bisa terjadi dimasa yang akan datang.

Rasa khawatir yang terus bergumul juga bisa membuatmu jauh tidak bahagia, maka dari itu cobalah untuk menikmati setiap momen yang terjadi serta sedikit semi sedikit kurangi rasa khawatir yang kamu tanamkan. Hal ini bisa membuat beban pikiran kamu jauh lebih ringan.

Baca Juga: 5 Emosi Negatif yang Harus Dihindari Agar Hidup Lebih Bahagia

3. Terjebak dengan toxic people

Merasa Tidak Bahagia? Mungkin 5 Hal Ini Jadi Penyebabnyaunsplash.com/ Fares Hamouche

Berada dalam lingkungan orang-orang yang hanya memberikan dampak negatif padamu bukan saja bisa membuatmu tidak bahagia, tapi secara tidak langsung kamu juga bisa terpengaruh.

Selain kesehatan mental, lingkungan juga bisa menjadi salah satu faktor yang bisa memicu ketidakbahagiaan kamu. Oleh karena itu, cobalah untuk bergabung dengan komunitas atau rekan-rekan yang bisa memberimu energi yang positif serta peduli.

4. Berusaha mengendalikan segala sesuatu yang sebetulnya tidak bisa kita kendalikan

Merasa Tidak Bahagia? Mungkin 5 Hal Ini Jadi Penyebabnyaunsplash.com/ John Sekutowski

Segala sesuatu yang terjadi dalam kehidupan kita terkadang justru tidak bisa kendalikan. Dan memaksakan hal tersebut juga hanya akan menyiksa diri sendiri serta membuat kamu merasa tidak bahagia.

Tapi bukan berarti kita juga harus berpasrah dan putus asa. Cukup jalani kehidupan yang kamu jalani saat ini dan berusaha yang terbaik agar penyesalan tidak datang karena kamu merasa kurang berusaha.

5. Batasan yang kita ciptakan sendiri

Merasa Tidak Bahagia? Mungkin 5 Hal Ini Jadi Penyebabnyaunsplash.com

Berada dalam batasan yang kita ciptakan sendiri justru membuat kita jadi sulit untuk berkembang. Pencapaian yang berusaha untuk kita tuju pun harus terhalang karena batasan atas rasa takut gagal, takut tidak bisa mencoba hal baru hingga takut melakukan kesalahan. Padahal sebuah target atau pencapaian yang yang kita raih bisa membawa kebahagiaan tersendiri.

Diri kita sendirilah yang memutuskan apakah kita ingin dan menjadi bahagia. Oleh karena itu jangan biarkan hal-hal negatif yang muncul dari dalam diri sendiri justru menjadi penghalang untuk membuat kita bahagia.

Baca Juga: Sering Dianggap Biasa, 6 Sikap Ini Bikin Kebahagiaan Menjauh darimu

Kartika Dewi Photo Community Writer Kartika Dewi

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

JADWAL SALAT & IMSAK

21
MEI
2019
16 Ramadan 1440 H
Imsak

04.25

Subuh

04.35

Zuhur

11.53

Asar

15.14

Magrib

17.47

Isya

19.00

#MILLENNIALSMEMILIH

Versi: 21 May 2019 17:45:06

Progress: 755.577 dari 813.350 TPS (92.89691%)

Just For You