Comscore Tracker

7 Tips Ini Bantu Ciptakan Ide Kreatif dalam Menulis

Ide muncul saat kita mau bergerak dan berusaha

Menjadi seorang penulis membuat kita rutin dalam menghasilkan karya. Sementara, tidak setiap hari ide-ide bisa bermunculan dengan mudahnya. Coba ikuti tips berikut ini agar ide-ide kreatif dalam menulis terus berdatangan.

1. Jangan paksakan diri untuk berpikir saat kehabisan ide. Keluar dari ruangan, jalan sebentar di sekeliling area 

7 Tips Ini Bantu Ciptakan Ide Kreatif dalam Menulisilustrasi stress di depan laptop (unsplash.com/jeshoots)

Kalau bekerja dalam rentang waktu yang lama, tidak jarang ide jadi susah muncul. Ada beberapa yang memaksakan untuk terus cari ide baru bisa istirahat. Padahal, hal itu lebih susah dan cenderung tidak menghasilkan apa-apa.

Luangkan waktu sejenak untuk beranjak dari kursi. Jalan-jalan sebentar untuk meredakan stres dan penat. Saat badan sudah rileks, pastinya ide akan jadi lebih mudah muncul.

2. Mungkin tempat bekerja terlalu berantakan, sehingga ide-ide susah muncul. Ayo segera dirapikan 

7 Tips Ini Bantu Ciptakan Ide Kreatif dalam Menulisilustrasi meja kerja berantakan (unsplash.com/wonderlane)

Dengan banyaknya tugas yang akan segera ditagih untuk dikumpulkan, tidak jarang kita terlalu fokus pada pekerjaan. Hal ini kemudian membuat kita lupa bahwa meja sudah dipenuhi dengan berbagai macam kertas, sisa makanan, dan sebagainya.

Tidak heran bahwa ide susah bermunculan. Meja yang berantakan akan menghambat masuknya berbagai macam ide kreatif. Setiap selesai bekerja, segera rapikan meja agar siap digunakan lagi untuk pekerjaan berikutnya.

3. Tonton beragam video di internet bisa jadi sumber ide untuk dapatkan inspirasi 

7 Tips Ini Bantu Ciptakan Ide Kreatif dalam Menulisilustrasi menonton video (unsplash.com/Nathan Dumlao)

Mencari ide untuk menulis bisa juga datang dari internet. Ada berbagai macam video menarik yang membahas topik sesuai minat masing-masing. Hal ini bisa jadi referensi untuk memancing munculnya ide-ide baru.

Tersedia berbagai macam situs yang bisa memenuhi kebutuhan ini. Namun, perlu diingat bahwa tujuan utamanya adalah untuk cari ide. Jangan sampai kehilangan fokus dan malah menonton video yang tidak sesuai dengan kebutuhan menulis.

Baca Juga: 6 Ide Menulis Seputar Karyawan Kantoran, Semua Bisa Dibahas!

4. Ide menarik juga bisa datang dari aktivitas sehari-hari yang kemudian dikemas jadi menarik 

7 Tips Ini Bantu Ciptakan Ide Kreatif dalam Menulisilustrasi jalan pagi (unsplash.com/Matt Seymour)

Menarik minat pembaca adalah salah satu cara yang dilakukan penulis dalam membuat tulisan. Salah satu caranya adalah memilih topik yang dekat dengan masyarakat. Oleh karena itu, ide menarik pun bisa datang dari aktivitas sehari-hari.

Kita bisa menulis tentang topik yang tengah hangat diobrolkan. Tentunya, hal ini akan memancing minat untuk membaca. Hal ini akan lebih efektif bila kita mampu mengemas tulisan tersebut jadi menarik.

5. Ngobrol asyik dengan teman akan munculkan perspektif baru yang bawa ide-ide menarik 

7 Tips Ini Bantu Ciptakan Ide Kreatif dalam Menulisilustrasi mengobrol berdua (unsplash.com/bewakoofofficial)

Kapan terakhir kali menghubungi teman dekat? Segera kirim pesan untuk bertemu. Obrolkan berbagai macam hal yang telah terjadi dan miliki momen bersama yang menyenangkan.

Lantas, apa hubungannya dengan mencari ide kreatif? Meluangkan waktu untuk mendengarkan perspektif orang lain adalah salah satu cara terbaik dalam menangkap ide-ide baru. Tentunya, hal ini bisa jadi inspirasi kita dalam menulis.

6. Selalu update dengan informasi terkini agar tidak ketinggalan berita

7 Tips Ini Bantu Ciptakan Ide Kreatif dalam Menulisilustrasi baca berita (unsplash.com/Roman Kraft)

Sebaik-baiknya penulis adalah mereka yang senantiasa memperbaharui diri dengan informasi terkini. Penulis yang demikian akan menghasilkan karya yang aktual, sehingga membantu mengedukasi para pembacanya.

Penulis bisa mencari informasi terkini lewat berita di internet, koran, dan jenis media lainnya. Informasi tersebut bisa dikutip dalam tulisan, juga bisa dibuat tulisan baru dalam bentuk opini yang berlandaskan fakta.

7. Belajar pada rekan sesama penulis yang sudah terlebih dahulu berkarier

7 Tips Ini Bantu Ciptakan Ide Kreatif dalam Menulisilustrasi berbicara pada orang lain (unsplash.com/wocintechchat)

Peribahasa 'di atas langit masih ada langit' bisa diterapkan dalam berbagai macam aspek, terutama dalam karier menulis. Sebagai penulis yang baru saja menekuni dunia tulis menulis, tentunya ada banyak hal yang perlu dipelajari.

Selain terus menulis, cara belajar lainnya adalah dengan memetik ilmu dari para penulis yang sudah terlebih dahulu berkarier. Dari mereka, kita bisa belajar gaya menulis yang baru, sehingga tulisan kita bisa jadi lebih menarik.

Momen kebingungan dalam mencari ide kreatif akan selalu dialami penulis dalam satu waktu. Meski demikian, tidak perlu lagi khawatir. Tips ini akan bantu kita untuk bisa mencari ide dari mana saja, siapa saja, dan kapan saja. Ayo, mulai menulis lagi!

Baca Juga: 5 Momen Kecil Ini Bikin Ide Menulis Muncul Sendiri, Cobain deh!

Khariton Tjahjadi Photo Verified Writer Khariton Tjahjadi

Menulis sebagai caraku mengingatkan diri sendiri tentang apa yang telah, sedang, dan akan dilalui, baik itu keinginan maupun keharusan.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya