Comscore Tracker

5 Kebiasaan Buruk buat Kita Susah Berkembang, Ayo Dikurangi

Tidak bisa langsung hilang, tapi perlahan bisa dikurangi  

Namanya manusia pasti punya kebiasaan buruk yang kadang susah sekali untuk dihilangkan. Meski demikian, hal ini bukan berarti bahwa hal tersebut tidak mungkin untuk tidak dilakukan.

Selain mendapatkan penilaian buruk dari orang sekitar, kebiasaan buruk ini bisa membuat kita susah berkembang. Setidaknya ada lima kebiasaan buruk yang umum dimiliki oleh setiap orang dan masih susah untuk dihilangkan.

1. Selalu menyalahkan keadaan atau orang lain 

5 Kebiasaan Buruk buat Kita Susah Berkembang, Ayo Dikurangiilustrasi dua orang bertengkar (unsplash.com/Afif Kusuma)

Sebaik apa pun kita dalam mengerjakan sesuatu, kadang ada saat dimana hasil tidak sesuai dengan harapan. Saat itulah kemudian kita merasa bahwa kita sudah mengerjakan dengan benar dan sebaik mungkin dan bertanya-tanya apa yang salah.

Lantas, kita mulai menyalahkan orang-orang sekitar kita, juga keadaan yang kita alami saat ini. Semua orang dianggap pelaku utama dalam kegagalan ini dan hanya dirinya yang paling benar.

2. Buang-buang waktu dan tidak memiliki prioritas 

5 Kebiasaan Buruk buat Kita Susah Berkembang, Ayo Dikurangiilustrasi sibuk main hp (unsplash.com/theyshane)

Setiap orang punya 24 jam setiap harinya untuk beraktivitas. Ada yang buat jadwal untuk rencanakan kegiatan. Ada yang memilih untuk mengalir saja. Keduanya adalah pilihan dan tanggung jawab masing-masing.

Namun, kadang kebiasaan akses media sosial terlalu lama, menonton film hingga tengah malam, dan lain sebagainya malah membuat waktu yang dimiliki jadi terbuang sia-sia. Selain itu, hal-hal tersebut bisa membuat kita lupa terhadap tugas-tugas penting yang wajib segera diselesaikan.

Baca Juga: 5 Kesalahan Saat Berusaha Menghentikan Kebiasaan Buruk, Gak Konsisten!

3. Suka menunda-nunda tugas dan pekerjaan 

5 Kebiasaan Buruk buat Kita Susah Berkembang, Ayo Dikurangiilustrasi dikejar deadline (unsplash.com/Tim Gouw)

Ketika mendapat pekerjaan dari atasan atau tugas dari dosen, kita juga akan diberitahu mengenai kapan batas akhir pengumpulannya. Meski jangka waktunya masih lama, lebih baik dikerjakan dulu agar nanti tidak tergesa-gesa di saat terakhir.

Namun, kebiasaan menunda kadang lebih sering terjadi. Kita berpikir bahwa masih ada banyak waktu untuk mengerjakannya nanti. Kita terus memegang pola pikir tersebut hingga menjelang harinya, kita akan kebingungan untuk mengerjakannya.

4. Kurang bersyukur dan selalu membandingkan diri dengan orang lain  

5 Kebiasaan Buruk buat Kita Susah Berkembang, Ayo Dikurangiilustrasi iri (unsplash.com/obiefernandez)

Tiap orang sudah punya rezekinya masing-masing. Oleh karena itu, sebaiknya kita senantiasa bersyukur untuk semua yang telah kita miliki. Dengan demikian, kita akan merasa cukup dan bebas dari rasa khawatir.

Kebiasaan membanding-bandingkan apa yang orang lain miliki dengan diri kita sendiri akan mengekang hidup kita dengan penuh kekhawatiran dan kecemburuan. Kita akan selalu merasa tidak punya apa-apa dan milik orang lain selalu jauh lebih bagus.

5. Ketakutan berlebih akan masa depan 

5 Kebiasaan Buruk buat Kita Susah Berkembang, Ayo Dikurangiilustrasi pusing (unsplash.com/siavashghanbari)

Tidak ada yang pernah benar-benar tahu apa yang akan terjadi di masa depan. Lantas, sejumlah orang merasa khawatir sehingga membuatnya memiliki ketakutan berlebih terhadap segala macam kemungkinan di masa depan.

Alih-alih menghabiskan waktu dengan ketakutan yang tidak nyata, lebih baik manfaatkan waktu yang ada untuk mempersiapkan diri menyambut masa depan. Hal itu jauh lebih efektif dan bermanfaat.

Meski tampak susah, kita selalu bisa untuk segera memulai mengurangi kebiasaan-kebiasaan buruk yang kita miliki. Menguranginya akan memberi kita lebih banyak kesempatan untuk bertumbuh dan berkembang lebih baik dalam hidup.

Baca Juga: 5 Kebiasaan Buruk yang Bisa Bikin Usaha Kamu Gagal, Hati-hati!

Khariton Tjahjadi Photo Verified Writer Khariton Tjahjadi

Menulis sebagai caraku mengingatkan diri sendiri tentang apa yang telah, sedang, dan akan dilalui, baik itu keinginan maupun keharusan.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya