Comscore Tracker

5 Hal yang Harus Dilakukan saat Ada Masalah, Coba Selesaikan! 

Jika dibiarkan bisa menambah beban pikiran

Semua orang berharap tidak ada satu masalah yang rumit menghampiri kehidupan mereka. Namun, tak dapat dielak bahwa masalah, baik kecil maupun besar, akan datang jika tiba waktunya.

Siap ataupun tidak, masalah tersebut harus kamu selesaikan. Jangan sesekali untuk membiarkan masalah berlarut-larut. Jika dibiarkan, kamu sendiri yang akan merasa terbebani dengan permasalahan tersebut.

Supaya tidak bertambah besar dan menyusahkan kamu nantinya, berikut lima hal yang mesti kamu lakukan agar masalah kamu cepat terselesaikan. Bisa minta pendapat ke keluarga, lho!

1. Cari akar dari permasalahan yang sedang terjadi 

5 Hal yang Harus Dilakukan saat Ada Masalah, Coba Selesaikan! Ilustrasi orang berpikir (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Setiap masalah yang terjadi pasti ada sebab yang memicu perkara tersebut. Tentu tidak akan ada asap jika tidak ada api, kan? Sama halnya dengan masalah yang terjadi pasti ada akar permasalahannya.

Coba pikir terlebih dahulu di mana letak permasalahannya. Kamu bisa mengambil waktu sebentar untuk merenungkan hal tersebut. Jika sudah mendapatkan di mana letak salahnya, segera rundingkan dengan baik-baik.

Ambil titik tengahnya untuk menyelesaikan permasalahan yang terjadi. Usahakan tidak ada ketegangan dari beberapa pihak yang terlibat. Dengan begitu, kamu bakal bisa menyelesaikan permasalahan tersebut.

2. Minta pendapat orang yang dipercaya

5 Hal yang Harus Dilakukan saat Ada Masalah, Coba Selesaikan! Ilustrasi dua orang berbicara (pexels.com/Christina Morillo)

Masalah yang kamu hadapi, khususnya yang bisa membuatmu stres dan tertekan, tentu tak bisa dibiarkan saja. Segera cari orang yang bisa membuatmu lega dan mampu membantumu atau hanya mendukungmu saja.

Masalah yang kamu pendam sendiri hingga bikin gelisah hanya akan membuatmu merasa terpuruk. Parahnya, karena banyaknya tekanan dalam pikiran, kamu akan jatuh sakit dan memperburuk keadaan, lho.

Orang tua, sahabat, atau orang-orang terdekat bisa kamu jadikan tempat untuk mencurahkan pikiran. Mintalah pendapat dan dukungan hingga kamu merasa kuat dan siap untuk menghadapi masalah itu lagi. Jika merasa tidak mampu, jangan sungkan untuk meminta tolong kepada mereka.

3. Jangan menganggap remeh masalah kecil

5 Hal yang Harus Dilakukan saat Ada Masalah, Coba Selesaikan! Ilustrasi orang sedang mencatat (pexels.com/Alex Green)

Siapa yang pernah menganggap remeh masalah kecil yang datang menghampiri? Jangan sesekali kamu menyepelekan masalah kecil yang terjadi. Segera selesaikan jika bisa langsung diselesaikan.

Menimbun masalah kecil nantinya juga sangat berbahaya bagi pikiran. Masalah kecil yang terkumpul akan menjadi besar, sehingga butuh waktu untuk bisa menyelesaikan. Tentu saja, bukan hanya pikiran saja yang dibuatnya kewalahan, tapi juga tenaga yang akan kamu habiskan.

Nah, jangan pernah memiliki pikiran bahwa masalah kecil hanyalah masalah kecil. Karena dari yang kamu anggap remeh tersebut akan menjadi sangat besar yang menyusahkan.

Baca Juga: 5 Tips Selesaikan Permasalahan Hubungan Percintaan

4. Jangan lari dari masalah

5 Hal yang Harus Dilakukan saat Ada Masalah, Coba Selesaikan! Ilustrasi mengikat tangan (pexels.com/lil artsy)

Banyak orang yang masih belum mempunyai kekuatan untuk menghadapi beberapa masalah yang terjadi. Masih banyak pula orang-orang yang memilih lari atau kabur dari masalah tersebut. Berpikir akan lepas, nyatanya makin menjadi dan menyusahkan.

Ketika kamu membuat sebuah masalah besar yang agaknya sulit di selesaikan, coba untuk merundingkan dengan baik-baik. Jangan pernah berpikir untuk menghindarinya hingga menyusahkan orang-orang yang ada di sekitarmu.

Bersikaplah tanggung jawab dengan apa yang sedang terjadi. Semua masalah pasti bisa diselesaikan dengan baik. Mintalah waktu jika masalahnya berat dan jangan pernah memilih untuk menghindar.

5. Berpikir sebelum bertindak untuk terhindar masalah 

5 Hal yang Harus Dilakukan saat Ada Masalah, Coba Selesaikan! Ilustrasi Seorang gadis sedang berpikir (pexels.com/Julia M Cameron)

Nah, sebelum ada masalah yang terjadi atau menghampiri, ada baiknya kamu bisa berpikir terlebih dahulu untuk menganalisa sebab dan akibat dari apa yang akan kamu lakukan.

Bersikap aware atau berhati-hati memang sangat bagus. Selain akan membuatmu merasa waspada, tentu saja masalah yang kiranya akan terjadi bisa kamu tekan terlebih dahulu atau kamu hindari. Meski tidak 100 persen bisa terhindar, tapi setidaknya bisa ditekan.

Perlu diingat, masalah memang bisa datang kapan saja dan di mana saja serta pada siapa saja. Intinya, jika kamu sudah masuk dengan masalah tersebut cobalah untuk menyelesaikan hingga tuntas sehingga nantinya tidak akan membuatmu kesusahan.

Baca Juga: 5 Bukti Permasalahan Hidup Setiap Orang Itu Sama Beratnya

Kiswanto Sugeng Photo Verified Writer Kiswanto Sugeng

Penyuka kopi, gunung, game apalagi kamu...!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Naufal Al Rahman

Berita Terkini Lainnya