Comscore Tracker

5 Pelajaran Penting Sumpah Pemuda untuk Generasi Muda

Selamat hari Sumpah Pemuda!

28 Oktober 1928 adalah salah satu tonggak utama dalam sejarah pergerakan kemerdekaan Indonesia. Para pemuda kala itu saling menguatkan satu sama lain dan meyakini perjuangan mereka untuk memperoleh kemerdekaan.

Akhirnya, perjuangan para pemuda pun gak sia-sia. Indonesia berhasil merdeka tanggal 17 Agustus 1945. Untuk memperingati sumpah pemuda, yuk kita cari tahu apa saja pelajaran penting yang bisa kita petik dari perjuangan sumpah pemuda!

1. Semangat sumpah pemuda mengajarkan kita untuk gak pernah berhenti berjuang

5 Pelajaran Penting Sumpah Pemuda untuk Generasi Mudapexels/artem

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, sumpah pemuda adalah tonggak lahir dari kemerdekaan Indonesia. Meskipun begitu, perjuangan para pemuda untuk mencapai kemerdekaan gak mudah. Mereka butuh waktu hampir 17 tahun hingga akhirnya bisa mengibarkan bendera merah putih tanda merdeka.

Nah, perjuangan para pemuda ini patut banget kita contoh. Coba bayangkan kalau mereka berhenti berjuang. Mungkin saja sampai sekarang kita masih negara jajahan lho! 

2. Meski ada perbedaan suku, agama dan ras, kita semua satu Indonesia. Yuk hargai sesama kita!

5 Pelajaran Penting Sumpah Pemuda untuk Generasi Mudapexels/mentatdgt

Indonesia memiliki banyak suku, agama, dan ras. Perbedaan ini harusnya indah dan menciptakan toleransi antar warga. Sayangnya banyak dari kita masih tertutup dengan perbedaan bahkan melihat perbedaan sebagai ancaman. Banyak juga yang masih memiliki stereotip dan sikap diskriminatif tertentu terhadap suku/ras/agama di luarnya.

Sumpah pemuda mengajarkan kita bahwa kita tetap berbangsa satu, bangsa Indonesia. Yuk kita lebih menghargai sesama dan saling menjaga toleransi.

3. Kita juga harus menjaga warisan lokal dan bangga sebagai warga Indonesia

5 Pelajaran Penting Sumpah Pemuda untuk Generasi Mudapexels/arthem

Apakah kamu bangga menjadi warga Indonesia? Ketika pertanyaan ini diberikan kepadamu, apa jawaban kamu? Sebagai generasi millennials, kita banyak bersentuhan dengan dunia global. Banyak millennials lebih tertarik dengan budaya asing dibandingkan budaya lokal. Banyak juga yang lebih tertarik pergi berwisata ke luar negeri dibanding daerah lokal.

Memang, kemajuan dunia global berpengaruh positif untuk kita, tapi jangan sampai kita melupakan budaya lokal. Banyak juga kok wisata, warisan, dan budaya lokal yang patut kita banggakan!

Baca Juga: Fakta-fakta Sejarah Sumpah Pemuda yang Jarang Diketahui

4. Meski kini sudah banyak bahasa asing, yuk cintai bahasa Indonesia!

5 Pelajaran Penting Sumpah Pemuda untuk Generasi Mudapixabay/sasint

Kita sebagai millennials hidup dalam era globalisasi. Gak heran kalau kita gencar banget untuk memelajari bahasa global seperti bahasa inggris, hingga bahasa asing lain agar semakin memiliki nilai lebih. Hal ini tentu baik, tapi ternyata perlahan-lahan bahasa Indonesia menjadi pudar seiring berkembangnya zaman.

Ditambah lagi anak-anak muda zaman sekarang sering banget memakai bahasa gaul dan menciptakan istilah-istilah lain di luar bahasa Indonesia. Akhirnya, bahasa Indonesia semakin memudar.

Sumpah pemuda mengajarkan kita untuk gak pernah melupakan bahasa persatuan kita. Bahasa Indonesia adalah bahasa yang dipahami oleh setiap bangsa. Jadi jangan sampai pudar ya! 

5. Ke mana pun kakimu berpijak, jangan pernah melupakan tanah kelahiranmu

5 Pelajaran Penting Sumpah Pemuda untuk Generasi Mudaunsplash/luca zanon

Banyak banget warga Indonesia yang pergi ke luar negeri untuk menempuh pendidikan lebih tinggi. Sayangnya, mereka tidak kembali lagi ke tanah air setelah mendapat ilmu tersebut. Padahal, kalau mereka kembali lagi banyak banget ilmu yang bisa mereka bagikan untuk kemajuan tanah air. Indonesia memiliki cita-cita untuk mencerdaskan kehidupan bangsa.

Oleh karena itu, sumpah pemuda juga mengajarkan kita untuk selalu mengingat tanah kelahiran kita. Ke mana pun kaki berpijak, jangan lupa untuk kembali pulang. 

Itu tadi 5 pelajaran penting sumpah pemuda bagi kita kaum millennials. Yuk teruskan perjuangan pendiri bangsa kita! 

Baca Juga: Sumpah Pemuda: Masihkah Menginspirasi Perbedaan?

Topic:

  • Pinka Wima
  • Febriyanti Revitasari

Berita Terkini Lainnya