Comscore Tracker

Waspada, 5 Hal Ini Ternyata Bisa Jadi Sumber Stres! 

Padahal sering kamu lakukan!

American Psychological Association (APA) menyebutkan bahwa generasi millennials yang berada dalam usia produktif cenderung lebih mengalami stres dan kecemasan dibanding generasi-generasi sebelumnya. Hal ini tentunya berbahaya bagi kelangsungan hidup mereka. Meskipun begitu, semakin berkembangnya zaman, semakin banyak hal yang bisa memicu stres para millennials. Beberapa sumber stres ini bahkan sering gak disadari, lho!

1. Media sosial

Waspada, 5 Hal Ini Ternyata Bisa Jadi Sumber Stres! pexels/Tracy Le Blanc

Zaman sekarang siapa sih millennials yang gak akrab dengan media sosial? Banyak orang senang mencari atau membagikan informasi-informasi menarik di media sosial pribadi mereka. Sayangnya media sosial ini kemudian menjadi salah satu sumber stres yang sering gak disadari. 

Sumber stres ini berasal dari keinginan untuk 'terlihat' di media sosial. Kita berusaha membuat foto terbaik, caption terbaik, dan berharap mendapat komentar, like, atau followers yang banyak. Ketika kita gak mendapatkan itu, kepercayaan diri kita berkurang.

Selain itu, media sosial juga sering disebut sebagai 'ajang pamer'. Mereka yang gak memiliki pertahanan diri kuat bakal membanding-bandingkan kehidupannya dengan apa yang ia lihat di media sosial. Ketika hidupnya gak lebih bahagia, dia bakal minder. Gimana gak stres?

2. Telepon genggam

Waspada, 5 Hal Ini Ternyata Bisa Jadi Sumber Stres! Unsplash/freestocks.org

Siapa di sini yang gak tenang kalau gak bawa telepon genggam?

Gak jauh dari media sosial, telepon genggam juga menjadi sumber stres yang gak disadari. Teknologi dan kemudahan yang ditawarkan dari telepon genggam memunculkan sifat adiktif dalam diri kita. Makanya kita sering terus-terusan mengecek telepon genggam kita, padahal gak ada sesuatu yang penting di dalamnya.

Selain itu, Baylor University (2014) pernah melakukan penelitian tentang layar telepon genggam. Penelitian tersebut menyebutkan bahwa layar handphone dapat meningkatkan aktivitas sistem saraf yang kemudian memicu kecemasan berlebih.

3. Terlalu lama duduk

Waspada, 5 Hal Ini Ternyata Bisa Jadi Sumber Stres! pixabay/Free-Photos

Saat ini, banyak banget pekerjaan yang menuntut kita untuk selalu duduk di kursi dan menghadap layar komputer. Hal ini membuat lebih dari setengah hari kita dihabiskan untuk duduk. Padahal, terlalu duduk bisa menimbulkan kegelisahan dan kecemasan.

BMC Public Health meneliti bahwa mereka yang selalu duduk cenderung mengalami stres lebih banyak daripada mereka yang bergerak. Untuk mengatasi hal ini, setiap 90 menit duduk sebaiknya kita berdiri dan berjalan-jalan sebentar, baru kemudian duduk kembali untuk menyelesaikan pekerjaan kita.

Baca Juga: 5 Kebiasaan Sepele Ini Ternyata Bisa Memicu Stres Lho, Waspadalah!

4. Terlalu banyak minum kopi

Waspada, 5 Hal Ini Ternyata Bisa Jadi Sumber Stres! Unsplash/Alex Boyd

Millennials juga terkenal hobi minum kopi. Saat ini banyak banget kopi-kopi hits yang sering banget dikonsumsi millennials sehari-hari. Mereka merasa lebih bersemangat dan fokus bekerja kalau ditemani minuman berkafein tersebut.

Namun ternyata, terlalu banyak kafein bisa membuat kita lebih sensitif sehingga mudah gugup, cemas dan tersinggung. Akhirnya, mereka yang sering banget minum kopi jadi lebih rentan stres. Oleh karena itu, kita disarankan untuk membatasi kopi dengan hanya meminum satu atau dua cangkir sehari.

5. Terlalu sering mendengarkan curhatan

Waspada, 5 Hal Ini Ternyata Bisa Jadi Sumber Stres! pexels/fauxels

Ketika kita merasa stres, kita tentu ingin berbagi keluh kesah dengan orang lain agar beban berkurang. Makanya, kalau misal ada teman terdekat yang ingin curhat, kita bakal siap sedia untuk mendengarkan.

Ternyata, kita juga bisa gampang stres kalau terlalu banyak mendengar curhatan orang lain. Apalagi kalau kondisi kamu juga lagi stres. Hal ini karena kita terlalu banyak menyerap energi negatif yang bakal memengaruhi kondisi mental kita.

Oleh karena itu, kita disarankan untuk selalu berbagi kabar yang menyenangkan dan bahagia setelah bercerita hal-hal yang berat dan menyedihkan.

Ternyata hal-hal sederhana ini bisa memicu stres, bukan? Yuk mulai sekarang beri batasan dari hal-hal tersebut agar hidup lebih bahagia! 

Baca Juga: 5 Rutinitas yang Perlu Kamu Lakukan untuk Mengurangi Stres

Topic:

  • Klara Livia
  • Pinka Wima

Berita Terkini Lainnya