Comscore Tracker

Arti Kenaikan Isa Almasih, Hari Raya Umat Kristiani

Masih berhubungan dengan Paskah

Pada Kamis (26/5/2022) mendatang, umat Kristen dan Katolik akan merayakan Hari Kenaikan Isa Almasih. Ternyata hari raya ini masih berkaitan dengan peristiwa Paskah, atau hari peringatan wafat dan kebangkitan Yesus lho!

Lantas apa arti kenaikan Isa Almasih, apa maknanya, dan bagaimana sejarahnya? Yuk cek rangkumannya di bawah ini!

1. Arti Kenaikan Isa Almasih

Arti Kenaikan Isa Almasih, Hari Raya Umat Kristianiilustrasi patung Yesus (pexels.com/cottonbro)

Secara singkat, arti Kenaikan Isa Almasih adalah hari Yesus naik ke surga, 40 hari setelah hari kebangkitan-Nya. Peristiwa ini disaksikan oleh murid-murid Yesus, yang melihat-Nya terangkat naik ke langit dan kemudian hilang dari pandangan setelah tertutup awan.

Sebelum peristiwa Kenaikan ini, para murid Yesus digambarkan masih belum memahami benar arti seluruh peristiwa yang mereka alami (dari Yesus wafat hingga bangkit). Banyak dari mereka masih berharap Yesus akan memulihkan kerajaan Daud yang runtuh sejak dikalahkan oleh Kerajaan Babel.

Meskipun begitu, dengan Kenaikan-Nya ke Sorga, para murid menyadari bahwa mereka memiliki misi yang bukan datang dari dunia. Misi para murid adalah menyebarkan kebaikan dan menjadi saksi Yesus. 

2. Latar Belakang Kenaikan Isa Almasih

Arti Kenaikan Isa Almasih, Hari Raya Umat KristianiAlkitab (pexels.com/Luis Quintero)

Peristiwa kenaikan Isa Almasih digambarkan secara jelas dalam Alkitab. Peristiwa ini bermula dari pengorbanan Yesus di kayu salib untuk menebus dosa manusia. Sesudah mati, Yesus dikuburkan dalam suatu pusara baru.

Di hari ke-3, kuburan Yesus kosong karena Ia telah bangkit. Yesus pun menunjukkan diri-Nya kepada Murid-muirdnya. Kebangkitan Yesus ini kemudian diperingati sebagai hari Paskah untuk umat Kristiani.

40 hari setelah kebangkitannya, Yesus dan murid-murid pergi ke Bukit Zaitun. Di bukit ini Yesus berjanji bahwa Ia akan datang untuk kedua kalinya. Sesudah menyampaikan janji itu, Yesus berpisah dari murid-muridnya dan diangkat ke surga.

Semua pengikut Yesus bersujud dan menyembah kepada-Nya, pun menanti kedatangan Yesus kembali sesuai janji-Nya. Setelahnya, para murid pun pulang dengan penuh kebahagiaan.

Baca Juga: 24 Ayat Alkitab tentang Paskah, Bukti Penyaliban dan Kebangkitan Yesus

3. Makna Kenaikan Isa Almasih

Arti Kenaikan Isa Almasih, Hari Raya Umat Kristianiilustrasi berdoa (unsplash.com/Ben White)

Ada banyak makna yang bisa umat petik sebagai makna kenaikan Isa Almasih. Di antaranya adalah, sebagai penggenapan rencana Allah yang tak pernah gagal dan agar umat tetap memiliki kebahagiaan dan semangat dalam melayani. 

Inkarnasi Yesus dimulai dari kelahiran-Nya dan diakhiri dengan kenaikan-Nya ke surga. Semua ini adalah bagian dari rencana Allah yang pada akhirnya terwujud. Melalui kenaikan Yesus Kristus, yang merupakan akhir dari inkarnasi Yesus, umat percaya bahwa rencana Allah tidak pernah gagal. Oleh karena itu, kita gak perlu kuatir atau pun takut dalam menjalani hidup bersama Allah.

Lalu, kenaikan Yesus juga bisa menjadi penyemangat umat untuk tetap memiliki kebahagiaan dan semangat dalam melayani. Hal ini karena Yesus menyertai kita selama-lamanya, meskipun kini tak lagi di dunia. Hal ini pun tercantum dalam Yohanes 14:16.

“Aku akan meminta kepada Bapa, dan Ia akan memberikan Penolong yang lain, supaya Ia menyertai kamu selama-lamanya”.

Demikian arti kenaikan Isa Almasih. Selamat merayakan Hari Kenaikan Yesus untuk kamu yang merayakan!

Baca Juga: 6 Rangkaian Hari Paskah dan Maknanya, Rabu Abu hingga Minggu Paskah

Topic:

  • Pinka Wima
  • Stella Azasya

Berita Terkini Lainnya