Surat Al-Baqarah Ayat 256-270 Arab: Arti, Kandungan, dan Keutamaan

Menyinggung soal sedekah, riya, dan ketetapan Allah SWT

Surat Al-Baqarah memiliki 286 ayat panjang, karena itu surat ini menjadi satu dari tujuh surat terpanjang dalam Al-Qur'an atau yang disebut dengan Al-Sab' al-Tiwal. Sebagian besar ayatnya diwahyukan oleh Allah SWT ketika awal hijrah Nabi Muhammad SAW di Madinah.

Memiliki banyak nama lain seperti Fustatul Qur'an dan Alif Lam Mim, berikut bacaan surat Al-Baqarah ayat 256–270 lengkap beserta arti, kandungan, dan keutamaannya yang dapat dipelajari.

1. Surat Al-Baqarah ayat 256–270 dan artinya

Surat Al-Baqarah Ayat 256-270 Arab: Arti, Kandungan, dan Keutamaanilustrasi tilawah Al-Qur'an (unsplash.com/26_ms)

Ayat 256

لَآ اِكْرَاهَ فِى الدِّيْنِۗ قَدْ تَّبَيَّنَ الرُّشْدُ مِنَ الْغَيِّ ۚ فَمَنْ يَّكْفُرْ بِالطَّاغُوْتِ وَيُؤْمِنْۢ بِاللّٰهِ فَقَدِ اسْتَمْسَكَ بِالْعُرْوَةِ الْوُثْقٰى لَا انْفِصَامَ لَهَا ۗوَاللّٰهُ سَمِيْعٌ عَلِيْمٌ

Laa ikraaha fid-diin, qat tabayyanar-rusydu minal-gayy, fa may yakfur bit-taaguuti wa yu`mim billaahi fa qadistamsaka bil-'urwatil-wusqaa lanfisaama lahaa, wallaahu samii'un 'aliim.

Artinhya: Tidak ada paksaan dalam (menganut) agama (Islam), sesungguhnya telah jelas (perbedaan) antara jalan yang benar dengan jalan yang sesat. Barang siapa ingkar kepada Tagut dan beriman kepada Allah, maka sungguh, dia telah berpegang (teguh) pada tali yang sangat kuat yang tidak akan putus. Allah Maha Mendengar, Maha Mengetahui.

Ayat 257

اَللّٰهُ وَلِيُّ الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا يُخْرِجُهُمْ مِّنَ الظُّلُمٰتِ اِلَى النُّوْرِۗ وَالَّذِيْنَ كَفَرُوْٓا اَوْلِيَاۤؤُهُمُ الطَّاغُوْتُ يُخْرِجُوْنَهُمْ مِّنَ النُّوْرِ اِلَى الظُّلُمٰتِۗ اُولٰۤىِٕكَ اَصْحٰبُ النَّارِۚ هُمْ فِيْهَا خٰلِدُوْنَ

Allaahu waliyyullaziina aamanuu yukhrijuhum minaz-zulumaati ilan-nuur, wallaziina kafaruu auliyaa`uhumut-taaguutu yukhrijuunahum minan-nuuri ilaz-zulumaat, ulaa`ika as-haabun-naar, hum fiihaa khaaliduun.

Artinya: Allah pelindung orang yang beriman. Dia mengeluarkan mereka dari kegelapan kepada cahaya (iman). Dan orang-orang yang kafir, pelindung-pelindungnya adalah setan, yang mengeluarkan mereka dari cahaya kepada kegelapan. Mereka adalah penghuni neraka. Mereka kekal di dalamnya.

Ayat 258

  اَلَمْ تَرَ اِلَى الَّذِيْ حَاۤجَّ اِبْرٰهٖمَ فِيْ رَبِّهٖٓ اَنْ اٰتٰىهُ اللّٰهُ الْمُلْكَ ۘ اِذْ قَالَ اِبْرٰهٖمُ رَبِّيَ الَّذِيْ يُحْيٖ وَيُمِيْتُۙ قَالَ اَنَا۠ اُحْيٖ وَاُمِيْتُ ۗ قَالَ اِبْرٰهٖمُ فَاِنَّ اللّٰهَ يَأْتِيْ بِالشَّمْسِ مِنَ الْمَشْرِقِ فَأْتِ بِهَا مِنَ الْمَغْرِبِ فَبُهِتَ الَّذِيْ كَفَرَ ۗوَاللّٰهُ لَا يَهْدِى الْقَوْمَ الظّٰلِمِيْنَۚ

A lam tara ilallazii haajja ibraahiima fii rabbihii an aataahullaahul-mulk, iz qaala ibraahiimu rabbiyallazii yuhyii wa yumiitu qaala ana uhyii wa umiit, qaala ibraahiimu fa innallaaha ya`tii bisy-syamsi minal-masyriqi fa`ti bihaa minal-magribi fa buhitallazii kafar, wallaahu laa yahdil-qaumaz-zaalimiin.

Artinya: Tidakkah kamu memperhatikan orang yang mendebat Ibrahim mengenai Tuhannya, karena Allah telah memberinya kerajaan (kekuasaan). Ketika Ibrahim berkata, “Tuhanku ialah Yang menghidupkan dan mematikan,” dia berkata, “Aku pun dapat menghidupkan dan mematikan.” Ibrahim berkata, “Allah menerbitkan matahari dari timur, maka terbitkanlah ia dari barat.” Maka bingunglah orang yang kafir itu. Allah tidak memberi petunjuk kepada orang-orang zalim.

Ayat 259

  اَوْ كَالَّذِيْ مَرَّ عَلٰى قَرْيَةٍ وَّهِيَ خَاوِيَةٌ عَلٰى عُرُوْشِهَاۚ قَالَ اَنّٰى يُحْيٖ هٰذِهِ اللّٰهُ بَعْدَ مَوْتِهَا ۚ فَاَمَاتَهُ اللّٰهُ مِائَةَ عَامٍ ثُمَّ بَعَثَهٗ ۗ قَالَ كَمْ لَبِثْتَ ۗ قَالَ لَبِثْتُ يَوْمًا اَوْ بَعْضَ يَوْمٍۗ قَالَ بَلْ لَّبِثْتَ مِائَةَ عَامٍ فَانْظُرْ اِلٰى طَعَامِكَ وَشَرَابِكَ لَمْ يَتَسَنَّهْ ۚ وَانْظُرْ اِلٰى حِمَارِكَۗ وَلِنَجْعَلَكَ اٰيَةً لِّلنَّاسِ وَانْظُرْ اِلَى الْعِظَامِ كَيْفَ نُنْشِزُهَا ثُمَّ نَكْسُوْهَا لَحْمًا ۗ فَلَمَّا تَبَيَّنَ لَهٗ ۙ قَالَ اَعْلَمُ اَنَّ اللّٰهَ عَلٰى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرٌ

Au kallazii marra 'alaa qaryatiw wa hiya khaawiyatun 'alaa 'uruusyihaa, qaala annaa yuhyii haazihillaahu ba'da mautihaa, fa amaatahullaahu mi`ata 'aamin summa ba'asah, qaala kam labist, qaala labistu yauman au ba'da yauum, qaala bal labista mi`ata 'aamin fanzur ilaa ta'aamika wa syaraabika lam yatasannah, wanzur ilaa himaarik, wa linaj'alaka aayatal lin-naasi wanzur ilal-'izaami kaifa nunsyizuhaa summa naksuuhaa lahmaa, fa lammaa tabayyana lahuu qaala a'lamu annallaaha 'alaa kulli syai`ing qadiir.

Artinya: Atau seperti orang yang melewati suatu negeri yang (bangunan-bangunannya) telah roboh hingga menutupi (reruntuhan) atap-atapnya, dia berkata, “Bagaimana Allah menghidupkan kembali (negeri) ini setelah hancur?” Lalu Allah mematikannya (orang itu) selama seratus tahun, kemudian membangkitkannya (menghidupkannya) kembali. Dan (Allah) bertanya, “Berapa lama engkau tinggal (di sini)?” Dia (orang itu) menjawab, “Aku tinggal (di sini) sehari atau setengah hari.” Allah berfirman, “Tidak! Engkau telah tinggal seratus tahun. Lihatlah makanan dan minumanmu yang belum berubah, tetapi lihatlah keledaimu (yang telah menjadi tulang belulang). Dan agar Kami jadikan engkau tanda kekuasaan Kami bagi manusia. Lihatlah tulang belulang (keledai itu), bagaimana Kami menyusunnya kembali, kemudian Kami membalutnya dengan daging.” Maka ketika telah nyata baginya, dia pun berkata, “Saya mengetahui bahwa Allah Mahakuasa atas segala sesuatu.”

Ayat 260

وَاِذْ قَالَ اِبْرٰهٖمُ رَبِّ اَرِنِيْ كَيْفَ تُحْيِ الْمَوْتٰىۗ قَالَ اَوَلَمْ تُؤْمِنْ ۗقَالَ بَلٰى وَلٰكِنْ لِّيَطْمَىِٕنَّ قَلْبِيْ ۗقَالَ فَخُذْ اَرْبَعَةً مِّنَ الطَّيْرِفَصُرْهُنَّ اِلَيْكَ ثُمَّ اجْعَلْ عَلٰى كُلِّ جَبَلٍ مِّنْهُنَّ جُزْءًا ثُمَّ ادْعُهُنَّ يَأْتِيْنَكَ سَعْيًا ۗوَاعْلَمْ اَنَّ اللّٰهَ عَزِيْزٌحَكِيْمٌ

Wa iz qaala ibraahiimu rabbi arinii kaifa tuhyil-mautaa, qaala a wa lam tu`min, qaala balaa wa laakil liyatma`inna qalbii, qaala fakhuz arba'atam minat-tairi fa sur-hunna ilaika summaj'al 'alaa kulli jabalim min-hunna juz`an summad'uhunna ya`tiinaka sa'yaa, wa'lam annallaaha 'aziizun hakiim.

Artinya: Dan (ingatlah) ketika Ibrahim berkata, “Ya Tuhanku, perlihatkanlah kepadaku bagaimana Engkau menghidupkan orang mati.” Allah berfirman, “Belum percayakah engkau?” Dia (Ibrahim) menjawab, “Aku percaya, tetapi agar hatiku tenang (mantap).” Dia (Allah) berfirman, “Kalau begitu ambillah empat ekor burung, lalu cincanglah olehmu kemudian letakkan di atas masing-masing bukit satu bagian, kemudian panggillah mereka, niscaya mereka datang kepadamu dengan segera.” Ketahuilah bahwa Allah Mahaperkasa, Mahabijaksana.

Ayat 261

مَثَلُ الَّذِيْنَ يُنْفِقُوْنَ اَمْوَالَهُمْ فِيْ سَبِيْلِ اللّٰهِ كَمَثَلِ حَبَّةٍ اَنْۢبَتَتْ سَبْعَ سَنَابِلَ فِيْ كُلِّ سُنْۢبُلَةٍ مِّائَةُ حَبَّةٍ ۗ وَاللّٰهُ يُضٰعِفُ لِمَنْ يَّشَاۤءُ ۗوَاللّٰهُ وَاسِعٌ عَلِيْمٌ

Masalullaziina yunfiquuna amwaalahum fii sabiilillaahi kamasali habbatin ambatat sab'a sanaabila fii kulli sumbulatim mi`atu habbah, wallaahu yudaa'ifu limay yasyaa`, wallaahu waasi'un 'aliim.

Artinya: Perumpamaan orang yang menginfakkan hartanya di jalan Allah seperti sebutir biji yang menumbuhkan tujuh tangkai, pada setiap tangkai ada seratus biji. Allah melipatgandakan bagi siapa yang Dia kehendaki, dan Allah Mahaluas, Maha Mengetahui.

Ayat 262

اَلَّذِيْنَ يُنْفِقُوْنَ اَمْوَالَهُمْ فِيْ سَبِيْلِ اللّٰهِ ثُمَّ لَا يُتْبِعُوْنَ مَآ اَنْفَقُوْا مَنًّا وَّلَآ اَذًىۙ لَّهُمْ اَجْرُهُمْ عِنْدَ رَبِّهِمْۚ وَلَا خَوْفٌ عَلَيْهِمْ وَلَا هُمْ يَحْزَنُوْنَ

Allaziina yunfiquuna amwaalahum fii sabiilillaahi summa laa yutbi'uuna maa anfaquu mannaw wa laa azal lahum ajruhum 'inda rabbihim, wa laa khaufun 'alaihim wa laa hum yahzanuun.

Artinya: Orang yang menginfakkan hartanya di jalan Allah, kemudian tidak mengiringi apa yang dia infakkan itu dengan menyebut-nyebutnya dan menyakiti (perasaan penerima), mereka memperoleh pahala di sisi Tuhan mereka. Tidak ada rasa takut pada mereka dan mereka tidak bersedih hati.

Ayat 263

۞ قَوْلٌ مَّعْرُوْفٌ وَّمَغْفِرَةٌ خَيْرٌ مِّنْ صَدَقَةٍ يَّتْبَعُهَآ اَذًى ۗ وَاللّٰهُ غَنِيٌّ حَلِيْمٌ

Qaulum ma'ruufuw wa magfiratun khairum min sadaqatiy yatba'uhaa azaa, wallaahu ganiyyun haliim.

Artinya: Perkataan yang baik dan pemberian maaf lebih baik daripada sedekah yang diiringi tindakan yang menyakiti. Allah Mahakaya, Maha Penyantun.

Ayat 264

dm-player

  يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا لَا تُبْطِلُوْا صَدَقٰتِكُمْ بِالْمَنِّ وَالْاَذٰىۙ كَالَّذِيْ يُنْفِقُ مَالَهٗ رِئَاۤءَ النَّاسِ وَلَا يُؤْمِنُ بِاللّٰهِ وَالْيَوْمِ الْاٰخِرِۗ فَمَثَلُهٗ كَمَثَلِ صَفْوَانٍ عَلَيْهِ تُرَابٌ فَاَصَابَهٗ وَابِلٌ فَتَرَكَهٗ صَلْدًا ۗ لَا يَقْدِرُوْنَ عَلٰى شَيْءٍ مِّمَّا كَسَبُوْا ۗ وَاللّٰهُ لَا يَهْدِى الْقَوْمَ الْكٰفِرِيْنَ

Yaa ayyuhallaziina aamanuu laa tubtiluu sadaqaatikum bil-manni wal-azaa kallazii yunfiqu maalahuu ri`aa`an-naasi wa laa yu`minu billaahi wal-yaumil-aakhir, fa masaluhuu kamasali safwaanin 'alaihi turaabun fa asaabahuu waabilun fa tarakahuu saldaa, laa yaqdiruuna 'alaa syai`im mimmaa kasabuu, wallaahu laa yahdil-qaumal-kaafiriin.

Artinya: Wahai orang-orang yang beriman! Janganlah kamu merusak sedekahmu dengan menyebut-nyebutnya dan menyakiti (perasaan penerima), seperti orang yang menginfakkan hartanya karena ria (pamer) kepada manusia dan dia tidak beriman kepada Allah dan hari akhir. Perumpamaannya (orang itu) seperti batu yang licin yang di atasnya ada debu, kemudian batu itu ditimpa hujan lebat, maka tinggallah batu itu licin lagi. Mereka tidak memperoleh sesuatu apa pun dari apa yang mereka kerjakan. Dan Allah tidak memberi petunjuk kepada orang-orang kafir.

Ayat 265

 وَمَثَلُ الَّذِيْنَ يُنْفِقُوْنَ اَمْوَالَهُمُ ابْتِغَاۤءَ مَرْضَاتِ اللّٰهِ وَتَثْبِيْتًا مِّنْ اَنْفُسِهِمْ كَمَثَلِ جَنَّةٍۢ بِرَبْوَةٍ اَصَابَهَا وَابِلٌ فَاٰتَتْ اُكُلَهَا ضِعْفَيْنِۚ فَاِنْ لَّمْ يُصِبْهَا وَابِلٌ فَطَلٌّ ۗوَاللّٰهُ بِمَا تَعْمَلُوْنَ بَصِيْرٌ

Wa masalullaziina yunfiquuna amwaalahumubtigaa`a mardaatillaahi wa tasbiitam min anfusihim kamasali jannatim birabwatin asaabahaa waabilun fa aatat ukulahaa di'faiin, fa il lam yusib-haa waabilun fa tall, wallaahu bimaa ta'maluuna basiir.

Artinya: Dan perumpamaan orang yang menginfakkan hartanya untuk mencari rida Allah dan untuk memperteguh jiwa mereka, seperti sebuah kebun yang terletak di dataran tinggi yang disiram oleh hujan lebat, maka kebun itu menghasilkan buah-buahan dua kali lipat. Jika hujan lebat tidak menyiraminya, maka embun (pun memadai). Allah Maha Melihat apa yang kamu kerjakan.

Ayat 266

  اَيَوَدُّ اَحَدُكُمْ اَنْ تَكُوْنَ لَهٗ جَنَّةٌ مِّنْ نَّخِيْلٍ وَّاَعْنَابٍ تَجْرِيْ مِنْ تَحْتِهَا الْاَنْهٰرُۙ لَهٗ فِيْهَا مِنْ كُلِّ الثَّمَرٰتِۙ وَاَصَابَهُ الْكِبَرُ وَلَهٗ ذُرِّيَّةٌ ضُعَفَاۤءُۚ فَاَصَابَهَآ اِعْصَارٌ فِيْهِ نَارٌ فَاحْتَرَقَتْ ۗ كَذٰلِكَ يُبَيِّنُ اللّٰهُ لَكُمُ الْاٰيٰتِ لَعَلَّكُمْ تَتَفَكَّرُوْنَ

A yawaddu ahadukum an takuuna lahuu jannatum min nakhiiliw wa a'naabin tajrii min tahtihal-an-haaru lahuu fiihaa ming kullis-samaraati wa asaabahul-kibaru wa lahuu zurriyyatun du'afaa`, fa asaabahaa i'saarun fiihi naarun fahtaraqat, kazaalika yubayyinullaahu lakumul-aayaati la'allakum tatafakkaruun.

Artinya: Adakah salah seorang di antara kamu yang ingin memiliki kebun kurma dan anggur yang mengalir di bawahnya sungai-sungai, di sana dia memiliki segala macam buah-buahan, kemudian datanglah masa tuanya sedang dia memiliki keturunan yang masih kecil-kecil. Lalu kebun itu ditiup angin keras yang mengandung api, sehingga terbakar. Demikianlah Allah menerangkan ayat-ayat-Nya kepadamu agar kamu memikirkannya.

Ayat 267

 يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْٓا اَنْفِقُوْا مِنْ طَيِّبٰتِ مَا كَسَبْتُمْ وَمِمَّآ اَخْرَجْنَا لَكُمْ مِّنَ الْاَرْضِ ۗ وَلَا تَيَمَّمُوا الْخَبِيْثَ مِنْهُ تُنْفِقُوْنَ وَلَسْتُمْ بِاٰخِذِيْهِ اِلَّآ اَنْ تُغْمِضُوْا فِيْهِ ۗ وَاعْلَمُوْٓا اَنَّ اللّٰهَ غَنِيٌّ حَمِيْدٌ

Yaa ayyuhallaziina aamanuu anfiquu min tayyibaati maa kasabtum wa mimmaa akhrajnaa lakum minal-ard, wa laa tayammamul-khabiisa min-hu tunfiquuna wa lastum bi`aakhiziihi illaa an tugmiduu fiih, wa'lamuu annallaaha ganiyyun hamiid.

Artinya: Wahai orang-orang yang beriman! Infakkanlah sebagian dari hasil usahamu yang baik-baik dan sebagian dari apa yang Kami keluarkan dari bumi untukmu. Janganlah kamu memilih yang buruk untuk kamu keluarkan, padahal kamu sendiri tidak mau mengambilnya melainkan dengan memicingkan mata (enggan) terhadapnya. Dan ketahuilah bahwa Allah Mahakaya, Maha Terpuji.

Ayat 268

 اَلشَّيْطٰنُ يَعِدُكُمُ الْفَقْرَ وَيَأْمُرُكُمْ بِالْفَحْشَاۤءِ ۚ وَاللّٰهُ يَعِدُكُمْ مَّغْفِرَةً مِّنْهُ وَفَضْلًا ۗ وَاللّٰهُ وَاسِعٌ عَلِيْمٌ

Asy-syaitaanu ya'idukumul-faqra wa ya`murukum bil-fahsyaa`, wallaahu ya'idukum magfiratam min-hu wa fadlaa, wallaahu waasi'un 'aliim.

Artinya: Setan menjanjikan (menakut-nakuti) kemiskinan kepadamu dan menyuruh kamu berbuat keji (kikir), sedangkan Allah menjanjikan ampunan dan karunia-Nya kepadamu. Dan Allah Mahaluas, Maha Mengetahui.

Ayat 269

 يُّؤْتِى الْحِكْمَةَ مَنْ يَّشَاۤءُ ۚ وَمَنْ يُّؤْتَ الْحِكْمَةَ فَقَدْ اُوْتِيَ خَيْرًا كَثِيْرًا ۗ وَمَا يَذَّكَّرُ اِلَّآ اُولُوا الْاَلْبَابِ

Yu`til-hikmata may yasyaa`, wa may yu`tal-hikmata fa qad uutiya khairang kasiiraa, wa maa yazzakkaru illaa ulul-albaab.

Artinya: Dia memberikan hikmah kepada siapa yang Dia kehendaki. Barangsiapa diberi hikmah, sesungguhnya dia telah diberi kebaikan yang banyak. Dan tidak ada yang dapat mengambil pelajaran kecuali orang-orang yang mempunyai akal sehat.

Ayat 270

وَمَآ اَنْفَقْتُمْ مِّنْ نَّفَقَةٍ اَوْ نَذَرْتُمْ مِّنْ نَّذْرٍ فَاِنَّ اللّٰهَ يَعْلَمُهٗ ۗ وَمَا لِلظّٰلِمِيْنَ مِنْ اَنْصَارٍ

Wa maa anfaqtum min nafaqatin au nazartum min nazrin fa innallaaha ya'lamuh, wa maa liz-zaalimiina min ansaar.

Artinya: Dan apa pun infak yang kamu berikan atau nazar yang kamu janjikan, maka sungguh, Allah mengetahuinya. Dan bagi orang zalim tidak ada seorang penolong pun

2. Isi kandungan surat Al-Baqarah ayat 256–270

Surat Al-Baqarah Ayat 256-270 Arab: Arti, Kandungan, dan Keutamaanilustrasi Alquran sebagai akhlaq Rasulullah Saw. (pexels.com/ali burhan)

Beragam pembelajaran, perintah, serta larangan termaktub dalam surat Al-Baqarah yang dijadikan sebagai pedoman hidup umat Muslim. Pada ayat 256–270 khususnya, memuat beberapa isi kandungan, di antaranya:

  • Menegaskan bahwa tidak ada paksaan dalam menganut agama Islam. Sebab, sudah diterangkan dengan jelas oleh Allah SWT mengenai jalan yang benar dan yang sesat.
  • Menegaskan kembali bahwa Allah SWT adalah pelindung bagi orang-orang yang beriman. Sementara, setan adalah pelindung orang-orang yang berpaling dari jalan-Nya.
  • Janji Allah SWT kepada orang-orang zalim, bahwa tidak ada petunjuk hidup yang benar dan terang bagi mereka.
  • Ketetapan Allah SWT mengenai Hari Kebangkitan, karena sesungguhnya Ia adalah al-Baaits atau Yang Maha Membangkitkan.

3. Keutamaan surat Al-Baqarah

Surat Al-Baqarah Ayat 256-270 Arab: Arti, Kandungan, dan Keutamaanilustrasi membaca Al-Qur'an (pexels.com/Thirdman)

Surat Al-Baqarah merupakan puncak Al-Qur'an, sebagaimana sabda Rasulullah SAW yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah yang berbunyi:

Sesungguhnya segala sesuatu itu memiliki Puncak, dan puncaknya Al-Qur’an adalah Al-Baqarah. Di dalamnya terdapat sebuah ayat yang merupakan pemimpin ayat-ayat dalam Al-Qur’an. Jika Ayat tersebut dibaca di dalam rumah yang didalamnya terdapat setan, maka setan tersebut akan keluar. Ayat tersebut adalah ayat kursi. (HR. Tirmidzi)

Maka, membaca dan mengimplementasikan ajaran-ajaran Allah SWT yang disampaikan dalam surat Al-Baqarah sudah pasti akan membawa banyak berkah dalam hidup. Surat panjang ini pun dapat memberi syafaat dan menjadi pelindung di Hari Kiamat kelak.

Itulah bacaan surat Al-Baqarah ayat 256–270 yang banyak membahas tentang hukum syariat Islam dan kisah-kisah nabi terdahulu. Semoga bermanfaat.

Baca Juga: Surat Al-Baqarah Ayat 241-255 Arab: Arti, Kandungan, dan Keutamaan

Topik:

  • Langgeng Irma Salugiasih

Berita Terkini Lainnya